Profil Gibran Rakabuming Raka –  Pengusaha , Entrepeneur Inspiratif

Posted on

Profil Gibran Rakabuming Raka –  Pengusaha , Entrepeneur Inspiratif

Nama :Gibran Rakabuming Raka
Tempat , tanggal lahir :Solo , 1 Oktober 1987
Orangtua :Joko Widodo dan Iriana
Saudara :
  • Kahiyang Ayu ( Adik )
  • Kaesang Pangarep ( Adik )
Istri :Selvi Ananda Putri
Pendidikan :
  • Orchid Park SecondarySchool, Singapura ( 2002)
  • Management Development InstituteofSingapore (MDIS) (2007)
  • Universityof Technology Insearch, Sydney, Australia ( 2010 )
Karier :
  • Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI ) Kota Solo
  • Pemilik Katering Chilli Pari
  • Pemilik Kafe Markobar
  • Pemilik Pastel (Pasta Buntel )
  • Pemilik Icolor

Hidup mandiri ia jalani di luar negeri. Kembali ke Indonesia, ia menjadi entrepreneur dengan membuka lapangan kerja.

Gibran Rakabuming lahir di Solo, pada tanggal 1 Oktober 1987 dari pasangan Joko Widodo dan Iriana. Ia adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Kedua adiknya yaitu Kahiyang Ayu dan KaesangPangarep.

Setahun kelahirannya, namanya dijadikan sebagai nama perusahaan ayahnya yang bernama CV Rakabu yang bergerak dalam usaha mebel.

Gibran Rakabuming menghabiskan masa kecilnya di kota kelahirannya. Akan tetapi ,  sesudah  lulus SMP, Gibran kemudian  melanjutkan sekolah di Orchid Park SecondarySchool, Singapura. Kemudian ia , meneruskan studinya ke Management Development InstituteofSingapore (MDIS) dan Universityof Technology Insearch, Sydney, Australia yang tamat pada tahun 2010.

Gibran tinggal di luar negeri hampir selama 8 tahun dalam menyelesaikan sekolahnya. Ia tumbuh mandiri jauh dari kedua orangtuanya. Saat ia hidup berada  jauh dari keluarga, ayahnya di Indonesia menjadi orang penting.

Ketika itu, pada tahun 2005, ayahnya  Joko Widodo alias Jokowi menjadi walikota Solo untuk periode 2005-2010. Sekembalinya ke Indonesia, ayahnya mengalami kenaikan jabatan. Mulai dari walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden RI ke7, untuk periode 2014-2019.

Akan tetapi , bagi Gibran tidak menghalangi dirinya untuk berkarya serta bekerja dengan kemampuannya sendiri. Ia tidak mau memanfaatkan posisi orang tuanya. Ia justru mulai merintis dari bawah.

Baca Juga :   Biografi Aburizal Bakrie – Pengusaha Sukses Indonesia

Sekembalinya ke tanah air, Gibran merintis bisnis cateringChilli Pari pada Desember 2010. Berkat usahanya tersebut, ia pun dipercaya sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI )  Kota Solo. Ia juga mendirikan House ofKnowledge yang berfungsi untuk melatih karyawan-karyawan lepas cateringChilli Pari terutama dalam berbahasa Inggris.

Bersama adiknya, yaitu KaesangPangarep, Gibran membuka bisnis Kafe Markobar yang pada awalnya hanya berdomisili di Solo. Kafe yang menjual aneka Martabak tersebut  sempat viral di media sosial.

Selang beberapa lama sesudah itu, Gibranpun menjajal bisnis baru di bidang reparasi produk kenamaan Apple dengan nama Icolor. Konsep yang ditawarkan juga menarik, karena customer hanya  tinggal menunggu di rumah, nanti tukang reparasi akan datang ke lokasi.

Pria yang mempunyai  jiwa wirausahainipun kembali bekerja sama dengan adik bungsunya untuk meramaikan bisnis e – commerce dengan berjualan jas hujan yang bertuliskan “Tugas Negara Bos! “  yang hanya dibandrol dengan harga  150ribuan.

Dalam hal asmara, pada bulan Juni 2015 Gibran pun menikah dengan Putri Solo Selvi Ananda Putri. Mereka telah di karuniai dua orang anak.

Ia pun mengarungi bahtera rumah tangga barunya dengan kehadiran sang bayi. Meskipun menjadi anak presiden, Gibran Rakabuming tetap menjalani kehidupannya seperti biasa dengan terus berinovasi untuk membuka lapangan kerja baru.

Baca Juga :