Orville and Wilbur Wright (Perncang Pesawat Pertama) – Biografi, Profil dan Kisahnya

Posted on

Biografi : Orville and Wilbur Wright – Perncang dan Penerbang Pesawat Pertama

Salah satu tokoh yang cukup terkenal pada masanya yaitu Wright bersaudara. Mereka dikenal banyak orang berkat penemuan pesawat mereka. Manusia yang dulunya tidak mampu berada di udara saat ini  sudah dapat  terbang melintasi angkasa. Hal yang dulunya dianggap mustahil kini sudah bisa terwujud.

Orville and Wilbur Wright (Perncang Pesawat Pertama)

Wright bersaudara terdiri atas Orville Wright dan Wilbur Wright. Orville Wright dilahirkan pada tanggal 19 Agustus 1871 dan meninggal dunia pada tanggal  30 Januari 1948.Sedangkan Wilbur Wright lahir pada tanggal 16 April 1867 dan meninggal dunia pada  tanggal 30 Mei 1912.

Mereka berdua adalah anak dari pendeta kristiani Milton Wright dan seorang ibu yang bernama Susan Catherine Wright.Mereka terdiri dari tujuh bersaudara yaitu Otis Wright, Lorin Wright, Reuchlin Wright, Katherine Wright, dan Ida Wright.

Sama seperti anak-anak  yang lainnya Wright bersaudara menghabiskan waktu masa kecilnya  mereka dengan bermain seperti kebanyakan anak sekolahan. Wright bersaudara hidup dengan berpindah- pindah dan akhirnya menetap di Lowa, Amerika Serikat.

Orville dan Wilbur mempunyai kegemarannya masing-masing. Orville senang mengumpulkan logam yang tidak terpakai untuk dijual, sedangkan Wilbur adalah orang yang senang berselancar.

Mereka sangat pandai menciptakan sesuatu yang bernilai jual. Orville menciptakan sebuah  layang-layang dan Wilbur menciptakan mesin pelipat koran. Ketertarikan mereka berdua terhadap penerbangan dimulai pada saat ayahnya membawa mainan yang  berupa “Helikopter”, atau dikenal juga denga gasing Cina.

Mainan tersebut dibuat dari gabus, bambu, kertas, dan karet gelang yang berfungsi sebagai penggerak rotornya. Mereka berdua sangat kagum disaat melihat mainan tersebut dapat terbang dengan sempurna di langit- langit rumahnya.

Baca Juga :   Wajib Diketahui, Ini Dia Biografi Lengkap Thomas Alva Edison-Tokoh Dunia Penemu Lampu Pijar

Dalam biografinya, diketahui bahwa mereka berdua sama – sama melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi akan tetapi tidak selesai.Orville bekerja sebagai penerbit koran West Side, sedangkan Wilbur bekerja sebagai editor dalam koran mingguan tersebut.

Semangat mereka muncul di tahun 1890 pada saat  melihat di majalah dan koran bagaimana Otto Lilienthal sang pelopor manusia terbang pertama yang terbang dengan glider buatannya di Jerman.

Dan ketika itu juga beliau tewas karena percobaannya. Karena artikel tersebutlah  Wright bersaudara ingin mengembangkan pesawat terbang buatan mereka sendiri.

Mereka juga memperoleh informasi di tahun 1896 bahwa Samuel Langley berhasil menerbangkan pesawat dengan tenaga uap tanpa awak.Dalam kisah Wright bersaudara tepatnya pada tahun 1899, ternyata Wilbur mengirim surat ke Smithsonian Institution untuk meminta informasi terkait dengan publikasi rancangan Aeronautika dari Chanute, Sir George Cayley, Leonardo Da Vinci, Lilienthal, dan Langley.

Sesudah memperoleh  rancangannya, ketika itu juga mereka mulai bereksperimen.Ada tiga pesawat terbang layang bersayap kembar yang dibuat dan ketiganya diuji di pantai Kitty Hawk, North Carolina. Dua pesawat gagal, dan pada pesawat yang ketiga sudah mengalami proses pengujian hingga 1000 kali penerbangan hingga benar-benar sukses diterbangkan.Sesudah itu mereka menambahkan mesin motor ringan pada pesawat buatan yang keempat, yang diberi nama Wright Flyer.

Tepatnya pada tanggal 17 Desember 1903 pukul 9.30 pagi (9.30 WIB malam di Indonesia) di cuaca yang mendung dan dingin mereka melakukan penerbangan pertama untuk pesawat udara berkendali sejauh 4 mil di sekitar wilayah bukit pasir di Kitty Hawk, Carolina Utara.Pesawat yang dikemudikan oleh Orville tersebut mengangkasa selama 12 detik dengan jarak 37 meter dari permukaan tanah.

Baca Juga :   Biografi Charles Babbage – Penemu komputer Pertama

Penerbangan tersebut dikenal sebagai penerbangan pesawat pertama dalam sejarah.Bahkan pesawat Wright Flyer yang asli atau yang sekarang lebih populer dikenal dengan “Kitty Hawk” ini disimpan dalam Museum Dirgantara di Washington DC, Amerika Serikat.

Dalam kisah ini dijelaskan bahwa eksperimen untuk dapat menerbangkan pesawat  tersebut dilakukan hingga 1000 kali percobaan.Bayangkan saja jika mereka berhenti di percobaan yang ke 999, mungkin sampai saat ini kita belum mengenal yang namanya pesawat terbang.

Baca Juga :