Profil Dan Biografi Ustadz Hanan Attaki

Posted on

Profil Dan Biografi Ustadz Hanan Attaki

Ustadz Hanan Attaki – Beliau merupakan seorang  penceramah yang berasal  dari Aceh. Hanan Attaki yang dikenal sebagai pendiri atau founder dari pemuda hijrah ini ceramah-ceramahnya y banyak beredar di Youtube dan sukses di tonton oleh banyak  masyarakat.

Biodata Ustadz Hanan Attaki

Nama Lengkap :Tengku Hanan Attaki
Tempat, Tanggal Lahir :Aceh, 31 Desember 1981
Agama :Islam
Istri :Haneen Akira
Anak :Maryam , Aisyah , dan Yahya
Profesi :Penceramah

Biografi dan Profil Ustadz Hanan Attaki

Kajian-kajian atau materi dalam ceramah yang di bawakan oleh Ustadz Hanan Attaki sangatlah mudah di pahami dan mengerti serta  ringan sehingga banyak masyarakat yang khususnya anak muda, menjadi aktif serta terdorong dalam mendengarkan serta mengikuti ceramah yang di bawakan oleh Ustadz Hanan Attaki.

Riwayat Masa Kecil

Hanan Attaki di lahirkan di Aceh pada tanggal 31 Desember 1981 beliau mempunyai  nama lengkap Tengku Hanan Attaki. Beliau mempunyai  6 orang saudara yang mana beliau merupakan anak kelima. Sejak beliau  masih anak-anak, Hanan Attaki sudah dekat dan akrab dengan Alquran.

Ustadz Hanan Attaki juga dikenal  sebagai murid yang cerdas ketika masih duduk di sekolah dasar sehingga beliau kemudian mendapat beasiswa untuk melanjutkan  pendidikannya. Beberapa kali Hanan Attaki menjadi juara  Musabaqah Tilawatil Quran yang di selenggarakan  di daerahnya hadiah nya berupa televisi dan juga sepeda. Untuk sepeda ia pergunakan untuk berangkat ke sekolah.

Baca Juga :   Biodata dan Biografi Radin Intan II – Pahlawan Nasional Dari Tanah Lampung

Setelah beliau selesai menamatkan pendidikannya di Pondok Pesantren Ruhul Islam Banda Aceh, beliau mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya ke Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir karena prestasinya dalam hal tilawatil Quran.

 

Kuliah di Al Azhar, Mesir

Di Al Azhar, Mesir, Hanan Attaki kuliah di Fakultas Ushuluddin dan mengambil jurusan Tafsir al-Qur’an. Sewaktu masa kuliahnya  di Kairo Mesir, Hanan Attaki bergabung dalam kelompok studi al-Qur’an dan ilmu-ilmu islam serta menjadi pemimpin dari redaksi dari buletin “ Salsabila “ yang dipimpin oleh beberapa tokoh Ikhwanul Muslimin di Mesir. Untuk memenuhi  kebutuhan hidupnya selama beliau kuliah di Mesir, Hanan Attaki mencoba banyak bisnis, mulai dari berjualan bakso, catering, hingga sebagai  seorang “ joki “ Hajar Aswad ketika musim Haji tiba hanya dengan modal nekat.

Disini pula Hanan Attaki bertemu dengan jodoh nya. Istri Hanan Attaki bernama Haneen Akira. Mereka berdua menikah ketika mereka  sama-sama menempuh pendidikan di Al Azhar, Kairo Mesir. Dari pernikahannya dengan Ustadzah Haneen Akira, Hanan Ataki di karuniai tiga orang anak yang bernama Maryam, Aisyah dan Yahya.

Qori Terbaik

Pada  tahun 2004, Hanan Attaki menyelesaikan kuliah nya di Al Azhar, Kairo Mesir dan beliau mendapat gelar Lc ( License ). Pada  tahun 2005, beliau sempat terpilih sebagai qori terbaik Fajar TV, Kairo dan mengisi acara tilawah di channel Fajar Tv dan Iqro Tv. Setelah menyelesaikan  pendidikannya di Mesir, Ustadz Hanan Attaki kemudian kembali ke Indonesia dan tinggal di kota Bandung. Disini beliau tinggal bersama dengan istri dan anaknya yang bernama Aisyah.

Mendirikan Gerakan Pemuda Hijrah

Di Bandung , Ustadz Hanan Attaki bekerja sebagai seorang pengajar SQT Habiburrahman dan Jendela Hati, dan menjadi direktur Rumah Quran Salman di ITB. Di kota Bandung pulalah Hanan Attaki mendirikan Gerakan Pemuda Hijrah yaitu pada bulan Maret 2015 yang kemudian menjadi saluran dakwahnya. Pemuda Hijrah mempunyai akun di Instagram, Facebook dan juga Twitter.

Baca Juga :   Biografi Abdullah bin Umar- Sahabat Nabi 

Aktif Mengisi Kajian keislaman

Selain beliau menjadi seorang pendiri atau  founder dari pemuda hijrah dan juga mengajar di berbagai tempat. Ustadz Hanan Attaqi juga kerap mengisi kajian mengenai Islam di Masjid Trans Studio Bandung. Disini jamaah nya banyak di ikuti oleh para pemuda sebab kajiannya atau materi  yang beliau sampaikan atau  bawakan menarik serta penyampaiannya pun mudah di mengerti.

 

Baca Juga :