JK Rowling – Biografi, Profil dan Karyanya

Posted on

Biografi JK Rowling

Joanne Kathleen Rowling atau yang lebih dikenal dengan J.K Rowling adalah seorang tokoh yang tidak asing lagi bagi para penggemar novel dan film serial Harry Potter. J.K Rowling meru[akan seorang  penulis novel terkenal Harry Potter yang bahkan telah  di angkat ke layar lebar sebagai Film Mega Box Office. Dan karena karyanya itulah ia di nobatkan sebagai seorang penulis terkaya saat ini.

JK Rowling - Biografi, Profil dan Karyanya

J.K Rowling lahir di Yate, Gloecestershire Utara, Inggris pada tanggal 31 Juli 1965. Dimasa kecilnya, J.K Rowling sudah  dikelilingi oleh buku – buku. Kecintaannya terhadap buku di turunkan dari kebiasaan ayah dan ibunya yang juga gemar membaca buku.  Bahkan sejak Sekolah Dasar ( SD ) J.K Rowling sudah bercita – cita menjadi  seorang penulis.

Bakat menulisnya sudah timbul di usia 6 tahun disaat  ia berhasil menulis sebuah buku cerita anak mengenai  kisah kelinci. Menginjak usia 11 tahun ia sudah  menulis berbagai buku cerita menarik. J.K Rowling kuliah di Universitas Exeter, Inggris jurusan Bahasa Perancis.

Sesudah  menyelesaikan studinya, ia memutuskan untuk berangkat ke Portugal untuk mengajar bahasa Inggris.  Dan disana pula ia mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi seorang  wartawan Portugis, Jorge Arantes. Ia dikaruniai seorang putri pada tahun 1993 yang diberi nama Jessica. Pernikahannya tidak berlangsung lama karena  kandas di tengah jalan.

Setelah perceraian tersebut J.K Rowling memutuskan untuk pindah ke Edinburgh. Dan dikota ini juga  ia dilanda kesulitan ekonomi. Ketika mengalami kesulitan inilah J.K Rowling kemudian melanjutkan tulisannya yang dahulu sempat tertunda.  Ide mengenai  Harry Potter itu sendiri muncul pada tahun 1990 disaat  J.K Rowling menaiki kereta api dari Manchester ke London.

Baca Juga :   Ariel Tatum - Biografi dan Profil, Perjalanan Karier

Pada saat  tiba di Edinburgh Ia sudah  menyelesaikan 3 bab Harry Potter dan Batu Bertuah. Setelah melalui beberapa kali penolakan, J.K Rowling akhirnya dapat memasarkan buku Harry Potter dan Batu Bertuahnya ke penerbit Bloomsburry.  Buku ini menjadi salah satu buku terlaris di pasaran pada tahun 1997 dan bahkan di terjemahkan ke berbagai bahasa.

Di musim panas tahun 2000 terdpat  tiga buah  buku Harry Potter yang dirilis yaitu Harry Potter dan Kamar Rahasia, Harry Potter dan Batu Bertuah, serta Harry Potter dan Tawanan Azkaban. Buku tersebut sudah  menghasilkan 480 juta dollar Amerika Serikat hanya dalam waktu 3 tahun. Buku tersebut  dicetak lebih dari 35 juta eksemplar yang terdiri dari 35 bahasa.

Harry Potter dan Piala Api adalah buku keempat yang dicetak sebanyak 5,3 juta eksemplar dengan tambahan pesanan 1,8 juta eksemplar.  Rowling dikenal sebagai seorang wanita terkaya di Britania. Meskipun  demikian, ia berniat untuk menulis 7 buku untuk serial Harry Potter. Buku kelima di rilis pada bulan Juni 2003 dengan judul Harry Potter and Orde Phoenix sesudah  sempat mengalami penundaan.

Buku keenam diluncurkan serentak di seluruh dunia pada tanggal 16 Juli 2005 dengan judul Harry Potter dan Pangeran Darah Campuran.  Buku keenam ini menjadi buku pertama dalam sejarah yang terjual  hingga  6,9 juta eksemplar hanya dalam waktu 24 jam.

Seri terakhir dari Harry Potter atau buku ketujuhnya “  Harry Potter dan Relikui Kematian ” di terbitkan pada bulan Juli 2007. Dalam peluncurannya kembali mencatat sejarah sebagai buku yang laku terjual 11 juta eksemplar hanya  dalam waktu 24 jam sesudah  peluncurannnya.

Novel Harry Potter sangat laris di pasaran dan terjual  hingga 450 juta copy di seluruh dunia. Bahkan di angkat menjadi film layar lebar oleh Warner Bros.  Dalam hal ini film Harry Potter dinobatkan sebagai film serial tersukses sepanjang masa. Meskipun sudah  sukses dengan serial Harry Potternya, Rowling tidak berhenti sampai disitu. Ia tetap menulis novel menarik  yang lainnya seperti The Casual Vacancy, The Tales of Beedle, The Bard, dan Cuckoo’s Calling.

Baca Juga :   Biografi Ahmad Sahroni - Crazy Rich Tanjung Priok

Baca Juga :