Biografi Najwa Shihab – Presenter Mata Najwa

Posted on

Biografi Najwa Shihab – Presenter Mata Najwa

Najwa Shihab  –  Nama wanita yang satu ini dikenal oleh masyarakat sebagai presenter atau pembawa acara “  Mata Najwa “  yang di tayangkan  di Stasiun televisi Trans 7 setelah sebelumnya lama tayang di Metro TV. Masyarakat mengenal sosok wanita yang satu ini  sebagai salah satu presenter yang cerdas di Televisi yang  telah  mewawancarai banyak tokoh – tokoh terkena yang ada l di Indonesia. Berikut ini adalah Biodata, Profil dan Biografi Najwa Shihab.

Biodata Najwa Shihab

Nama Lengkap :Najwa Shihab
Nama Panggilan :Nana
Tempat, tanggal lahir :Makassar , 16 September 1977
Agama :Islam
Orangtua :Quraish Shihab ( Ayah ), Fatmawati Assegaf ( Ibu )
Saudara :Nahla Shihab , Najelaa Shihab, Nasywa Shihab
Suami :Ibrahim Sjarief Assegaf
Anak :Namia, Izzat Assegaf
Profesi :Presenter TV

Biografi Najwa Shihab

Najwa  Shihab  dalam kesehariannya,  biasa dipanggil Nana. Ia lahir pada tanggal 16 September 1977 di Makassar . Dia adalah  putri kedua dari seorang tokoh terkenal yang  bernama Prof. Dr. Quraish Shihab yaitu  seorang cendekiawan muslim Indonesia. Ibu  Najwa Shihab bernama Fatmawati Assegaf. Najwa Shihab mempunyai  empat orang saudara.

Riwayat Masa Kecil

Najwa Shihab memulai  pendidikan dasarnya di sekolah dasar Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah. Selanjutnya  ia melanjutkan pendidikannya di SMP Al – Ikhlas yang berada  di wilayah Jakarta Selatan.

Baca Juga :   Biografi Jendral D.I. Panjaitan – Kisah Pahlawan Revolusi

Selesai dari  SMP, Najwa Shihab masuk ke SMA Negeri 6 Jakarta Selatan. Pada saat  di Sekolah Menengah Atas  ( SMA ), Najwa Shihab terpilih sebagai siswa yang berangkat ke Amerika selama satu tahun dalam program bernama AFS yang di kelola oleh Yayasan Bina Antarbudaya .

Kuliah di Fakultas Hukum UI

Selanjutnya saat memasuki perguruan tinggi, Najwa Shihab kuliah di Universitas Indonesia ia mengambil jurusan Ilmu Hukum serta  menjadi alumni pada tahun 2000. Meskipun  lulus sebagai seorang Sarjana Hukum, Najwa Shihab lebih memilih untuk terjun ke dunia jurnalistik daripada menjadi seorang pengacara.

Menjadi Jurnalis

Tidakah mengherankan jika  ia kemudian bergabung dengan Metro TV yaitu salah satu Stasiun Televisi Indonesia guna  mengasah kemampuan nya pada bidang jurnalistik. Najwa  di anugrahi penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Pusat mengenai  laporan – laporan yang diberikannya  saat  menjadi repoter bencana Tsunami di Aceh.

Najwa Shihab adalah seorang  reporter pertama yang berhasil melaporkan kondisi sesudah  Tsunami menerjang Aceh, dari laporan atau liputannya tersebut , di nilai memberikan andil yang sangat berarti dalam hal berkembang nya rasa  kepedulian serta  rasa empati masyarakat yang luas terhadap tragedi Tsunami tersebut yang banyak memakan korban jiwa.

Meliput Tsunami Aceh

Pada saat Tsunami Aceh terjadi, Najwa Shibab memberitakan secara emosional betapa  begitu dahsyatnya Tsunami Aceh serta  menyebut bahwa pemerintah kurang sigap dalam menghadapi bencana alam  tersebut.  Meskipun pada saat itu  yang menjabat sebagai  Menko Kesra saat bencana tersebut terjadi merupakan paman nya sendiri yaitu Alwi Shihab sehingga menurut  pakar Komunikasi UI saat itu yaitu Effendi Ghazali menyebut sebagai fenomena Shihab vs Shihab .

Penghargaan Najwa Shihab

Dalam Biografi Najwa Shihab diketahui bahwa pada tahun 2006, Najwa Shihab mendapatkan predikat sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV, lalu selanjutnya ia berhasil masuk sebagai nominasi Pembaca Berita di ajang Terbaik Panasonic Awards.

Baca Juga :   Biografi Thariq bin Ziyad Sang Panglima Islam Penakluk Spanyol

Pada tahun yang sama juga , bersama dengan  sejumlah wartawan dari banyak negara, Najwa Shihab terpilih untuk menjadi salah satu peserta Senior Journalist Seminar yang di adakan di sejumlah kota di Amerika Serikat, ia juga  menjadi seorang pembicara pada  Konvensi Asian American Journalist Association. Penghargaan yang di raihnya  sebagai seorang jurnalis profesioanl tidak hanya pada level nasional saja namun  juga pada level interasional, yaitu ketika ia berhasil masuk dalam nominasi Asian Television Awards untuk kategori Best Current Affairs / Talkshow presenter.

Pada  tahun 2008 lalu, Najwa Shihab terus memperdalam ilmunya dengan mengambil konsentrasi Hukum Media di Melbourne Law School Australia , dan dia  berhasil meraih Full Scholarship for Australian Leadership Awards. Walaupun berlatar belakang  lulusan Ilmu Hukum, namun Najwa Shihab lebih tertarik pada dunia Jurnalistik.

Presenter Mata Najwa

Najwa Shihab adalah seorang  wartawan wanita yang telah mewawancarai hampir semua tokoh – tokoh politik nasional melalui program Mata Najwa yang dibawakannya dan  disiarkan di stasiun televisi Metro TV. Di samping  itu, Najwa Shihab yang dikenal sebagai presenter yang cerdas tersebut , juga  merupakan orang yang pertama kali  yang mewawancarai presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada saat SBY selesai pelantikan.

Sampai  saat ini Najwa Shihab masih aktif sebagai seorang jurnalis. Najwa  juga rajin menghasilkan konten – konten jurnalistik seperti mewawancarai para tokoh – tokoh yang ada di Indonesia, membuat berita investigasi yang selanjutnya ia tayangkan di channel Youtube Mata Najwa milik nya . Najwa Shihab sempat vakum dari televisi, lalu ia  kembali hadir lewat Mata Najwa yang sekarang  ditayangkan di statsiun TV Trans7.

Keluarga Najwa Shihab

Najwa Shihab di ketahui menikah dengan seorang pria yang  bernama Ibrahim Sjarief Assegaf pada tahun 1997. Dari pernikahan nya tersebut, Najwa Shihab dikaruniai  dua orang anak yang bernama Namia dan Izzat Ibrahim.

Baca Juga :   Biodata Dan Profil Lengkap Nissa Sabyan Beserta Foto Terbaru

 

Baca Juga :