Biografi dan Profill, Evan Dimas Darmono

Posted on

Biografi dan Profill, Evan Dimas Darmono

 

Nama Lengkap :Evan Dimas Darmono
Tempat , tanggal lahir : Surabaya , 13 Maret 1995
Profesi :Atlet
Orangtua :Condro Darmono dan Ana Darmono
Saudara : Tirsa Bulan Mei Lana, Hanif Fathur Rahman,  Vaida Noviana
Karier :Klub :

SSB Sasana Bakti

SSB Mitra Surabaya

Persebaya Surabaya

Bhayangkara FC

Timnas :Timnas Indonesia U – 17

Timnas Indonesia U – 19

Timnas Indonesia U- 22

Timnas Indonesia Senior

Tekad kuat Evan Dimas menjadi pemain sepakbola, ia minta masuk sekolah SSB meskipun ibunya sempat menentangnya. Ia membuktikannya dengan prestasi di berbagai turnamen.

Evan Dimas Darmono atau yang biasa  biasa disapa dengan  Evan Dimas lahir di Surabaya, pada tanggal  13 Maret 1995 dari pasangan Condro Darmono dan Ana Darmono. Evan Dimas adalah anak pertama dari empat bersaudara. Ia lahir dan besar dari keluarga  yang sederhana.

Sejak usianya 4 tahun, Evan selalu meminta di belikan bola kepada ibunya dan  juga sering bermain di tanah lapang  yang berada dekat rumahnya. Dan pada saat  menginjak kelas empat SD, Evan minta di masukkan sekolah sepakbola. Sebagai orang tua perempuan, ibunya sempat melarang hal tersebut .  karena Ia tidak ingin anaknya babak belur dan sering jatuh akibat bermain bola.

Akan tetapi , kemauan yang sangat keras anaknya tersebut  membuat ibunya luluh juga. Evan Dimas akhirnya masuk di Sekolah Sepakbbola ( SSB ) Sakti di Kompleks TNI AL, Surabaya. Di tengah rutinitas sebagai  seorang pelajar SDN Made I, Evan kecil kemudian hanyut dengan jadwal SSB.

Kurang lebih dari  tiga tahun belajar di SSB Sakti Bogowonto, Evan yang ketika itu  kelas enam dan akan masuk SMP minta pindah ke SSB Mitra Surabaya, yang jaraknya berada  lebih jauh dari rumahnya. Tempat latihannya,  berada di dekat Kampus Unesa, Surabaya. Di tempat SSB yang baru, Evan semakin mantap mendapatkan gemblengan dan teknik bermain sepakbola.

Prestasinya mulai terlihat dengan terbukti Evan mengikuti sejumlah kompetisi baik antar kabupaten dan kota se –  Jawa Timur bahkan mengikuti turnamen yang  mewakili provinsi Jatim yang digelar sejumlah kota di luar Jawa. Prestasi lainnya terus diukir, Evan juga tercatat pernah menjuarai sepakbola remaja tingkat provinsi se -Jatim, dengan memperoleh  juara pertama. Selanjutnya , pada tahun 2010, kakak dari Tirsa Dian Maulana, Hanif Fathurrahman dan Faridah Noviana itu dinyatakan lolos seleksi PON  pada tahun 2010.

Itu berlanjut dengan mengikuti PON di Palembang pada tahun 2012. Kemudian lolos mengikuti tim U – 19 yang di berangkatkan ke Spanyol untuk seleksi di Barcelona dan Hongkong. Ketika  bertanding di Hongkong, tim yang di kawal oleh  Evan juga menang dengan predikat juara satu.

Pada tahun 2013, Evan kembali dinyatakan lolos seleksi dan masuk ke AFF untuk Tim Nasional Garuda. Arek Surabaya yang lahir dan besar di kampung pinggiran Kota Surabaya  tersebut pun masuk TC dan memperoleh  pelatihan nonstop di Yogyakarta.

Evan juga terpilih menjadi kapten timnas U – 19, ia menjadi pencetak gol terbanyak serta  berhasil mengantarkan timnas juara Piala AFF untuk pertama kalinya. Berkat penampilannya yang gemilang bersama timnas U – 19, Evan terpilih untuk masuk skuad sementara Timnas Indonesia Senior yang ketika  itu dilatih oleh Alfred Riedl.

Pada tahun 2016,  Evan memperoleh  kesempatan untuk mengikuti pelatihan di RCD Espanyol B di Spanyol selama 4 bulan. Setelah menjalani pelatihan di Spanyol, Evan  kemudian kembali lagi memperkuat Bhayangkara FC untuk mengarungi kompetisi liga 1 2017.

Kualitas permaiannya yang semakin matang, ia kembali di panggil oleh pelatih asal Spanyol Luis Milla untuk bergabung dengan  Timnas Indonesia U – 22 untuk mengikuti SEA Games 2017. Akan tetapi , Evan dan rekan – rekan hanya meraih medali perunggu setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 3 – 1.

Baca Juga :

Baca Juga :   Biografi Dan Profil Cristiano Ronaldo - Sang Pemain Terbaik di Dunia Sepak Bola