√ Biografi Nelson Mandela │ Peraih Nobel Perdamaian

Posted on

√ Biografi Nelson Mandela │ Peraih Nobel Perdamaian

Nelson Mandela – Beliau dikenal sebagai salah satu tokoh perdamaian yang paling terkenal di dunia yang berasal dari Afrika Selatan. Nelson Mandela juga di kenal sebagai seorang  pejuang kemerdekaan melalui kegiatan anti Apartheidnya yang terkenal. Beliau  juga adalah  tokoh peraih Nobel Perdamaian.

Biodata Nelson Mandela

Nama  :Nelson Rolihlahla Mandela
Tempat, tanggal lahir :Mvezo, Afrika Selatan , 18 Juli 1918
Wafat :Johannesburg , Afrika Selatan 5 Desember 2013
Orangtua :Gadla Henry Mphakanyiswa ( Ayah ), Noqaphi Nosekeni ( Ibu )
Istri : Evelyn Mase ( 1944 – 1958 ), Winnie Mandela ( 1958 – 1996 ), Graca Machel ( 1998 – 2013 )
Anak :
  • Makaziwe Mandela
  •  Zenani Mandela – Dlamini
  •  Zindzi Mandela
  •  Makgatho Mandela
  •  Madiba Thembekile Mandela

Biografi Nelson Mandela

Beliau mempunyai nama lengkap  Nelson Rolihlahla Mandela. Beliau dilahirkan  pada tanggal 18 Juli 1918 di Mvezo, dan meninggal pada tanggal 05 Desember 2013. Ayah beliau  bernama Gadla Henry Mphakanyiswa dan ibunya bernama Noqaphi Nosekeni. Diketahui bahwa  masa kecil beliau  di habiskan di Thembu. Beliau  kemudian pindah ke Qunu hingga  berumur 9 tahun.

Nelson Mandela Muda

Beliau adalah  anak yang pertama dari keluarga nya yang mengikuti sekolah. Beliau  juga memperoleh  nama Nelson dari gurunya yang merupakan seorang Metodis. Pada umur 16 tahun, beliau  masuk Clarkebury Boarding Institute dan mempelajari kebudayaan barat. Pada tahun  1934, Nelson Mandela memulai program B.A. di Fort Hare University. Disana beliau  bertemu Oliver Tambo yang kemudian menjadi teman serta koleganya yang setia.

Baca Juga :   Biografi Bunda Teresa

Sesudah  menentang kebijakan universitas dan di minta keluar. Nelson Mandela selanjutnya pindah ke Johannesburg dan melanjutkan kuliah nya di University of South Africa setelah mengambil hukum di University of the Witswatersrand.

 

Menjadi Aktifis Dan Dipenjara

Sebagai seorang  Aktivis, Nelson Mandela mengikuti African National Congress ( ANC ) sejak  tahun 1942. Karena kegiatan nya yang Antiapartheid, beliau lalu  menjalani berbagai masa hukuman. Pada tanggal  5 Agustus 1962, polisi kemudian menangkap Nelson Mandela dengan tuduhan telah menghasut mogok buruh dan ke luar negeri tanpa izin. Beliau lalu  kemudian di penjara di Marshall Square, Johannesburg.

Selanjutnya  pada tanggal  25 Oktober 1962, beliau  di jatuhi hukuman selama  5 tahun penjara dan pada tanggal 12 Juni 1964. Nelson Mandela serta  sekelompok aktivis yang lain nya di jatuhi hukuman penjara seumur hidup. Nelson Mandela lalu  kemudian di pindahkan dari ke penjara di pulau Robben. Beliau  di kurung di sana selama 18 tahun. Selanjutnya  pada bulan April 1982, beliau kemudian  selanjutnya di pindahkan ke penjara Polsmoors di Cape Town bersama dengan sejumlah pemimpin senior ANC seperti Walter Sisulu, Andrew Mlangeni, Ahmed Kathrada, dan  Raymond Mhlaba.

Selama berada di penjara, Nelson Mandela sering sakit-sakitan dan beberapa kali di operasi. Setelah sembuh dari penyakit TBC yang beliau  derita pada bulan Desember 1988, beliau  di pindahkan ke penjara Victor Persters yang berada  di dekat wilayah Paarl. Di Paarl, beliau  di ketahui tinggal di sebuah rumah sipir yang lebih nyaman dengan koki pribadi. Beliau juga memanfaatkan nya untuk menyelesaikan studi LLB – nya. Beliau tinggal di penjara hingga  di bebaskan pada tanggal 11 Februari 1990.

Baca Juga :   Ibnu Sina – Inilah Biografi Sang Ilmuan Islam Dan Bapak Kedokteran Modern

Pembebasan tersebut  atas perintah Presiden Frederik Willem de Klerk setelah di tekan oleh seluruh dunia. Mandela dan de Klerk memperoleh  hadiah Nobel Perdamaian pada tahun  1993.

Menjadi Presiden Afrika Selatan

Nelson Mandela menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan dalam masa sekitar 5 tahun yaitu pada Mei 1994  hingga  Juni 1999 setelah memenangkan Pemilu serta  menjadi presiden kulit hitam pertama dengan de Klerk sebagai Deputi presiden.

Masalah AIDS menjadi sumber kekecewaan orang – orang dan juga penyesalan Mandela karena dalam masa pemerintahannya, beliau  kurang memperhatikan masalah ini. Anaknya yang bernama Makgatho, meninggal karena  terkena AIDS pada tanggal 6 Januari 2005.

Nelson Mandela Wafat

Nelson Mandela, pemimpin anti – apartheid dan juga presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan, meninggal dunia pada hari Kamis tanggal 05 Desember 2013. Beliau  tutup usia dalam usia 95 tahun. Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengumumkan kematian Nelson Mandela. Aktivis kemerdekaan Afrika hampir tiga dasawarsa di penjara dalam perjuangan untuk mengakhiri pemerintahan minoritas kulit putih dan juga diskriminasi terhadap warga kulit hitam yang ada di Afrika Selatan.

 

Baca Juga :