Profil Lengkap Maudy Ayunda  │ Si Cantik Cerdas dan Multitalenta

Posted on

Profil Lengkap Maudy Ayunda  │ Si Cantik Cerdas dan Multitalenta

Maudy Ayunda adalah  salah satu pegiat hiburan tanah air yang lekat dengan label cerdas dan multitalenta. Selain cemerlang di dunia entertainment, kiprahnya di bidang pendidikan pun terbilang cukup luar biasa.  Berikut ini profil dan biodata lengkap dari Maudy Ayunda.

Biodata Maudy Ayunda

Nama Lengkap :Ayunda Faza Maudya
Nama Panggung :Maudy Ayunda
Tempat , tanggal lahir :Jakarta , 19 Desember 1994
Warga Negara :Indonesia
Profesi :Aktris , Penyanyi , Model
Orangtua :Didit Jasmedi R. Irawan (Ayah), Mauren Jasmedi (Ibu)

Maudy Ayunda dikenal sebagai pemain film sekaligus penyanyi. Ia mengawali  debutnya di dunia perfilman lewat perannya sebagai Rena dalam film Untuk Rena. Pada tahun  2014, ia juga merilis album pertamanya yang bertajuk Tiba Tiba Cinta Datang. Hingga saat ini, sudah ada beberapa karya yang berhasil ia telurkan. Sebut saja perannya dalam beberapa film seperti, Perahu Kertas, Sang Pemimpi, Refrain, dan  yang lain sebagainya.

Dara kelahiran Jakarta,  pada tanggal 16 Desember 1994 ini juga dikenal berprestasi dalam dunia pendidikan. Ia tercatat sebagai lulusan dari universitas bergengsi, Oxford University dengan mengambil jurusan PPE ( Philosophy, Politics, and Economics ). Jurusan tersebut hanya ada di Oxford University. Dan di jurusan ini juga, Maudy  adalah  satu-satunya mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Hal ini semakin membuktikan bahwa ia tidak pernah main – main untuk urusan pendidikannya.

Tidak heran, jika pelantun Cinta datang terlambat ini memiliki segudang prestasi yang membanggakan. Prestasi yang dimilikinya tidak hanya sebatas berakting saja, dirinya juga sangat piawai dalam bidang tarik suara. Kiprahnya di dunia hiburan pun jarang tertimpa gosip  yang tidak sedap. Dirinya dikenal sebagai aktris multitalenta yang tidak bernah terlibat skandal.

Profil Maudy Ayunda

Dalam biodata Maudy Ayunda, ia adalah  seorang putri dari pasangan Didit Jasmedi R. Irawan dan Mauren Jasmedi. Ia juga mempunyai  seorang adik bernama Amanda Khairunnisa yang mempunyai  selisih usia tiga tahun dengannya.

Perempuan yang memiliki nama lahir Ayunda Faza Maudya ini mengawali debut aktingnya dengan berperan sebagai Rena dalam film yang bertajuk Untuk Rena. Film ini di rilis pada tahun 2006 lalu. Di sini ia beradu akting dengan aktor kawakan, Surya Saputra. Tidak hanya berakting dan bermusik, profil Maudy Ayunda juga dikenal sebagai aktris yang cerdas serta berwawasan luas. Dari kemampuannya itu, dia sering ditunjuk untuk mengisi beberapa acara penting. Salah satunya adalah dalam acara Kongres Diaspora Indonesia yang di gelar pada bukan  Juli 2017 lalu. Maudy di daulat untuk menyanyi dalam acara yang juga dihadiri oleh mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Baca Juga :   Jessica Iskandar – Profil Lengkap Aktris Cantik Yang Serba Bisa

Terlepas dari prestasinya, ia juga sama seperti artis – artis pada umumnya, profil Maudy Ayunda sendiri juga lekat dengan gosip. Beberapa kali ia sempat di gosipkan menjalin hubungan spesial dengan lawan mainnya. Mereka adalah Afgan dan Adipati Dolken. Akan tetapi , gosip ini tidak pernah terbukti kebenarannya. Hubungan yang mereka jalin hanya sekedar profesionalitas dalam pekerjaan saja.

Perkembangan Karir

Bagi Maudy, kedua orang tuanya mempunyai  peran yang sangat penting bagi perkembangan karir maupun kehidupannya. Profil Maudy Ayunda yang kita kenal sebagai seorang aktris multitalenta ini ternyata tidak dididik terlalu keras oleh orang tuanya. Kedua orang tuanya justru tidak pernah memaksanya untuk belajar terus menerus. Maudy di didik secara seimbang, ayah dan ibunya tidak mau anaknya terlalu fokus belajar hingga lupa bersosialisasi.

Maudy juga telah dibiasakan untuk terlibat dalam berbagai macam kegiatan yang aktif untuknya. Hal  tersebut  dirasa lebih baik daripada hanya memberinya buku pelajaran yang harus terus menerus di baca. Orang tua Maudy juga tidak pernah melarangnya untuk mengeksplorasi hal baru selama itu masih positif. Meskipun  begitu, mereka tetap mengawasi dan membuat peraturan. Aturan yang dibuatnya juga tidak terlalu kaku, karena bagi Maudy, ia sudah tahu mana hal yang baik dan  juga buruk untuknya.

Peran orang tuanya ini lah yang menjadi faktor keberhasilan di dunia hiburan yang Maudy jalani hingga  saat ini. Tidak hanya di situ saja, peran orang tuanya sangat berpengaruh dalam semua aspek kehidupannya.

Prestasi dalam Dunia Pendidikan

Selain berbakat di dunia hiburan, prestasi pendidikannya juga patut untuk di  apresiasi. Ia berhasil diterima di beberapa universitas ternama dunia. Sebut saja Columbia University, Brown University, New York University, dan Oxford University. Setelah memikirkan secara matang, ia selanjutnya  memutuskan untuk melanjutkan kuliahnya di Oxford University.

Jurusan yang dipilih adalah PPE (Philosophy, Politics, and Economics), yang merupakan sebuah jurusan yang hanya ada di Oxford University. Di jurusan ini, ia adalah  mahasiswa satu-satunya yang berasal dari Indonesia. Di kampusnya pun, ia juga  aktif mengikuti kegiatan organisasi. Ia bahkan menjabat sebagai Head of Speakers dalam Oxford Economic Society. Ia bertugas mengundang para pembicara untuk program – program yang ada.

Baca Juga :   Ariel Tatum - Biografi dan Profil, Perjalanan Karier

Sempat dihadapkan dengan sikap individualisme dari warga setempat, namun di sana ia mampu beradaptasi dengan sistem pendidikan yang sangat berbeda jauh dengan di Indonesia. Salah satu tantangan yang ia hadapi di sana adalah mahasiswa sangat di biarkan melakukan apapun sendiri. Akan tetapi , itu bukan hal yang susah dijalani Maudy. Menurutnya, pengalaman berpindah – pindah sekolah pada saat  di Indonesia dapat membantunya beradaptasi dengan sistem pendidikan di sana.

Berkat kerja kerasnya, belum genap tiga tahun menempuh pendidikan di Oxford University, ia berhasil menyelesaikan study-nya tersebut. Ia lulus pada bulan Oktober 2016 silam. Lulusan British International School ini pernah menjadi pembicara termuda di forum ekonomi global yang di adakan di Nusa Dua Bali pada pertengahan bulan Desember 2012 silam.

Karir di Dunia Hiburan

Memulai debut dalam film Untuk Rena, rupanya sudah banyak judul film yang ia bintangi. Kemampuan aktingnya yang menakjubkan layak untuk di perhitungkan. Selain piawai dalam bermain peran, dalam biodata Maudy Ayunda di sebutkan bahwa ia juga merambah dunia tarik suara. Di usianya yang masih sangat belia, ia pun mempunyai kemampuan menulis yang mengagumkan. Maudy pernah menulis sebuah buku kumpulan dongeng anak yang berjudul A Forest of Fables pada usianya yang masih sepuluh tahun.

Semua keuntungan dari hasil penjualan buku tersebut ia sumbangkan untuk korban tsunami di Aceh beberapa waktu lalu. Selain bertalenta, dirinya juga tidak lupa untuk berbagi dengan sesama.

Kiprah dalam Dunia Seni Peran

Maudy sudah menekuni dunia akting sejak kecil. Sang ibunda jeli melihat potensi anak yang juga merupakan mantan finalis Gadis Sampul 2009 ini. Maudy kecil sering di temani oleh ibunya untuk mengikuti casting. Setelah berhasil memperoleh peran dalam film Untuk Rena, pada 2009 ia di dapuk untuk membintangi film Sang Pemimpi yang merupakan adaptasi dari sebuah novel populer dengan judul yang sama.

Namanya pun semakin di kenal seiring dengan perannya di film Maudy Ayunda lainnya seperti Rumah Tanpa Jendela ( 2011 ), Tendangan dari Langit ( 2011 ) dan Malaikat Tanpa Sayap ( 2012 ).

Karirnya semakin melejit sesudah ia  membintangi film Perahu Kertas yang dirilis pada tahun  2012 silam dan berperan sebagai Kugy. Di sini, ia beradu akting dengan Adipati Dolken dan Reza Rahardian. Tidak berselang lama, dia juga menyalurkan kemampuannya dalam sebuah peran di film Refrain bersama Afgan dan Chelsea Islan. Film ini dirilis pada tahun 2013.

Baca Juga :   Biodata dan Profil Shawn Mendes ,Fakta Dan Foto Terbaru – Si Tampan Pelantun Lagu Senyorita Bersama Camila Cabello

Selain itu, ia juga terlibat sebagai pengisi suara untuk sebuah film animasi karya anak bangsa, Battle of Surabaya ( 2015 ). Ia mengisi suara untuk karakter Yumna. Kerja kerasnya dalam berakting di ganjar dengan beberapa penghargaan. Untuk debutnya pun, dia berhasil meraih Best Female Leading Role dalam ajang penghargaan MTV Indonesia Movie Award pada  tahun 2006.

Mengepakkan Sayap di Bidang Musik

Dirinya kerap didapuk untuk mengisi soundtrack dari film yang di bintanginya. Tidak hanya mengeluarkan single saja, dirinya juga berhasil menelurkan beberapa album. Di antaranya adalah album bertajuk Tiba Tiba Cinta Datang , tahun ( 2014 ) dan Moments , tahun ( 2015 ). Pada tahun  tahun 2014, Maudy berduet dengan penyanyi asal Amerika Serikat, David Choi dalam single By My Side. Untuk proses rekamannya sendiri dilakukan di negara masing-masing, tanpa bertatap muka langsung.

Pada awal tahun  2016, dirinya kembali merilis single Jakarta Ramai. Lagu ciptaannya ini mempunyai sentuhan nuansa pop balada. Ia menulisnya di sela – sela kesibukannya mengenyam pendidikan di Oxford University. Menurutnya, menulis lagu adalah  curhat pribadinya.  Dapat  di ibaratkan seperti sedang meditasi dan sedang bercerita.

Pasca menyelesaikan pendidikannya, dia kembali melanjutkan karirnya dalam dunia hiburan Indonesia. Sepulangnya dari Inggris, dia langsung memperoleh  tawaran dari Walt Disney Studios. Ia diminta untuk mewakili Indonesia untuk penggarapan soundtrack film Disney, Moana. Lagu yang berjudul How Far I’ll Go tersebut kemudian di nyanyikan dalam bahasa Indonesia dengan judul Seberapa Jauh Ku Melangkah.

Ia juga sudah banyak menorehkan berbagai prestasi. Sebut saja dalam albumnya yang bertajuk Moments, album ini mendapatkan  predikat Platinum. Album yang dirilis pada tanggal  1 April 2015 ini telah terjual lebih dari 200 ribu keping hanya dalam waktu 2,5 bulan.

Baca Juga :