Biografi Sigmund Freud  –  Kisah Sang Psikolog Legendaris

Posted on

Biografi Sigmund Freud  –  Kisah Sang Psikolog Legendaris

Sigmund Freud – Tokoh satu ini sangat berperan penting untuk  bidang ilmu Psikologi. Peranannya yang sangat sentral bagi perkembangan ilmu psikologi terutama dalam  bidang Psikoanalisis membuat beliau  patut dengan disebut sebagai seorang Psikolog legendaris.

Biografi Sigmund Freud

Sigmund Freud dilahirkan di kota Freiberg pada tahun 1856 , kota tersebut  sekarang  terletak di Cekoslowakia, akan tetapi sebelumnya  termasuk dalam wilayah Kerajaan Austria. Beliau  adalah  anak dari pasangan  Jacob Freud dan Amalia Freud.

Riwayat Masa Muda

Ketika beliau berumur empat tahun, keluarganya pindah ke Wina dan di kota tersebutlah  beliau  menghabiskan hampir seluruh hidupnya. Freud  merupakan seorang mahasiswa unggul  di sekolahnya, beliau berhasil meraih gelar sarjana kedokteran dari Universitas Wina pada tahun 1881.

Tertarik di Bidang Psikologi

Dalam Biografi Sigmund Freud diketahui bahwa selama sepuluh tahun berikutnya beliau  melakukan penyelidikan untuk  mendalami bidang psikologi, membentuk staf klinik psikiatri, dan  melakukan praktek pribadi pada  bidang neurologi,  serta juga bekerja di Paris bersama neurolog Perancis kenamaan Jean  bersama dokter Josef Breuer yang merupakan orang Wina.

Karya Sigmund Freud

Gagasan dari seorang  Freud pada  bidang psikologi selalu berkembang tingkat demi tingkat. Kemudian  pada tahun 1895 buku pertamanya penyelidikan mengenai  Histeria terbit, yang bekerja sama dengan Breuer. Buku berikutnya yaitu  Tafsir Mimpi terbit pada  tahun 1900. Buku tersebut adalah  salah satu dari karyanya yang paling orisinal dan juga  sekaligus paling penting, meskipun  pasar penjualan nya terbilang lambat pada awalnya,  akan tetapi berhasil melambungkan namanya.

Baca Juga :   Profil Dan Biodata Joaquin Phoenix – Pemeran Joker 2019

Setelah  itu berhamburan keluar karya – karya beliau  yang penting, dan pada tahun 1908 ketika  Freud memberikan  serangkaian ceramah di Amerika Serikat, Freud telah menjadi orang yang betul – betul tersohor.

Pada  tahun 1902 beliau  meng-organisir kelompok diskusi  sebuah masalah psikologi di Wina. Salah seorang anggota pertama yang menggabungkan diri adalah Alfred Adler,  lalu  beberapa tahun kemudian ikut pula Carl Yung. Kedua orang tersebut pada  akhirnya juga menjadi  seorang jagoan ilmu psikologi melalui  usaha mereka sendiri.

Freud menikah dengan seorang wanita yang bernama  Martha Bernays dan mempunyai  anak berjumlah enam orang.  Saat – saat akhir hidupnya beliau  terjangkit  kanker pada tulang rahang nya  sejak tahun 1923 kemudian  selanjutnya beliau  mengalami pembedahan  sekitar lebih dari tiga puluh kali dalam rangka upaya untuk  memulihkan kondisinya.

Wafat

Meskipun  begitu, beliau tetap  bekerja dan juga  beberapa karya penting bermunculan di  tahun – tahun berikutnya.pada  tahun 1938 Nazi menduduki Austria. Sigmund Freud yang ketika itu telah  berusia 82 tahun dan  merupakan seorang keturunan Yahudi tersebut  di paksa untuk  pergi ke London, Inggris. untuk  menghindari kejaran tentara Nazi yang sedang memburu para kaum Yahudi di Eropa pada saat  itu. Sigmud Freud meninggal pada tanggal 23 September 1939 di London, Inggris.

Pemikiran Sigmund Freud

Sumbangan  Freud pada bidang teori psikologi begitu luas daya jangkauan nya sehingga tidak gampang untuk  menyingkatnya. Beliau  menekankan arti penting yang besar tentang  proses bawah sadar  dari sikap manusia. beliau  menunjukkan  betapa proses tersebut sangat  mempengaruhi isi mimpi dan juga menyebabkan omongan – omongan yang meleset atau salah sebut, lupa pada  nama – nama dan juga dapat  menyebab kan penderitaan atas buatan  sendiri bahkan penyakit.

Baca Juga :   Biografi Lengkap Sutopo Purwo Nugroho , Humas BNBP Yang Meninggal Dunia Dikarenakan Kanker Paru-Paru

Teknik Psikoanalisa

Freud mengembangkan teknik psikoanalisa  yaitu sebagai suatu metode untuk penyembuhan penyakit kejiwaan. Dan beliau  merumuskan teori mengenai  struktur pribadi manusia. beliau  juga berhasil  mengembangkan atau mempopulerkan teori psikologi yang berhubungan  dengan rasa cemas, mekanisme mempertahankan diri, ihwal peng-khitanan, serta rasa tertekan, sublimasi dan masih  banyak lagi. Tulisan – tulisan beliau  menggugah kegairahan pada  bidang teori psikologi. Banyak gagasan dari beliau  yang kontroversial sehingga memancing perdebatan yang  sengit sejak di lontarkan nya.

Freud mungkin paling terkenal dalam hal pengusulan gagasan bahwa suatu gairah seksual yang tertekan sering menjadikan suatu  penyebab penting dalam hal penyakit jiwa atau Neurosis.

Beliau juga menunjukkan bahwa gairah seksual serta  nafsu seksual bermula ketika  masa kanak – kanak dan bukan pada saat ketika  dewasa.

Beliau  merupakan seorang  pelopor serta penggali, dengan bakat dan juga  kecerdasan yang  luar biasa yang telah menghasilkan berbagai gagasan.  Pendapat – pendapat beliau  pada  bidang psikologi sepenuhnya sudah  merevolusioner kan konsepsi kita mengenai  pikiran manusia, serta  banyak gagasan dan juga istilah – istilahnya  yang telah digunakan oleh umum.

Memang  benar bahwa , psikoanalisa adalah suatu  cara penyembuhan yang teramat mahal dan juga  amat serius serta  pula tidak berhasil apa – apa. Akan tetapi, juga benar bahwa  teknik tersebut telah  meraih sukses yang  besar.

Freud memang bukan psikolog  yang pertama, serta  dalam jangka panjang mungkin tidak akan di anggap sebagai orang yang gagasan – gagasan nya sebagian besar mendekati kebenaran. Akan tetapi , beliau  sudah jelas merupakan tokoh yang paling berpengaruh dan juga  paling penting dalam perkembangan teori psikologi modern serta pandangan – pandangan beliau  yang mempunyai arti sangat besar pada  bidangnya serta  menyuguhkan kepadanya hak untuk tercantum dalam urutan yang cukup tinggi dalam daftar buku  Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah.

Baca Juga :   Biografi  Singkat Mohammad Hatta Tokoh Proklamator Indonesia

 

Baca Juga :