Michael Faraday – Biografi sang Penemu Dinamo dan Kelistrikan

Posted on

Michael Faraday – Biografi sang Penemu Dinamo dan Kelistrikan

Michael Faraday –  Beliau dikenal sebagai salah satu penemu yang banyak menghasilkan temuan-  temuan yang bermanfaat bagi dunia. Salah satunya yang paling dikenal adalah  penemuannya terhadap dinamo dan kelistrikan.

Biodata Michael Faraday

Nama :Michael Faraday
Tempat , tanggal lahir :London , Inggris , 22 September 1791
Wafat :Molosey , Inggris , 25 Agustus 1867
Orangtua :James Faraday ( Ayah ) , Margaret Hastwell ( Ibu )
Istri :Sarah Barnard
Dikenal :Penemu Listrik dan Dinamo

Biografi Michael Faraday

Michael Faraday dilahirkan pada  tahun 1791 di Newington, Inggris. Ayahnya  beliau bernama James Faraday, dan ibunya bernama Margaret Hastwell. Beliau mempunyai  tiga orang saudara dimana Michael Faraday adalah anak ketiga.

Riwayat Masa Kecil

Dalam biografi Michael Faraday diketahui bahwa  beliau terlahir dari keluarga yang pas – pasan atau dapat dikatakan tidak berkecukupan. Hal ini membuat  beliau  dan juga  saudara-saudaranya hanya mampu mengenyam sedikit pendidikan formal saja.

Sejak remaja yaitu  tepatnya pada  usia 14 tahun, Michael Faraday sudah bekerja keras menjadi penjual dan  juga penjilid buku. Pekerjaan inilah yang membuat beliau  terbiasa rajin membaca buku-buku yang beliau  jual atau jilid. Dari buku-buku ini membuat keingin tahuannya mengenai  sains semakin tinggi.

 

Menjadi Asisten Sir Humphry Davy

Pada saarMichael Faraday menginjak usia dua puluh tahun, beliau mengunjungi ceramah-ceramah yang diberikan oleh ilmuwan Inggriskenamaan yang bernama Sir Humphry Davy.Faraday sangat terpesona terhadap ceramah ilmiah dari Sir Humphry Davy. Ditulisnya surat kepada Davy, kemudian beliau  diterima dengan baik sebagai asistennya.

Baca Juga :   Abu Musa Jabir bin Hayyan – Bapak Ilmu Kimia Modern Dunia

Hanya dalam tempo beberapa tahun saja , Faraday sudah mampu membuat penemuan-penemuan baru atas hasil kreasinya serta kerja kerasnya sendiri. Meskipun Michael Faraday tidak memiliki atar belakang yang memadai di bidang matematika, akan tetapi  dalam bidang ilmu alam lain beliau bisa diperhitungkan.

 

Menemukan Dinamo atau Motor Listrik

Dalam Biografi Michael Faraday diketahui bahwa Penemuan Faraday yang pertama dan yang terpenting di bidang listrik terjadi pada tahun 1821. Dua tahun sebelumnya Oersted sudah  menemukan bahwa jarum magnet kompas biasa bisa bergerak apabila  arus listrik dialirkan dalam kawat yang tidak berjauhan.

Hal ini membuat Faraday berkesimpulan, apabila  magnet didekatkan, maka yang bergerak justru adalah kawatnya. Bekerja atas dasar dugaan atau hipotesisnya ini, Michael Faraday berhasil membuat suatu skema atau rincian yang jelas dimana kawat akan terus-menerus berputar berdekatan dengan magnet sepanjang arus listrik dialirkan ke kawat.

Sesungguhnya dalam hal ini Faraday telah  menemukan motor listrik pertama atau dinamo pertama. Sebuah skema pertama tentang  penggunaan arus listrik untuk membuat sesuatu benda bergerak.

Meskipun  temuannya terlihat agak primitif akan tetapi penemuan Faraday ini merupakan “ Nenek moyang” dari semua motor listrik yang digunakan dunia sekarang ini.

Ini adalah  pembuka jalan kesuksesan yang luar biasa bagi seorang Michael Faraday. Namun,  kegunaan masih sangat terbatas. Karena,  belum ada metode untuk menggerakkan arus listrik selain dari baterai kimiawi yang dirakit secara sederhana ketika itu.

Michael Faraday yakin bahwa terdapat  suatu cara penggunaan magnet untuk menciptakan sebuah listrik. Dan Michael faraday terus-menerus mencari jalan bagaimana cara untuk menemukan metode itu.

 

Menemukan Arus Listrik

Pada tahun 1831, Faraday menemukan fakta bahwa magnet yang dilalui lewat sepotong kawat maka arus listrik akan mengalir di kawat serta magnet terus bergerak. Keadaan ini selanjutnya disebut sebagai “ pengaruh Elektromagnetik” dan penemuan ini disebut dengan “ Hukum Faraday” serta pada umumnya dianggap sebagai penemuan Faraday yang terpenting dan terbesar.

Baca Juga :   Biografi Jabir Bin Hayyan –  Kisah Bapak Kimia Modern

Hukum Faraday

Ini adalah  penemuan yang monumental, dengan dua alasan. Pertama, “ Hukum Faraday” memiliki arti penting yang mendasar dalam hubungan dengan pengertian teoritis kita mengenai  elektromagnetik.

Kedua, elektromagnetik bisa  digunakan untuk menggerakkan secara terus-menerus arus aliran listrik seperti yang ditunjukan sendiri oleh Faraday lewat pembuatan dinamo listrik pertama.

Michael Faraday juga memberikan  sumbangan di bidang kimia. Beliau  merancang ide bagaimana cara untuk mengubah sebuah gas jadi cairan. Beliau juga menemukan berbagai jenis kimiawi termasuk benzena.

Karya lebih penting lagi adalah usahanya pada bidang elektrokimia ( Penyelidikan mengenai  akibat kimia terhadap arus listrik). Penyelidikan Faraday dengan ketelitian tinggi menghasilkan dua hukum “elektrolysis”. Yang penyebutannya dirangkaikan dengan namanya yang merupakan dasar dari elektrokimia.

Beliau  juga mempopulerkan banyak sekali istilah yang digunakan dalam bidang itu seperti: anode, cathode, electrode dan ion. Serta Faraday juga yang memperkenalkan ke dunia fisika mengenai gagasan penting tentang garis magnetik serta garis kekuatan listrik.

Faraday bukan hanya cerdas namun sederhana tidak  peduli soal kemasyuran. Beliau menolak untuk diberi gelar kebangsawanan dan juga menolak menjadi ketua British Royal Society.

 

Wafat

Beliau menikah dengan seorang wanita yang bernama Sarah Barnard. Meskipun hingga akhir usianya beliau tidak mempunyai anak dari pernikahannya tersebut. Michael Faraday selanjutnya  tutup usia di Molesey, Inggris pada tanggal 25 Agustus 1867.

Baca Juga :