Biografi Via Vallen – Penyanyi Dangdut

Posted on

Biografi Via Vallen – Penyanyi Dangdut

 Nama penyanyi satu ini melejit berkat lagu  “ Sayang “  dengan lirik  yang kental bahasa Jawa. Di Youtube, videonya sudah di tonton hingga ratusan juta kali. Ketenaran Via Vallen membuat penyanyi Pop dan Dangdut Koplo ini berhasil meraih gelar sebagai Penyanyi Dangdut Paling Ngetop pada tahun 2017.

 

Biodata Via Vallen

Nama :Maulidia Octavia
Dikenal :Via Vallen
Tempat , tanggal lahir :Surabaya , Jawa Timur, 30 September 1991
Agama :Islam
Orangtua :Mohammad Arifin ( Ayah ) , Rosida ( Ibu )
Saudara :Mella Rossa Fitri
Profesi :Penyanyi

Biografi Via Vallen

Via Vallen lahir dengan lengkap Maulidia Octavia pada tanggal 30 September 1991 di Surabaya, Jawa Timur. Ia adalah  anak dari pasangan Mohammad Arifin dan Rosida. Diketahui bahwa  ia memiliki  seorang adik perempuan yang  bernama Mella Rossa Fitri. Ayahnya bekerja sebagai seorang musisi dangdut yang biasa melakukan pertunjukan dari panggung ke panggung di acara hajatan. Via Vallen kecil pun sering mengikuti kegiatan ayahnya tersebut.

Masa Kecil

Mengenai sekolah Via Vallen, ia mengenyam pendidikan dasarnya di SD Iskandar Said Surabaya. Dilansir dari kapanlagi.com, Via  telah  mulai belajar bernyanyi sejak duduk di bangku kelas 5 SD.  Ia bahkan pernah menjadi pengamen tanpa sepengetahuan kedua  orang tuanya.

Mengenal Musik Dangdut

Memasuki bangku SMP,  Via Vallen sudah mulai seorang penyanyi dangdut sejak duduk di bangku kelas 2 SMP. Ayahnya saat  itu mengarahkan anaknya untuk lebih mendalami musik dangdut akan tetapi  Via lebih menyukai musik Pop.

Baca Juga :   Dewi Perssik – Profil Penyanyi Dangdut Indonesia

Via Vallen diketahui kemudian melanjutkan pendidikannya di Madrasah Aliyah Ma ’ arif Walisongo Gempol di wilayah Pasuruan Jawa Timur. Via vallen lebih memilih musik dangdut koplo sebagai genre musiknya. Meskipun  begitu ia pernah juga menjadi seorang  vokalis grup band Pop.

Sejak saat itu Via Vallen mulai ikut bernyanyi di atas panggung dengan bergabung dengan orkes melayu sera yang ada di kawasan Sidoarjo serta  Surabaya.

Diketahui  bahwa Karir Via Vallen sebagai seorang penyanyi dangdut koplo tidak selalu berjalan dengan mulus. Ia bahkan pernah dibayar hanya sebesar  20 ribu rupiah sekali naik panggung. Ia bahkan pernah berganti grup orkes dari New Palapa ke Orkes Melayu Sera hingga Orkes Monata. Meskipun  tampil dari panggung ke panggung di hajatan selama hampir 12 tahun hal tersebut  tidak membuat Via Vallen menyerah.

Merilis Single Pertama

Single pertama Via Vallen di rilis pada tahun 2015 dengan judul Selingkuh. Video musiknya yang di unggah di Youtube bahkan berhasil dit onton sampai  puluhan juta kali. Ia kemudian merilis lagu lagunya yang lain berjudul “ Secawan Madu ‘ ,  “ Sakit Sakit Hatiku “ , “ Baper “, “ Peternak Luka “ dan yang  lainnya yang menjadi hits.

Nama Via Vallen selanjutnya  mulai dikenal di belantika musik dangdut tanah air sebagai seorang  penyanyi dangdut pendatang baru. Via Vallen sukses masuk dalam nominasi ajang Indonesian Dangdut Awards  di tahun 2015 dan MNCTV Anugerah Dangdut Indonesia 2015.

Pada tahun berikutnya yakni 2016 ia juga masih masuk dalam nominasi di ajang penghargaan musik tersebut. Tahun itu juga ia merilis beberapa album lagunya.

Tahun 2017 adalah  tahun kesuksesan bagi seorang Via Vallen sebagai  seorang penyanyi pop dan dangdut koplo. Lagunya yang berjudul “ Sayang “  meledak di pasaran. Di Youtube bahkan video musiknya telah  ditonton bahkan  hingga ratusan juta kali. Hal tersebut  membuat nama Via Vallen sebagai seorang penyanyi semakin melambung.

Baca Juga :   Biografi Florence Nightingale – Peloopor Keperawatan Modern  

Meraih Banyak Penghargaan Musik

Lirik lagunya yang kental dengan bahasa Jawa banyak disukai di telinga para pendengar dan penggemarnya. Kepopuleran Via Vallen membuat ia meraih penghargaan sebagai penyanyi dangdut paling ngetop di beberapa ajang penghargaan. Misalnya di ajang SCTV Music Awards 2017, Indonesian Dangdut Awards 2017, SCTV Awards 2017  dan  MNCTV Anugerah Dangdut Indonesia 2017.

Ratu Dangdut Koplo

Tidak mengherankan apabila  Via Vallen kemudian di juluki sebagai Ratu Dangdut Koplo Indonesia. Ketenarannya membuat ia banyak menerima tawaran menyanyi di banyak acara televisi.

Via Vallen bahkan sempat mengadakan konser hingga ke Hongkong. Penggemar Setia Via Vallen bahkan membentuk fanbase dengan menamakan diri  sebagai Vyanisty yang sebenarnya sudah  berdiri sejak  tanggal 24 September 2010.

Baca Juga :