Biografi :  Sule – Kisah Perjuangan Dari Sang Komedian

Posted on

Biografi :  Sule – Kisah Perjuangan Dari Sang Komedian

Jalan Panjangnya menjadi  seorang bintang di dunia hiburan sangat panjang dan berliku akan tetapi  sekarang kesuksesan didunia hiburan  dapat  diraihnnya setelah perjuangannya yang panjang. Entis Sutisna atau yang  lebih dikenal dengan nama Sule lahir di Bandung,   Jawa Barat, pada tanggal  15 November 1976 adalah pemeran yang berawal dari Grup Lawak SOS, Audisi Pelawak TPI ( API ). Sule semakin dikenal via acara Opera Van Java di Trans7 bersama dengan  Andre Taulany, Parto, Nunung dan Azis Gagap. Karirnya semakin meningkat dengan acara Awas Ada Sule yang di tayangkan  di Global TV yang dibintangi oleh  mantan pemain bola voli nasional, Hikmal Abrar. Selain melawak, alumnus STSI Bandung ini dikenal juga  pintar menyanyi. Sejak masih duduk di bangku kelas 3 SD, Sule sudah sering tampil di panggung tujuhbelas Agustusan, untuk menari.

Karena senang menari itulah, akhirnya orang tua mendaftarkannya ke sanggar Kandaga. Seperti halnya Oni, teman satu kelompoknya, Sule juga  terbiasa mencari uang sejak kecil. Untuk urusan belajar, ternyata Sule paling malas sukanya menyontek. Hobi menarinya sempat terhenti pada saat ia  duduk di bangku SMP. Baru tumbuh lagi  ketika ia  masuk SMKI , Sule mengakui setelah berjuang selama bertahun – tahun, sejak SMP, baru sekarang  ia meneguk hasilnya. Dulu dia tinggal di rumah petak kontrakan.

Hidup prihatin sempat dirasakan oleh  pria berambut pirang panjang ini. Orangtuanya merupakan seorang  pedagang bakso di Cimahi, di malam hari Sule kecil membantu berjualan jagung rebus keliling kompleks.

Baca Juga :   Biografi : Anne Avantie - Perancang Busana Indonesia

Sule menikah dengan Lina ( 32 ), tahun 1997. Karena penghasilan dari melawak tidak menentu, mereka berdagang ayam goreng dan berjualan kebaya. Penghasilannya hanya  Rp 20.000 sehari. Belanja sayur, sebagian lagi beras, sabun, dan  juga untuk jajan anak, tidak  cukup. Namun pernikahannya dengan Lina setelah 21 tahun harus kandas karena mereka bererai .

 Bintang Sule baru bersinar pada saat  ia dan dua orang  temannya, Ogi Suwarna dan Obin Wahyudin mengikuti audisi lawak API ( Akademi Pelawak Indonesia ) di TPI. Setahun kemudian, Sule menjuarai Superstar Show,  yaitu sebuah acara duet selebriti di Indosiar, dan berhak membawa pulang sebuah mobil. Puncaknya pada saat  ia membintangi OVJ.

Karakter Pelawaknya Kuat

Sule tampak sebagai  seorang pelawak  yang multi talenta  melalui  sebuah acara televisi ( reality – show ) SuperStar Show yang ditayangkan Indosiar. Dalam acara berupa kontes nyanyi secara berpasangan tersebut, Sule akhirnya menjadi juara. Ketika  itu dia berduet dengan Jaja. Karakternya yang unik, multytalented, serta  humoris membuat duet Sule – Jaja dengan mudah di sukai serta  dikenal oleh para pemirsa acara SuperStar. Ternyata terbukti kemudian. Terhitung semenjak usai menjuarai event SuperStar, Sule pun mulai sering tampil di layar kaca ( televise ). Dari menjadi presenter ( MC ), bintang tamu talkshow, pengisi acara musik, hingga menjadi comedian atau pelawak seperti saat ini.

Acara Tv yang Mempopulerkan Sule

Dari ranah komedi, nama Sutisna alias Sule merajai televisi. Selain tampil di acara komedi Opera Van Java ( OVJ ) di Trans 7, Sule juga memandu reality showBigShow di TPI. Jika tIDak syuting, Sule mengisi berbagai acara off air. Khusus untuk tahun 2009, Job yang diterimanya didunia hiburan Indonesia tergolong cukup banyak. Acara tv yang  dapat  dikatakan  mempopulerkan Sule ( selain SuperStar ) yaitu OKB, Opera Van Java, dan Awas Ada Sule. Dua yang pertama tayang di Trans7. Sedangkan yang terakhir ( Awas Ada Sule ) ditayangkan di Global Tv. Apabila  anda penggemar acara komedi atau sitkom, anda pasti sudah cukup familiar dengan ketiga acara tersebut .

Baca Juga :   Biodata Dan Profil, Bryan Domani Terbaru Dan Terlengkap, Beserta Foto Dan Fakta Unik

Kelebihan Sule

Sule memang memiliki  talenta tersendiri yang membuat ia layak di sejajarkan dengan Tukul Arwana, Komeng, Eko Patrio, Parto, maupun Olga Syahputra yang sempat di nobatkan sebagai 5 Pelawak Termahal Indonesia. Yang patut di apresiasi, Sule juga bukan tergolong  seorang pelawak dadakan. Ia memang merintis karier melawaknya dari NOL Popularitas yang dicapainya sekarang bukanlah secara instan, akan tetapi  berkat kegigihan dan juga  perjuangan. Di samping talenta unik yang memang di anugerahkan oleh  Yang Maha Kuasa padanya.

Seperti Komeng Sule memiliki  kemampuan spontanitas lelucon yang tergolong sangat responsif, cepat, kreatif dan  juga bagus. Dalam tampilan di panggung juga  memiliki kemampuan blocking yang lumayan. Sule termasuk salah satu pelawak yang mempunyai karakter melucu yang kuat dan  juga unik Bakat melawak Sule agaknya di turunkan sang ayah, yang penjual bakso keliling. Ayahnya selalu membanyol dan membuat para pembeli baksonya tertawa. Namun  Sule mengawali naik panggung bukan dengan lawakan, melainkan sebagai seorang  pemain musik.

Setelah memenangkan audisi melawak di TPI, nama Sule pelan – pelan terus  melejit. Namun  baru di acara Superstar Show, nama Sule menanjak hingga sekarang. Meskipun sudah sangat terkenal, Sule masih memendam cita – cita. Dia ingin go international kendati tidak bisa berbahasa Inggris.

Jutawan Sederhana

Kini kehidupan Sule berbeda.  Sat ini ia  mempunyai  lima rumah di Bandung dan Jakarta, dua mobil, serta dua sepeda motor. Kendati sudah  bergelimang harta, ternyata tidak semua artis hidup bermewah – mewah. Pelawak Sule misalnya, yang mengaku ingin selalu hidup bersahaja. Uniknya, gelimang harta tidak membuatnya silau. Mobil yang setiap hari mengantarnya syuting masih mobil yang sama dengan yang digunakannya  empat tahun lalu, sebuah Suzuki APV. Untuk investasi Sule lebih memilih mengoleksi rumah.

Baca Juga :   Biografi Jendral D.I. Panjaitan – Kisah Pahlawan Revolusi

Sebagai seorang pelawak, Sule memang tidak ada matinya. Pria berambut kuning panjang itu selalu bercanda dan tertawa lepas. Ketika berada di lokasi syuting, ia melakukan berbagai aksi jail seperti mengagetkan orang, menggoyang – goyangkan tangga, bahkan melempar sang penulis skenario ke kolam.

Solider Teman

Semakin terkenal, semakin tebal pula kantong Sule. Penghasilan ini bukan hanya untuk istri dan anak – anaknya saja , melainkan juga  dibagi juga untuk adik – adiknya. Anak kedua dari empat bersaudara ini juga tidak segan untuk membantu kedua temannya yang dulu sama – sama tergabung dalam grup lawak SOS. Bahkan, menurut Sule, tidak jarang  jika secara diam – diam dia membantu Oni supaya  rekannya tersebut  dapat  mengisi sebuah acara di stasiun televisi. Tidak hanya bantuan berupa materi saja namun  juga ia  membuka kesempatan bagi teman – teman saya supaya  dapat  masuk dan terlibat dalam sebuah program acara.

Baca Juga :