Biografi Mark Zuckerberg – Kisah Sang Pendiri Facebook

Posted on

Biografi Mark Zuckerberg – Kisah Sang Pendiri Facebook

Nama Lengkap :Mark Elliot Zuckerberg
Dikenal :Mark Zuckerberg
Temapt , tanggal lahir : White Plans , New Youre , Amerika , 14 Mei 1984
Istri :Priscilla Chan
Anak :Maxima Zuckerberg, August Chan Zuckerberg
Pendidikan :Universitas Harvard ( 2002 – 2004 )
Jumlah kekayaan :70, 9 Miliar USD ( 2017 ) Forbes

Mark Zuckerberg mempunyai nama lengkap  Mark Elliot Zuckerberg. Mark Zuckerberg lahir pada tanggal  14 Mei 1984 di kawasan Dobbs Ferry, Westchester Country, New York.  Beliau   adalah  anak dari pasangan Edward Zuckerberg  yang merupakan  seorang dokter gigi dan ibunya Karen Zuckerberg seorang psikolog.  Beliau merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Sejak kecil, Zuckerberg memang suka sekali mengutak – atik komputer, mencoba berbagai program komputer serta  belajar membuatnya. Ayahnya sendiri membekali Zuckerberg  dengan komputer sejak beliau  berusia 8 tahun. Beranjak remaja Zuckerberg menjadi seorang programmer komputer yang cerdas.

 

Asal Mula Facebook

Mark Zuckerberg adalah anggota  dari Alpha Epsilon Pi, pada awalnya Zuckerberg hanya seorang mahasiswa di Universitas Harvard.  Beliau kemudian mencoba membuat suatu sistem jejaring sosial untuk kelasnya. Namun  setelah  beliau  membuat sistem tersebut, ternyata semakin banyak saja orang yang mau tergabung di dalamnya. Sehingga sistem tersebut lama – lama telah menjaring universitas terdekat dari tempat kuliahnya dan ini merupakan  awal dari Facebook yang sekarang i kita kenal.

Dari situasi ini Zuckerberg mempunyai  inisiatif untuk  dapat  mengembangkan sistem jejaring tersebut, awal mulanya Zuckerberg mengembangkan sistem ini dan memberikan nama Facebook. Zuckerberg bersama teman – temannya sela njutnya  menyewa tempat di Palo Alto, California sebagai lokasi untuk mengembangkan Facebook. Dikarenakan keasyikan untuk mengembangkan proyek Facebook hingga Zuckerberg lupa dengan kuliahnya.  Beliau pun dihadapkan pada pilihan yang sangat sulit, yaitu antara memilih pendidikannya atau berbisnis proyek yang sedang  beliau  kembangkan.

Baca Juga :   Biografi Iko Uwais  - Aktor Indonesia, Dari Supir Hingga Bintang Hollywood

Memilih Drop – Out dan Fokus Pada Facebook

Dengan sikap optimis yang tinggi pada akhirnya Zuckerberg bersama temannya lebih memilih untuk meninggalkan kuliahnya dan berfokus pada proyek Facebook tersebut. Dulu , saat  di sekolah menengah Philips Exeter Academy,  beliau  bersama temannya, D ’ Angelo membuat plug in untuk MP3 Player Winamp. Plug in tersebut  merupakan  program PC atau komputer yang dapat berinteraksi dengan Aplikasi host, seperti halnya website browser atau pun email untuk kebutuhan  tertentu.

 Pada saat  melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi, keduanya terpisah, D ’ Angelo masuk Caltech sementara itu Zuckerberg sendiri masuk Harvard. Disinilah  beliau  menemukan ide membuat buku direktori mahasiswa online karena  universitasnya tidak membagikan face book pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka. Namun ,  tiap kali  beliau  tawarkan diri membuat direktori tersebut, Harvard selalu menolaknya.

 Course Match

Meslipin  ditolak beliau  selalu mencari cara untuk  da[at  mewujudkannya tanpa menyerah. Proyek pertamanya adalah CourseMatch yang memungkinkan teman sekelasnya bisa berkomunikasi satu sama lain di website tersebut. Pada suatu malam di tahun kedua  beliau  kuliah di Harvard,  beliau  menyabut data mahasiswa Harvard lalu  memasukkan dalam website yang  beliau  buat, yaitu  Facemash. Karena dianggap mencuri data, Zuckerberg akhirnya di perkarakan. Namun  meskipun demikian  beliau  tidak menyesali tindakannya tersebut. Justru  beliau membuat website terbaru yaitu  Facebook. Website ini di dirikan pada tahun 2004. Facebook adalah penyempurnaan dari Facemash. Sasarannya tetap sebagai tempat pertemuan sesama mahasiswa di Harvard.  Sebagai pendiri Facebook, Mark Zuckerberg memberikan penjelasan dalam websitenya tersebut bahwa Facebook merupakan salah satu alat sosial untuk membantu seseorang berkomunikasi agar lebih efisien dengan teman, keluarga,  ataupun  rekan kerjanya.

Baca Juga :   Biografi Pythagoras – Sang Matematikawan Penemu Teorema Pythagoras

Tidak hanya itu, Facebook juga menawarkan navigasi yang mudah  untuk digunakan  bagi para penggunanya. Setiap pemilik akun mempunyai  ruang untuk memajang foto pribadi, teman – temannya, network, dan juga melakukan hal lain seperti berkirim pesan dan  yang lain – lain. Luar biasanya lagi, sampai saat ini pengguna Facebook yang di dirikan oleh Mark Zuckerberg ini sangat banyak dan terus bertambah setiap waktu.

Baca Juga :