Profil Edhy Prabowo – Menteri Kelautan Dan Perikanan

Posted on

Profil Edhy Prabowo – Menteri Kelautan Dan Perikanan

Salah satu nama yang disebut  oleh Presiden Joko Widodo pada pengumuman pejabat menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019 – 2024 adalah Edhy Prabowo. Edhy Prabowo yang juga  merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra dalam  bidang Keuangan dan Pembangunan Nasional,di tun juk untuk  menggantikan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Edhy Prabowo yang di kenal dekat dengan Prabowo Subianto sekarang  sama – sama menjabat sebagai menteri dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Nama :Edhy Prabowo MM.,MBA
Tempat , tanggal lahir : Muara Enim , Sumatera Barat , Jum’at 24 Desember 1971
Warga Negara :Indonesia
Pendidikan :
  • Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) ( 1991 – dipecat )
  •  Program Sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Prof Dr Moestopo, Jakarta ( 1997 )
  •  Program Magister Swiss German University ( 2004 )
Karier :
  • Anggota DPR RI (2014-2019)
  • Anggota DPR RI (2009-2014)
  • Wakil Ketua Umum Partai Gerindra
  • Menteri Kelautan Dan Perikanan ( 2019 – 2024 )

Edhy Prabowo merupakan anggota DPR komisi VI dari partai GERINDRA. Beliau  tidak mempunyai  latar belakang politisi sama sekali, akan tetapi  beliau  merupakan seorang atlet silat nasional. Edhy pernah berjaya dalam event Pekan Olah Raga Nasional ( PON ) serta  beberapa kejuaraan lainnya di  tingkat mancanegara.

Jejak karir Edhy dimulai pada tahun  1991 pada saat  dirinya diterima sebagai anggota Akabri di Magelang, Jawa Tengah. Akan tetapi  karirnya di dunia militer tersebut  hanya bertahan selama dua tahun. Edhy dikeluarkan karena terkena sanksi dari kesatuan. Karena  beliau merupakan  orang yang tidak mudah putus asa serta mempunyai  semangat juang yang  tinggi, sesudah  keluar dari Akabri,  beliau lalu  menginjakkan kaki ke Jakarta. Disana beliau  tinggal di rumah orangtua teman bersama teman – teman nya yang lain.

Baca Juga :   Biografi RA Kartini Pahlawan Emansipasi Wanita

Dari sinilah, awal  dari kesuksesannya dimulai. Tidak disangka, temannya tersebut merupakan sahabat dari Prabowo Subianto yang pada saat itu masih berpangkat Letkol serta  menjabat Dangrup III TNI AD.

Selanjutnya  Edhy dibiayai  oleh Prabowo mengenyam ilmu pendidikan Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo. Selain itu, Edhy juga di minta untuk belajar silat setiap akhir pekan di Batujajar, Bandung. Seiring dengan berjalannya  waktu , Edhy akhirnya menjadi orang kepercayaan Prabowo.  Beliau menjadi orang yang mendampingi jenderal bintang tiga tersebut ketika  berdomisili di Jerman dan Yordania. Pada saat itu , Prabowo tengah merintis usaha di negeri tersebut.

Setelah Prabowo mendirikan Partai Gerindra, Edhy akhirnya memberanikan diri  mencalonkan diri menjadi caleg di kampung halamannya yaitu  Dapil Sumatera Selatan II dan berhasil karena mempunyai  suara terbanyak. Ternyata nama Prabowo yang berada  di belakang namanya tersebut membuat berkah bagi dirinya. Banyak orang yang  mengira bahwa beliau  adalah anak kandung dari Prabowo Subianto, padahal sebenarnya beliau  adalah anak angkatnya. Kendati sebagai anggota aktif di DPR, beliau  masih aktif mengurus perguruan silat Satria Muda Indonesia dan beberapa bisnis  yang lainnya.

Baca Juga :