Biografi dan Profil :  Susilo Wonowidjojo – Pemilik PT Gudang Garam

Posted on

Biografi dan Profil :  Susilo Wonowidjojo – Pemilik PT Gudang Garam

Nama Susilo Wonowidjojo mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan para pengusaha. Beliau  merupakan salah satu pengusaha atau konglmerat terkaya di Indonesia. Beliau  adalah bos dari PT Gudang Garam Indonesia yang memproduksi rokok kretek merek Gudang Garam.

Nama Lengkap :Susilo Wonowidjojo ( Cai Daoping )
Tempat , tanggal lahir :Kediri , 18 November 1956
Istri :Melinda Setyo
Orangtua :Surya Wonowidjojo ( Ayah ), Feni Olivia ( Ibu )
Saudara :
  • Rahman Halim
  • Sigit Sumargo Wonowidjojo
  • Wurniati Wonowidjojo
  • Juni Setiati Wonowidjojo
  • Sujati Wonowidjojo
  • Suarto Wonowidjojo
Profesi :Pengusaha Rokok ( Pemilik PT Gudang Garam Indonesia )

Susilo Wonowidjojo ( Cai Daoping ) adalah seorang  pengusaha keturunan Tionghoa.  Beliau  lahir pada tanggal 18 November 1956 di Kediri. Ayahnya bernama Surya Wonowidjojo ( Tjoa Ing Hwie ) yang merupakan  seorang pengusaha rokok di Kediri asal Fujian, China. Ibunya bernama Feni Olivia.

Susilo Wonowidjojo adalah anak ketiga dari tujuh bersaudara. Ayahnya, Surya Wonowidjojo terlebih dahulu merintis sebuah pabrik rokok di Kediri pada usia 35 tahun tepatnya pada tahun 1958. Pabriknya rokok itu pada awalnya bernama Inghwie akan tetapi  namanya  kemudian ia ubah menjadi Tjap Gudang Garam.

Pabrik rokok milik ayah Susilo Wonowidjojo awalnya hanya memproduksi rokok lintingan yang terbuat dari bahan  daun jagung. Ayahnya bekerja keras  dalam mengembangkan pabrik rokok tersebut. Perlahan – lahan pabrik rokok tjap Gudang Garam kemudian mulai berkembang. Sedikit demi sedikit, Pabrik Rokok Gudang Garam milik ayah Susilo Wonowidjojo mulai merekrut karyawan serta mulai membeli perkebunan tembakau. Perkembangan yang pesat membuat Pabrik rokok Gudang Garam mulai menjadi pabrik rokok kretek terbesar pada tahun 1966 di Indonesia.

Baca Juga :   Biografi Dan Profil Thareq Kemal Habibie

Surya Wonowidjojo meninggal dunia  pada tahun 1985. Beliau  meninggalkan pabrik rokok Gudang Garam yang pada saat  itu sudah sangat besar dan mengusai pasar rokok di Indonesia. Selanjutnya kepemimpinannya kemudian diambil alih oleh anak tertuanya yaitu Rahman Halim yang juga merupakan kakak  dari Susilo Wonowidjojo.

Susilo Wonowidjojo sendiri memulai karirnya di Gudang Garam sebagai Direktur selama 14 tahun yang dimulai sejak  tahun 1976 hingga 1990. Sejak jauh hari Susilo Wonowidjojo memang telah  dipersiapkan sebagai pewaris dari PT Gudang Garam. Posisinya sebagai seorang  direktur, Susilo banyak membuat terobosan baru misalnya mengembangkan mesin – mesin yang khusus memproduksi rokok kretek.

Ketika  Susilo Wonowidjojo menjabat sebagai Vice President Director PT Gudang Garam, pada tahun 2002 beliau  mulai berinovasi dengan memproduksi rokok jenis baru yaitu rokok kretek mild. Sepeninggal kakaknya yaitu Rahman Halim pada tahun 2008, Susilo Wonowidjojo kemudian mengambil alih kepemimpinan di PT Gudang Garam Indonesia.

Dibawah kepemimpinannya, PT Gudang Garam semakin terkenal sebagai salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia. Terdapat  berbagai jenis produk rokok Gudang Garam yang beredar di konsumen. Pangsa pasar Gudang Garam juga bukan hanya nasional namun juga internasional.

Menjadi pabrik rokok terbesar di Indonesia, tidak heran saat ini jumlah karyawan PT Gudang Garam Indonesia mencapai 36.900 orang dengan pendapatan pertahun sebesar 70 triliun rupiah. Pendapatan yang besar dari PT Gudang Garam selaku pabrik rokok terbesar di Indonesia ini ikut  membawa Susilo Wonowidjojo dinobatkan sebagai salah satu pengusaha terkaya di Indonesia.

Menurut Majalah Forbes, kekayaan Susilo Wonowidjojo ditaksir sebesar $ 7,1 miliar dollar atau sekitar 94,6 triliun rupiah pada tahun 2016. Beliau  berada di posisi kedua sebagai orang terkaya di Indonesia di bawah Hartono bersaudara yang dikenal sebagai pemilik dari  PT Djarum.

Baca Juga :   Mengenal Achmad Zaky – Kisah Dari Pendiri Bukalapak

Susilo Wonowidjojo menikah dengan Melinda Setyo. Istrinya juga dikenal sebagai  seorang wanita yang paling aktif dalam berbisnis. Ia memiliki saham di berbagai perusahaan. Susilo Wonowidjojo juga mempunyai  perusahaan lain selain PT Gudang Garam.

Baca Juga :