Categories
ILMUAN PENEMU

Biografi James Watt – Penemu Mesin Uap

Biografi James Watt – Penemu Mesin Uap

James Watt adalah seorang penemu serta  insinyur mekanik Skotlandia yang memberikan perbaikan atau kamajuan pada mesin uap Newcomen, mesin atmosfir yang di temukan oleh Thomas Newcomenpada tahun 1712, kemajuan yang diberikan Watt ini memberikan sebuah  perubahan Revolusi Industri baik di Inggris maupun di seluruh dunia.

James Watt lahir di Greenock , Renfrewshire, Skotlandia pada tanggal 19 Januari 1736 . pada  saat bekerja sebagai seorang pembuat instrumen di Universitas Glasgow, Watt menjadi tertarik pada teknologi mesin uap.  Beliau menyadari bahwa desain mesin kontemporer membuang banyak energi dengan berulang kalinya pengulangan pendingin dan juga  pemanasan silinder. Watt memperkenalkan desain perangkat tambahan, kondensor yang  terpisah, yang mampu menghindari pemborosan energi serta dapat  meningkatkan secara radikal kekuatan dan  juga efisiensi mesin uap. Hingga pada akhirnya beliau  mengadaptasi mesin untuk menghasilkan gerakan berputar, sangat memperluas penggunaannya dalam menjangkau pemompaan air.

Watt berusaha untuk mengkomersilkan penemuannya tersebut , akan tetapi mengalami kesulitan besar dalam keuangan hingga beliau  mencari kemitraan dengan Matthew Boulton pada tahun 1775. Perusahaan baru Boulton dan Watt akhirnya sangat sukses dan berhadip membuat Watt menjadi orang kaya. Di masa pensiunnya, Watt terus mengembangkan penemuan baru meskipun tidak ada yang signifikan dalam kerja mesin uapnya. Watt meninggal dunia pada  tahun 1819 ketika berusia 83, Watt telah digambarkan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah manusia. Beliau  mengembangkan konsep tenaga kuda dan juga unit daya tenaga SI, yang diberi nama menurut namanya yaitu watt.

Baca Juga :