Biografi dan Profil Ganjar Pranowo – Kisah Inspiratif dari Sang Gubernur

Posted on

Biografi dan Profil Ganjar Pranowo – Kisah Inspiratif dari Sang Gubernur

Biodata Ganjar Pranowo

Nama :H. Ganjar Pranowo , S.H,M.IP
Tempat , tanggal lahir :Karanganyar, Jawa Tengah , 28 Oktober 1968
Istri :Hj. Siti Atikoh Suryani
Anak :Zinadine Alam Ganjar
Orangtua :Pramuji ( Ayah ), Sri Suparmi ( Ibu )
Agama :Islam
Riwayat Pendidikan :
  • SDN 1 Kutoarjo
  • SMPN 1 Kutoarjo
  • SMA BOPKRII Yogyakarta
  • Universitas Gajah Mada, Fakultas Hukum
  • Universitas Indonesia, Pascasarjana Ilmu Politik
Penghargaan :
  • Gubernur Inovatif  ( 2014 – 2016 )
  • Penghargaan Adi Tangguh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( 2015 )
  • Tokoh Publik Inspirasional IPRAS  ( 2015 )
  • Penghargaan KPK ( 2015 )
  • Penghargaan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional ( PPN )

Sejak menduduki jabatan sebagai Gubernur Jawa Tengah, nama Ganjar Pranowo menjadi lebih dikenal oleh publik. Gaya memimpin yang tegas dan cerdas membuat beliau  dikagumi oleh banyak orang khususnya masyarakat Jawa Tengah.  Sikapnya yang santun namun jenaka membuatnya mudah dic intai oleh rakyat. Selain itu, kehidupannya yang juga di hiasi oleh kisah dengan perawakan jangkung menjadi pesona tersendiri dari gubernur yang satu ini dan cinta romantis dengan istri membuat beliau  juga menjadi tokoh yang di idolakan oleh ibu – ibu.

 Pendidikan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo yang menjadi Gubernur Jawa Tengah di lalui dengan menempuh jalan panjang berliku yang tentunya tidak mudah. Para pemipin hebat umumnya dibentuk oleh kemampuan mereka melewati segala rintangan dan ujian hidup yang membantu membentuk menjadi sosok – sosok yang luar biasa. Beliau lahir di Karanganyar, Jawa Tengah pada  tanggal 28 Oktober 1968. Ayahnya bernama Pamuji dan ibunya bernama Sri Suparmi.

Baca Juga :   Biografi Dan Profil Thareq Kemal Habibie

 Beliau mempunyai  lima saudara kandung. Ganjar adalah  anak yang cerdas.  Beliau  tumbuh dalam keluarga yang mendukungnya untuk mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi. Riwayat pendidikannya di mulai dari pendidikan dasar yang ditempuh di SD 1 Kutoarjo dan lulus pada  tahun 1981 dan melanjutkan pendidikan ke SMP 1 Kutoarjo.

Ketika  menginjak masa remaja, Ganjar memilih untuk melanjutkan pendidikan menengah atasnya di SMA BOPKRI Yogyakarta.  Selanjutnya  pendidikan tinggi ditempuh di salah satu universitas ternama yaitu Universitas Gadjah Mada dengan mengambil konsentrasi pada bidang hukum. Jiwa kepemimpinan Ganjar telah terasah sejak berada di bangku kuliah dengan aktif dalam organisasi – organisasi kampus. Ganjar aktif dalam kegiatan di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia ( GMNI ) dan Mapagama ( Mahasiswa Pecinta Alam Gadjah Mada ). Karir politiknya dimulai sejak masa orde baru.

Beliau  sudah  bergabung bersama dengan Partai Demokrasi Perjuangan atau PDI. Iklim politik yang kurang sehat pada masa itu membuat beliau  lebih memilih untuk menjalani kegiatan dengan menekuni usaha di bidang hukum dengan membuka bisnis konsultan sumber daya manusia.

Perjalanan Ganjar Pranowo Hingga Menjadi Gubernur Jawa Tengah

Kecerdasan yang memang sudah  menjadi bagian dari diri Ganjar membuat beliau  semakin bersinar. Suami dari Siti Atikoh Supriyanti akhirnya kembali bergabung dengan PDI dan menjadi kader yang mempunyai  kemajuan  dan  perkembangan pesat.

Kemudian  beliau  mampu menjadi salah satu orang yang duduk menjadi anggota legislatif pada tahun 2004. Meskipun sebenarnya jabatan tersebut di peroleh bukan karena kemenangannya dalam pemilihan umum akan tetapi karena  menggantikan koleganya dari PDI yaitu Jacob Tobing yang ketika  itu mendapat mandat untuk bertugas sebagai duta besar di Korea Selatan.

Ganjar Pranowo adalah sosok yang terkenal dengan keberanian. Keberaniannya untuk menyuarakan aspirasi rakyat dengan keteguhan prinsip yang tidak dapat  digoyahkan menjadi ciri khas Ganjar yang membuat beliau  semakin di perhitungkan di kancah perpolitikan Indonesia. Oleh karena itu, Ganjar kembali berhasil untuk duduk di kursi parlemen dengan terpilih dalam pemilihan umum pada  tahun 2009 dan menjabat sebagi Wakil Ketua Komisi II untuk urusan dalam negeri hingga 2014. Akan tetapi  karena terpilih untuk memimpin Jawa Tengah, Ganjar tidak merampungkan masa tugasnya.

Baca Juga :   Biografi Singkat Emile Durkheim

Karir sebagai Gubernur di awali sejak tahun 2013.  Beliau  terpilih untuk menjadi orang nomor satu di Jawa Tengah di dampingi oleh Heru Sudjatmoko sebagi wakil gubernur. Diusung oleh PDI sebagai partai yang mendukung membuat pasangan ini bisa menang dan memperoleh suara mencapai 48,82 %. Pada  tanggal 23 Agustus 2013 Ganjar resmi dilantik menjadi gubernur oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di DPRD Jawa Tengah.

Sejak terpilih menjadi gubernur banyak gebrakan yang membuat beliau  di acungi jempol. Salah satu yang membuat heboh pada saat  inspeksi mendadaknya ke jembatan timbang di subang yang kemudian menjadi pemberitaan. Ganjar yang pada saat  itu memergoki anak buahnya melakukan pungutan liar sehingga membuat  beliau  kemudian naik pitam.

Disamping  itu  beliau  juga dikenal sebagai gubernur twitter karena   beliau  menggunakan twitter sebagai sarana atau media komunikasi dalam dalam menampung aspirasi, keluhan dari rakyatnya terkait dengan pembangunan Jawa Timur.

Baca Juga :