Biografi Steve Chen – Pendiri Youtube

Posted on

Biografi : Steve Chen – Pendiri Youtube

Biografi Steve Chen –  Ia  mempunyai nama aslinya adalah Steven Shih “ Steve ” Chen atau Steve Chen , ia lahir pada bulan Agustus 1978, dia adalah seorang pengusaha internet keturunan Taiwan-Amerika. Steven Chen adalah co – founder dan pendiri dari situs YouTube.

Dia Dibesarkan di Taiwan, Chen dan keluarganya kemudian berimigrasi ke Amerika Serikat pada saat ia berusia 15 tahun . Sesudah lulus dari University of Illinois di Urbana – Champaign, ia selanjutnya  bekerja di Pay Pal dimana ia bertemu dengan  Chad Hurley dan Jawed Karim.

Pada tahun 2005, ia dan dua orang lainnya kemudian mendirikan YouTube, website yang di rancang untuk berbagi video. Dia menjabat sebagai Chief Technology Youtube sebelum pada akhirnya dijual kepada Google  dengan harga Sebesar 1,65 milyar.

YouTube dengan cepat tumbuh menjadi salah satu Web situs terpopuler di dunia, bahkan menempati peringkat situs web yang paling populer di urutan 10 di dunia hanya dalam setahun setelah peluncurannya. Dilaporkan bahwa 100 juta klip dilihat setiap hari di YouTube, dengan tambahan 65.000 video baru diupload setiap 24 jam. Dia awalnya berkerja di paypal, dan menjadi seorang karyawan awal di PayPal , dimana di paypal selanjutnya ia bertemu dengan Chad Hurley dan Jawed Karim yang akan bersama – sama mendirikan youtube.

Pada tahun 2005, mereka mendirikan YouTube. Dia sebelumnya menjabat sebagai seorang Chief Technology Officer di YouTube, dan saat ini dipekerjakan oleh Google. Chen juga adalah seorang karyawan awal di Facebook , meskipun ia meninggalkan jabatannya sesudah beberapa bulan untuk memulai YouTube.

Pada bulan Juni 2006, Chen disebut oleh Bisnis 2.0 sebagai salah satu dari 50 orang yang berpengaruh saat ini,  dalam bisnis selain dua orang temannya yang juga adalah  salah satu dari pendiri youtube Chad Hurley dan Jawed Karim.

Baca Juga :   √ Biografi James Sidis – Kisah Tragis Sang Manusia Paling Jenius Di Muka Bumi

Pada tanggal 16 Oktober 2006, Chen dan Hurly menjual YouTube untuk Google, Inc senilai $ 1,65 miliar. Chen menerima sebesar  625.366 lembar saham Google dan 68.721 tambahan dan dipercayai sebagai bagian dari penjualan. Saham Google yang ia terima adalah senilai $ 350.000.000 di Google pada tanggal 30 Oktober 2007 penutupan harga saham.

Chen sudah terdaftar sebagai salah satu dari 15 ilmuwan Asia To Watch oleh Majalah Scientist Asia pada tanggal 15 Mei 2011. Dia dan Chad Hurley sekarang mulai Sistem avos yang sudah mengakuisisi delicious dari Yahoo! Inc.

Baca Juga :