Biografi Singkat Sunan Gresik , Wali Songo Pertama Penyebar Islam Di Tanah Jawa

Posted on

Biografi Singkat Sunan Gresik , Wali Songo Pertama Penyebar Islam Di Tanah Jawa

Maulana Malik Ibrahim mendapatkan gelar Sunan Gresik yang merupakan salah satu Sunan dari 9 Walisongo yang menyebarkan agama islam di pulau Jawa. Sunan Gresik lahir pada paruh awal abad 14 dari pasangan Jamaluddin Akbar Al-Husaini dan nama ibu Sunan Gresik belum di ketahui. Berikut ini adalah biografi dari Sunan Gresik , tentang Karomah, metode dakwah, karya , makam dan juga peninggalan.

 

Biografi Sunan Gresik ( Maulana Malik Ibrahim )

Sunan Gresik ( Maulana Malik Ibrahim ) merupakan salah satu dari 9 Walisongo yang menyebarkan agama islam di Tanah Jawa . tanggal lahir Sunan Gresik yaitu pada paruh awal abad ke 14 dan meninggal pada tahun 1419 Masehi serta di makamkan di desa Gapurosukolilo , Kota Gresik , Jawa Timur. Istri Sunan Gresik bernama Siti Fathimah binti Ali Nurul Alam Maulana Israil ( Raja Champa Dinasti Azmatkhan 1 )

 

Kisah Sunan Gresik ( Maulana Malik Ibrahim )

Sunan Gresik adalah seorang Walisongo , yang di anggap pertama kali menyebarkan agama islam di Tanah Jawa. Tidak terdapat bukti sejarah yang meyakinkan mengenai asal usul keturunan Maulana Malik Ibrahim , banyak masyarakat yang sepakat bahwa Sunan Gresik bukanlah asli orang Jawa melainkan dari wilayah Arab Maghrib di Afrika Utara. Menurut beberapa versi Sunan Gresik merupakan keturunan Rasulullah SAW.

Baca Juga :   Biografi KH Maimun Zubair

Sunan Gresik di anggap sebagai salah seorang yang pertama-tama menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa, beberapa versi mengatakan bahwa kedatangannya di sertai oleh beberapa orang. Daerah yang di tujunya pertama kali adalah Sembolo , sekarang adalah daerah Leran , Kecamatan Manyar , yaitu 9 kilometer ke utara kota Gresik, beliau lalu menyebarkan dan menyiarkan agama Islam di Tanah Jawa bagian Timur, dengan mendirikan masjid pertama di Desa Pasucian Manyar.

Dalam penyebaran Agama Islam , pertama-tama yang beliau lakukan adalah dengan cara mendekati masyarakat melalui pergaulan. Dengan menggunakan budi bahasa yang lembut. Beliau tidak menentang agama dan juga kepercayaan hidup dari penduduk asli , melainkan beliau hanya memperlihatkan keindahan dan kebaikan yang di bawa dalam Agama Islam. Akhirnya berkat keramah-tamahan serta kelembutannya banyak masyarakat yang tertarik dan masuk ke dalam agama Islam.

Setelah beliau memikat hati masyarakat , akhirnya Sunan Gresik mulai berdagang di Pelabuhan terbuka , sehingga memudahkan beliau untuk bertemu dengan banyak masyarakat bahkan dari kalangan raja dan juga bangsawan . setelah beliau cukup di segani oleh masyarakat , kemudian Maulana Malik Ibrahim melakukan kunjungan ke ibukota Majapahit di Trowulan . Meskipun Raja Majapahit tidak masuk islam namun ia menerima Sunan Gresik dengan baik, bahkan ia memberikan sebidang tanah di pinggiran Kota Gresik dan daerah tersebut dinamakan Gapura dan di bangunlah pesantren – pesantren di daerah tersebut sebagai tempat untuk menyebarkan agama islam.

Metode Dakwah Sunan Gresik  ( Maulana Malik Ibrahim )

  • Dengan cara berdagang
  • Dengan cara bergaul atau melakukan pendekatan dengan masyarakat luas
  • Dengan cara membuka pengobatan gratis

 

Peninggalan Sunan Gresik ( Maulana Malik Ibrahaim )

  1. Masjid Pesucian yaitu masjid tertua di Pulau Jawa
Baca Juga :   √ Biografi Harun Ar-Rasyid │ Pemerintahan Emas Islam

Masjid Pesucian ini tercatat sebagai masjid tertua di Pulau Jawa karena daerah pertama yang di singgahi atau di tuju oleh Sunan Gresik adalah Sembolo pada tahun 1389 Masehi yang berada di dalam kekuasaan kerajaan Majapahit , yang sekarang berubah menjadi desa Leran , Sembilan kilometer dari Pusat Kota Gresik . Di sisi utara Masjid Pesucian masih dapat di temukan bebatuan arsenik peninggalan masa kejayaan Masjid Pesucian , bahkan terdapat satu batu besar yang tepat berada di depan pagar Majid Pesucian di sisi timur, yang di percaya dahulu merupakan bekas batu tempat berlabuhnya kapal.

 

  1. Air sumur sebagai air penyembuhan

Air sumur yang terdapat di dalam Masjid Pesucian menjadi sebuah air yang banyak di percaya oleh pakar Spiritual sebagai air yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Uniknya, sumber air yang terdapat din dalam sumur ini sangat besar dan juga rasanya tawar , tidak seperti sumur di wilayah desa ini yang semuanya mempunyai rasa yang asin.

 

Karomah Sunan Gresik ( Maulana Malik Ibrahim )

  1. Karomah Syekh Maulana Malik Ibrahaim dalam menurunkan hujan lebat.
  2. Kisah Murid Syekh Maulana Malik Ibrahaim dalam menaklukkan perampok.

 

Karya Sunan Gresik ( Maulana Malik Ibrahim )

  1. Bidang Kesenian : Tembang Suluk , Gundul-Gundul Pacul dan lain-lain.
  2. Bidang Pendidikan : Pondok Pesantren Leran Gresik .

 

Baca Juga :