Biografi : Tri Rismaharini – Walikota Surabaya

Posted on

Biografi : Tri Rismaharini – Walikota Surabaya

Tri Rismaharini – Beliau lebih dikenal dengan panggilan  Ibu Risma, Beliau lahir di Surabaya, pada tanggal  20 November 1961 dan menjadi Walikota Surabaya wanita yang pertama pada tahun 2011. Saat ini  Ibu Risma lanjut menjabat di periode keduanya sebagai walikota Surabaya. Sosok beliau yang tegas, rendah hati dan merakyat menjadikan  beliau pemimpin perempuan teladan bagi banyak orang.

Gaya kepemimpinan Ibu Risma yang jujur serta transparan membuat banyak pihak merasa dirugikan. Ibu Risma memperoleh  tekanan yang berasal  dimana – mana di pemerintahan yang memaksa Ibu Risma untuk mengundurkan diri akan tetapi  Ibu Risma tidak peduli dan yakin pada pendirinnya untuk tetap menjalani tanggung jawabnya sebagai  seorang walikota.

Puncaknya pada tanggal 31 Januari 2011, DPRD Surabaya melaporkan walikota Surabaya ini ke Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi untuk menurunkan Ibu Risma dari jabatannya dengan alasan  telah melanggar peraturan dari Permendagri serta  menyalah gunakan kekuasaanya. Akan tetapi , usulan tersebut ditolak karena tidak cukup bukti dan juga  data yang kuat.

Selama berada dibawah pimpinan beliau, kota Surabaya banyak mengalami perubahan yang positif. Tata lingkungan yang lebih rapi dan juga  bersih. Membuat Ibu Risma berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi Adipura  selama 4 tahun berturut – turut dari tahun 2011 – 2014. Tidak hanya itu Beliau juga berhasil menempati posisi ketiga sebagai walikota terbaik di dunia oleh The City Mayor Foundation melalui website resminya yaitu  www.worldmayor.com pada tahun 2014.

Baca Juga :

Baca Juga :   Profil dan Biografi  Agnez MO