Profil Ida Fauziah – Menteri Tenaga Kerja

Posted on

Profil Ida Fauziah – Menteri Tenaga Kerja

Biodata Ida Fauziah

Nama Lengkap :Ida Fauziah
Tempat, tanggal lahir : Mojokerto , 16 Juli 1969
Suami : Taufiq Abdullah
Anak : Syibly Adam Firmanda, Adil Haq Firmanda
Pendidikan : S1 di Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Sunan Ampel, Surabaya ( 1993 )

S2 di Universitas Satyagama jurusan Ilmu Pemerintahan

Karier beliau diawali dari dunia pendidikan ke panggung politik. Ida Fauziyah membangun karier politiknya melalui  Partai Kebangkitan Bangsa. Wanita kelahiran Mojokerto, pada tanggal 16 Juli 1969 ini besar dari keluarga nahdliyin. Sejak kecil sampai  dewasa, beliau  banyak berinteraksi dengan kegiatan organisasi Nahdlatul Ulama ( NU ). Lulus dari sekolah menengah, beliau  meneruskan pendidikannya ke Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Sunan Ampel, Surabaya.

Menyandang gelar sarjana, beliau  mengajar sebagai guru, sebelum pada akhirnya terjun ke dalam  dunia politik. Bersamaan dengan  lahirnya Era Reformasi, Ida bergabung dengan PKB,  yaitu partai yang lahir dari tokoh – tokoh NU, untuk maju menjadi anggota DPR dari dapil Jawa Timur.  Ida memulai kariernya di bidang politik tersebut ketika  usianya terbilang masih  sangat muda, yaitu 29 tahun. Pada Pemilu 1999, beliau  lolos ke Senayan. Menjadi anggota DPR termuda, beliau  tampil percaya diri ketika di daulat memimpin sidang paripurna DPR – RI masa bakti 1999 – 2004. Pengalamannya di KORPRI PMII Jawa Timur telah mengajarkannya percaya diri.

Pada pemilu berikutnya, Ida Fauziahkembali  terpilih menjadi anggota dewan.  Beliau   menjadi anggota DPR – RI ( 2004 – 2009 ) , ( 2009 – 2014 ) , dan  ( 2014 – 2019 ) . Ciri khas Ida adalah kelembutan dan juga kesantunannya layaknya seorang perempuan Jawa yang ideal. Ida banyak memegang jabatan tinggi di DPR – RI. Pada periode ( 2012 – 2014 ), beliau  bertugas sebagai ketua Komisi VIII DPR – RI di bidang agama, perempuan, dan sosial.

Pada tahun 2014 – 2019, dirinya bertugas di Badan Anggaran dan Komisi I yang membidangi pertahanan, intelijen, komunikasi, dan informatika.Ida juga di percaya untuk  menjabat sebagai Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa ( FKB ) DPR – RI. Pada  periode 2009 – 2012, Ida sempat di percaya untuk  menjadi Wakil Ketua Badan Legislasi ( Baleg ) dan Wakil Ketua Komisi II yang membidangi otonomi daerah dan pertanahan.

Beliau pun dikenal sebagai pendiri Kaukus Perempuan Parlemen dan ditunjuk mewakili Fraksi Kebangkitan Bangsadan  menjadi salah satu ketua Kaukus. Pengalamannya di parlemen, Ida menyandang status sebagai salah satu politikus perempuan senior di Senayan. Pengalaman serta dedikasinya membuat beliau  semakin di perhitungkan dalam kancah politik nasional.

Posisinya semakin makin mengakar ketika beliau  di daulat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat NU, badan otonom perempuan di bawah naungan Nahdiatul Ulama yang mempunyai  akar kuat hingga  ke pelosok nusantara. Di  awal tahun 2018, berkat kualitas dan juga  jaringan politiknya, Ida Fauziyah diusung oleh  PKB sebagai calon wakil gubernur mendampingi Calon Gubernur Sudirman Said di Pilkada Jawa Tengah 2018.

Pada bulan Oktober 2019 , Presiden Joko Widodo menunjuk Ida Fauziah untuke menjabat sebagai menteri tenaga kerja dalam cabinet Indonesia maju periode 2019 – 2024, yang diumumkan secara resmi pada tanggal 23 Oktober 2019 di Istana Merdeka .

Baca Juga :

Baca Juga :   Biografi Singkat Jenderal Suprapto – Pahlawan Revolusi