Biografi Jeff Bezos – Kisah Sukses Sang  Pendiri Amazon.com

Posted on

Biografi Jeff Bezos – Kisah Sukses Sang  Pendiri Amazon.com

Jeff Bezos – pada  awal tahun 2018, Jeff Bezos baru saja dinobatkan  sebagai orang terkaya di dunia. Kekayaannya tersebut mampu mengalahkan Bill Gates yang sudah bertahun – tahun berada  di posisi pertama orang paling kaya di dunia. Jeff Bezos dikenal sebagai seorang Pendiri  dan sekaligus CEO dari Amazon.com yang merupakan toko online terbesar dan tersukses di dunia.

Biodata Jeff Bezos

Nama Lengkap :Jeffrey “ Jeff “ Preston Bezos
Dikenal :Jeff Bezos
Tempat, tanggal lahir :New Mexico , Amerika Serikat , 12 Januari 1964
Orangtua :Ted Jorgensen ( Ayah ), Jacklyn Bezos ( Ibu )
Istri :MacKenzie Bezos
Profesi :Pendiri dan CEO Amazon.Com
Kekayaan :143.1 Miliar Dollar AS ( 2.075 Triliun Rupiah ) ( Majalah Forbes , 2018 )

Riwayat Masa Kecil

Beliau lahir dengan nama lengkap  Jeffrey “ Jeff ” Preston Bezos atau yang dikenal dengan sebagai  Jeff Bezos. Beliau  dilahirkan di Albuquerque , New Mexico , Ameriak Serikat , pada tanggal 12 Januari 1964 saat ibunya , Jacklyn Bezos masih remaja. Pernikahan ibunya dengan ayahnya yang bernama Ted Jorgensen hanya berlangsung tidak lebih dari 2 tahun saja . Ayah tiri Bezos, Miguel Bezos, adalah  warga negara Kuba yang bermigrasi ke AS ketika  usia 15 tahun yang  bekerja sambil kuliah di Universitas Albuquerque. Setelah pernikahan tersebut , mereka pindah ke Houston, Texas dan Miguel menjadi seorang insinyur untuk Exxon. Saat masih kecil, Jeff Bezos sudah  menunjukkan bakat mekanik yang mencolok.

Ketika balita, Jeff Bezos sudah  berusaha untuk membongkar tempat tidurnya dengan obeng. Kemudian , Jeff Bezos mulai mendalami ketertarikannya di  dunia sains, seperti memasang alarm listrik yang digunakan  untuk menjaga adik – adik nya apabila  keluar dari kamar dan juga untuk menjaga privasinya. Setiap musim panas, Jeff Bezos  sering menghabiskan waktunya dengan tinggal di peternakan milik kakeknya, yangmana Jeff Bezos selalu memperbaiki kincir angin dan juga traktor yang biasa digunakan untuk  berternak.

Baca Juga :   Ini Dia, Biografi Bob Sadino – Pengusaha Sukses Dari Indonesia

Saat  memasuki bangku SMA Jeff Bezos mengikuti sebuah program pelatihan sains di University of Florida yang membuatnya menerima Silver Knight Award pada tahun 1982. Setelah lulus SMA,  Jeff Bezos berencana untuk mendalami ilmu fisika dengan kuliah di Princeton University yang dalam perjalanannya Jeff Bezos justru kembali tertarik dengan komputer elektro hingga pada  akhirnya Jeff Bezos lulus dengan gelar di bidang Computer Science and Electrical Engineering.

Bekerja di Wall Street

Setelah  lulus dari Pricenton, Jeff bekerja di Wall Street pada  bidang ilmu komputer. Kemudian  ketika mendapatkan gelar pascasarjana, Jeff Bezos bekerja dengan membangun jaringan perdagangan internasional untuk sebuah perusahaan yang dikenal dengan Fitel. Disanalah semangat kewirausahaan nya mulai muncul, namun  Jeff Bezos tidak terburu – buru  untuk memulai bisnisnya sendiri. Dua tahun kemudian, Jeff Bezos pindah ke Bankers Trust lalu  bertanggungjawab untuk mengembangkan aplikasi software untuk nasabah dana pensiun.

Inspirasi untuk bekerja  dengan mandiri selanjutnya datang saat  Jeff Bezos bekerja sebuah perusahaan finansial DE Shaw Company yangmana  Jeff Bezos di percaya oleh David Shaw, pendiri perusahaan tersebut, untuk menjabat sebagai Senior Vice President.

Mendirikan Toko Online Amazon

Pada tahun 1995, Jeff Bezos mulai mendirikan Amazon.com sebagai toko buku online yang di jalankannya dari garasi rumahnya di Seattle, Washington. Jeff Bezos sebelumnya sudah  melakukan penelitian dengan membuat daftar 20 perusahaan mail – order teratas serta  mengamati bahwa tidak ada penerbit buku yang mempunyai  mail – order karena membuat katalog yang komprehensif akan membutuhkan ribuan halaman dan juga  akan memakan biaya yang  besar apabila  melakukan penawaran lewat email. Jeff Bezos percaya bahwa perusahaan yang berbasis internet akan mempunyai  kemampuan untuk menawarkan pilihan yang  lebih luas secara dan juga  substansial kepada para  konsumen di masa depan.

Baca Juga :   Biografi Pythagoras – Sang Matematikawan Penemu Teorema Pythagoras

Setelah melakukan studi tersebut , Jeff Bezos rajin dalam menghadiri konvensi tahunan American Bookseller’s Associaton guna  melakukan lobi – lobi dengan beberapa penjual buku. Ketika  menjalankan bisnis ini, kedua orangtua Bezos mendukungnya dengan menginvestasi kan tabungan pensiunnya yang  sebesar US$ 300 ribu. Mereka seperti nya mengetahui, bahwa dana sebesar itu akan mampu  mengantarkan anak mereka menjadi seorang miliarder dunia. Sebelum memutuskan nama Amazon, sebenarnya Bezos telah memilih nama Abrakadabra.

Akan tetapi  tampaknya Jeff Bezos lebih menyukai nama Amazon karena beliau terpukau dengan kemegahan sungai yang berada di Brazil tersebut. Pada bulan Juni 1999 situs web Amazon.com mulai diuji coba dan pada yanggal 16 Juli 1999 serta  mulai melayani konsumen di setiap negara bagian bahkan  merambah 45 negara lain.

Dari Toko Buku Online Menjadi Toko Online Raksasa di Dunia

Selanjutnya, Amazon.com menjadi berita di berbagai mediaserta  sebagai akibat dari publisitasnya berhasil  meningkat dengan cepat, Bezos pada akhirnya mempunyai  kantor operasional dan 6 gudang untuk inventaris buku. Setelah culup  lama berfokus dalam bidang menjual buku secara online, Amazon.com milik Jeff Bezos sekarang  merambah usaha penjualan produk – produk yang lain bukan hanya buku saja. Perlahan namun  pasti Amazon.com berubah dari situs ecommerce yang awal nya kecil menjadi ecommerce raksasa yang menyediakan ratusan ribu berbagai  produk secara online yang melayani pemesanan hingga ke seluruh dunia.

Menjadi Orang Kaya Baru

Naluri bisnis dari sosok Bezos tidak meleset, Amazon.com terus berkembang, bahkan di setiap tahunnya Jeff Bezos selalu berada pada  rangking orang terkaya dunia, walaupun  selalu dalam kondisi yang  fluktuatif.

Seperti , pada tahun 1999 Jeff Bezos masuk ke dalam peringkat 19 dengan kekayaan sebesar US$ 10,1 Miliar, namun sebaliknya pada  tahun 2002 Jeff Bezos terpuruk hingga  di peringkat 293 dengan kekayaan sebesar  US$ 1,5 Miliar. Pada  tahun 2007, Jeff Bezos kembali memperbaiki statusnya tersebut dengan  menjadi peringkat 35 dengan kekayaan sebesar US$ 8,7 Miliar. Sebagian besar kekayaan Bezos berasal dari kepemilikan sahamnya  di Amazon.com.

Baca Juga :   Biografi Jack Ma - Orang Terkaya di China Dan Pendiri Alibaba.com

Pada tahun 1998, Jeff Bezos mempunyai  41% saham Amazon.com, akan tetapi  jumlahnya berkurang menjadi 24,26%  atau sekitar 100 juta lembar saham pada tahun 2006. Gajinya pun tidak pernah naik sejak tahun 1998, yaitu hanya  sebesar US$ 81.840 pertahun dan ditambah tunjangan sebesar US$ 1,1 juta. Kekayaan yang dimilikinya tersebut  sekarang tentunya sebagai buah atas  keberanian dan juga  kreativitasnya dalam mencari peluang bisnis secara mendiri.

Saat akan memulai Amazon.com, Jeff Bezos membayangkan, apabila  tidak mendirikan perusahaan ini, maka pada usia 80 tahun Jeff Bezos akan menyesal karena telah kehilangan 6 digit bonus natal.

20 tahun lalu Amazon.com yang dulu hanyalah  menjual buku – buku melalui internet sekarang  sukses menjadi salah satu raksasa e – commerce di dunia dengan menjual berbagai jenis barang. Dai tahun ke tahun pendapatan yang diperoleh  amazon.com terus berkembang. Yang  menjadikan kekayaan Jeff Bezos menjadi naik berlipat – lipat.

Sektor Bisnis Jeff Bezos

Setelah beliau sukses menjadikan Amazon sebagai toko online terbesar di dunia, sektor bisnisnyapun  juga merambah ke hal lainnya. Jeff Bezos juga memiliki  sebuah perusahaan jasa penerbangan manusia ke luar angkasa  “ Blue Origin “.  Beliau  juga mengakuisisi perusahaan media “ Washington Post “  serta mempunyai  usaha ekspedisi yang  bernama Bezos Expeditions.

Menjadi Orang Terkaya Di Dunia

Dalam Biografi Jeff Bezos diketahui bahwa total kekayaan yang dimiliki Jeff Bezos saat ini yaitu sekitar 86.7 Miliar Dollar pada tahun 2017 atau setara dengan  1.156 Triliun rupiah. Total kekayaan yang dimiliki Bezos  tersebut menjadikan posisi Jeff Bezos berada  pada peringkat kedua setelah  Bill Gates dalam daftar orang terkaya di dunia. Dan pada  awal tahun 2018, Harta kekayaan Jeff Bezos meningkat pesat seiring dengan naiknya harga saham Amazon. Hal tersebut  membuat beliau  berhasil menggeser Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia.

Baca Juga :