Biografi dan Profil Raja Salman – Raja Arab Saudi Ketujuh

Posted on

Biografi dan Profil Raja Salman – Raja Arab Saudi Ketujuh

Raja Salman – Saat ini Arab Saudi dipimpin oleh seorang raja yang bernama Salman bin Abdulaziz al – Saud. Nama lengkap beliau  adalah Salman bin Abdulaziz bin Abdul Rahman bin Faisal bin Turki bin Abdullah bin Mohammed bin Saud. Beliau adalah  raja Arab Saudi yang ketujuh  yang menggantikan Raja Abdullah yang telah wafat pada  tahun 2015. Raja Salman bin Abdulaziz juga dikenal sebagai  seorang penjaga dua kota suci yaitu Mekah dan Madinah dan beliau  juga adalah  pemimpin dari Bani Saud.

Biodata Raja Salman

Nama :Salman bin Abdulaziz al – Saud
Tempat, Tanggal Lahir :Riyadh ,Saudi Arabia , 31 Desember 1935
Orangtua :Abdul Aziz dari Arab Saudi ( Ayah ), Hassa binti Ahmed Al Sudairi ( Ibu )
Agama : Islam Sunni
Jabatan : Raja Arab Saudi , Penjaga Dua Kota Suci
Anak :
  • Pangeran Faisal bin Salman bin Abdulaziz al-Saud
  • Putri Hassa binti Salman bin Abdulaziz al-Saud
  • Pangeran Saud bin Abdulaziz al-Saud
  • Pangeran Mohammed bin Abdulaziz al-Saud
  • Pangeran Turki bin Abdulaziz al-Saud
  • Pangeran Khalid bin Abdulaziz al-Saud
  • Pangeran Fahd bin Salman bin Abdulaziz al-Saud
  • Pangeran Ahmed bin Salman bin Abdulaziz al-Saud
  • Pangeran Sultan bin Salman bin Abdulaziz al-Saud
  • Pangeran Abdulaziz bin Salman bin Abdulaziz al-Saud
  • Pangeran Nayif bin Abdulaziz al-Saud
  • Pangeran Bandar bin Abdulaziz al-Saud
  • Pangeran Rakan bin Abdulaziz al-Saud
Penghargaan :
  • Doktor Honoris Causa dari Univ . Umm Al-Quran, Arab Saudi, tahun ( 2008 )
  • Doktor Honoris Causa dari Jamia Millia Islamia, India , tahun ( 2010 )
  • Doktor Honoris Causa dari Univ . Islam Madinah, Arab Saudi, tahun ( 2011 )
  • Doktor Honoris Causa dari Institut Sains dan Tekologi Sarajevo, Bosnia Herzegovina , tahun ( 2013 )
  • Doktor Honoris Causa dari Univ . Waseda, Jepang tahun ( 2014 )
Baca Juga :   Biografi Jan Koum  –  Kisah Inspiratif Dari  Pendiri Aplikasi Whatsapp

 

Biografi Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud

Raja Salman dilahirkan di Murabba Palace kota Riyadh  pada tanggal 31 Desember. Beliau adalah  anak ke 25 dari keturunan Bani Saud.

Riwayat Masa Kecil

Salman Bin Abdul Aziz bersama enam saudara laki – lakinya yang  kemudian dikenal dengan Sudairi Seven. Ayah beliau  bernama Abdulaziz yang dikenal sebagai Raja Arab Saudi yang pertama. Ibu Raja Salman bernama Hassa binti Ahmed Al Sudairi. Salman bin Abdulaziz mengawalai  pendidikan pertamanya di Princess School yang merupakan  sebuah sekolah yang di bangun oleh Raja Abdulaziz khusus untuk anak – anaknya. Di sekolah tersebut  Salman belajar ilmu agama dan juga ilmu pengetahuan modern.

Menjadi Gubernur Provinsi Riyadh

Pada saat  berumur 19 tahun, Salman bin Abdulaziz kemudian di tunjuk untuk  menjadi wakil gubernur di provinsi Riyadh pada tahun 1954 sampai pada  tahun 1955. Selanjutnya  pada  tahun 1963, beliau dilantik menjadi Gubernur provinsi Riyadh. Jabatan tersebut beliau pegang  sampai pada  tahun 2011. Selama beliau menjabat sebagai gubernur Riyadh selama 48 tahun, beliau berhasil membangun kota Riyadh tersebut  dari kota menengah hingga menjadi sebuah kota metropolitan di Arab Saudi. Beliau  juga banyak menarik minat wisatawan untuk  berkunjung ke Riyadh serta menarik modal dan juga  investasi asing yang  masuk ke negaranya.

Raja Salman Muda

Salman bin Abdulaziz juga senang menjalin hubungan politik serta  ekonomi dengan dunia barat dan beliau  juga mempunyai  pengaruh dalam menentukan arah kebijakan Arab Saudi. Beliau  mempunyai seorang istri yang  bernama Sultana binti Turki Al Sudairi yang masih mempunyai  hubungan keluarga dengan Salman sendiri. Karena  istrinya merupakan anak dari paman ibu Salman yaitu Turki bin Ahmad Al Sudairi yang merupakan  seorang mantan gubernur di provinsi Asir.

Baca Juga :   Profil Airlangga Hartarto –Menteri Koordinator Bidang Perekonomian

Dari pernikahan nya dengan Sultana, Salman bin Aldulaziz memiliki  anak yang bernama Pangeran Fahd, Pangeran Ahmed, Pangeran Sultan, Pangeran Abdulaziz, Pangeran Faisal serta Putri Hassa.namun sayang Pangeran Fahd meninggal pada tahun 2001 karena mengalami  gagal jantung lalu  kemudian Pangeran Ahmad juga meninggal dunia  pada tahun berikutnya karena serangan jantung.

Istrinya, Sultana binti Turki meninggal dunia pada  tahun 2011. Sekarang ini  anak beliau yang bernama  Pangeran Abdulaziz menjadi wakil menteri perminyakan Arab Saudi dan selanjutnya pangeran Faisal menjadi gubernur provinsi Madinah. Raja Salman kemudian menikah lagi dengan seorang wanita yang bernama Sarah binti Faisal Al – Saud dari pernikahannya tersebut  lahir seorang putra yang bernama Pangeran Saud. Raja Salman juga diketahui mempunyai seorang  istri yang  bernama Fahda binti Falah yang kemudian memberi nya enam orang putra.

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan

Pada tanggal 5 oktober 2011, Raja Salman yang pada saat  itu masih menjadi pangeran di angkat menjadi Wakil Kedua Perdana Menteri serta juga  menjadi menteri pertahanan. Beliau  menggantikan saudaranya, yaitu putra mahkota kerajaan Arab Saudi Pangeran Sultan yang meninggal dunia  pada tahun 2011. Di hari yang sama juga , beliau  terpilih sebagai anggota dewan keamanan nasional Arab Saudi. Salman bin Abdulaziz dikenal sebagai seorang yang sangat mencintai perdamaian serta  lebih menyukai menjalin hubungan diplomatik. Beliau  menjadi pimpinan dewan keluarga kerajaan yang dikenal dengan nama “ The Descendants Council “  yang di bentuk oleh raja Fahd.

Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi

Pada tanggal 18 juni 2012, Salman bin Abdulaziz yang pada saat itu masih menjadi pangeran kemudian diangkat sebagai Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi tidak lama sesudah  kematian saudara nya Sabf putra mahkota Pangeran Nayef bin Abdulaziz. Pangeran Salman selanjutnya  diangkat sebagai  Wakil Pertama Perdana Menteri Arab Saudi lalu  kemudian pada bulan Agustus 2012, The Royal Court Saudi Arabia mengumumkan bahwa Pangeran Salman bertanggung jawab dalam hal urusan negara.

Baca Juga :   Biografi Dewi Sartika, Pahlawan Perintis Pendidikan Kaum Wanita

Sementara itu  raja Abdullah bertanggung jawab atas  urusan luar negeri Arab Saudi. Pada  bulan September, beliau kemudian di nobatkan menjadi  wakil ketua dewan Militer Arab Saudi. Pangeran Salman pada saat  itu dikenal sangat mendukung dan juga  mendorong Negara – negara muslim di timur tengah bisa membantu Negara – negara miskin seperti Somalia, Sudan, Bangladesh dan  Afganistan.

Raja Arab Saudi Ketujuh

Pada tanggal 23 januari 2015, Pangeran Salman resmi di nobatkan menjadi  Raja Arab Saudi Ketujuh yang menggantikan saudara tirinya yaitu  Raja Abdullah yang meninggal dunia  karena penyakit pneumonia. Setelah beliau  resmi di angkat menjadi  Raja Arab Saudi, Raja Salman  melakukan reformasi di segala bidang di negaranya Arab Saudi. Salah satunya adalah  dengan merombak kabinet pemerintahan di Arab Saudi, disamping itu beliau  juga melakukan reformasi sosial.

 

Baca Juga :