Biografi Iko Uwais  – Aktor Indonesia, Dari Supir Hingga Bintang Hollywood

Posted on

Biografi Iko Uwais  – Aktor – Aktor Indonesia, Dari Supir Hingga Bintang Hollywood

Masyarakat Indonesia tentunya sudah mengenal sosok yang satu ini, nama Iko Uwais ramai di perbincangkan sebagai salah satu aktor yang mampu membawa nama Indonesia sekaligus memperkenalkan bela diri pencak silat di dunia internasional khususnya Hollywood. Iko menjadi sangat terkenal saat ia membintangi sebuah film laga The Raid dan The Raid II Yang sukses di Hollywood.

 

Biodata Iko Uwais

Nama Lengkap :Uwais Qorny
Nama Panggung :Iko Uwais
Tempat, tanggal lahir :Jakarta, 12 Februari 1983
Agama :Islam
Orangtua :Mustapha Kamaluddin ( Ayah ) , Maisyaroh Kamaluddin ( Ibu )
Istri :Audy Item
Pekerjaan :Aktor, Koreografer, Atlet
Film :
  • Merantau ( 2009 )
  • The Raid ( 2012 )
  • Man of Thai Chi ( 2013 )
  • The Raid 2 : Berandal ( 2014 )
  • Star Wars : The Force Awakens ( 2015 )
  • Headshot ( 2016 )
  • Beyond Skyline ( 2017 )
  • The Night Comes for Us ( 2018 )
  • Triple Threat ( 2018 )
  • Mile 22 ( 2018 )

 

Sebelum menjadi seorang aktor yang terkenal di Hollywood , Iko Uwais ternyata pernah bekerja sebagai seorang supir truk untuk menyambung hidupnya .

 

Biografi Iko Uwais

Pria tampan satu ini di lahirkan di Jakarta pada tanggal 12 Februari 1983 . Iko mempunyai nama asli Uwais Qorny akan tetapi ia lebih di kenal dengan nama Iko Uwais . ayahanya bernama Mustapha Kamaluddin dan ibunya bernama Maisyaroh Kamaluddin.

Baca Juga :   Mengenal Achmad Zaky – Kisah Dari Pendiri Bukalapak

 

Mengenal Bela Diri Sejak Kecil

Iko Uwais memang sudah mengenal bela diri sejak ia kecil yaitu beladiri Pencak Silat. Iko besar dalam lingkungan betawi dan merupakan seorang penduduk asli Jakarta, ia belajar ilmu bela diri pencak silat di bawah naungan pamannya yang mempunyai perguruan bela diri yang bernama Tiga Berantai dengan aliran silat Betawi. Belajar ilmu bela diri pencak silat sejak kecil, kemudian membuat Iko Uwais dapat membuktikan dirinya sebagai ahli bela diri pencak silat dan berhasil menyabet posisi ketiga pada turnamen Pencak Silat DKI Jakarta yang di adakan pada tahun 2003. Dua tahun setelah itu tepatnya pada tahun 2005 , ia kemudian membuktikan dirinya sebagai pesilat terbaik pada kejuaraan Silat Nasional dalam kategori demonstrasi.

 

Dari Supir Truk Hingga Aktor Terkenal

Iko Uwais tidak hanya menyukai pencak silat namun ia juga menyukai olahraga sepakbola . iko bahkan sempat menjadi seorang pemain sepakbola di liga B klub sepakbola Indonesia, akan tetapi setelah itu iko berhenti karena klubnya bangkrut. Setelah itu ia kemudian fokus pada keahliannya dalam bela diri pencak silat, yang kemudian membawa dirinya dapat ke luar negeri seperti, Rusia, Kamboja, Inggris , Perancis serta Laos untuk memperagakan pencak silat.

Bahkan sebelum terkenal seperti sekarang ini Iko juga sempat bekerja pada perusahaan Telekomunikasi sebagai seorang supir truk demi memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

 

Awal Karir Sebagai Aktor Laga

Diketahui bahwa Iko Uwais mulai mengenal dunia seni peran saat Gareth Evans yang merupakan seorang sutradara asal Wales berkunjung ke tempat latihan IKO Uwais . Gareth yang ketika itu sedang membuat sebuah film dokumentar mengenai bela diri pencak silat. Ketika melakukan perekaman , Gareth melihat keahlian serta kemampuan yang dimiliki oleh Iko Uwais dalam bersilat, Gareth kemudian tertarik dengan keahlian yang dimiliki oleh Iko Uwais di bandingkan dengan rekan-rekan Iko yang lainnya.

Baca Juga :   Biografi Dan Profil Jogi Hendra Atmadja – Pendiri Mayora

Kemudian Gareth menawarkan kepada Iko Uwais pemeran utama dalam film garapannya yang banyak menghadirkan bela diri pencak silat yaitu Merantau. Tanpa pikir panjang, Iko Uwais langsung menerima tawaran tersebut dan mengaku bahwa ia sangat gembira atas tawaran tersebut meskipun saat itu ia baru pertama kali terjun ke dalam dunia seni peran.

Film Merantau kemudian sukses di pasaran , walaupun Iko Uwais saat itu baru pertama kali terjun dalam dunia seni peran akan tetapi aktingnya dalam setiap adegan sangat baik di lakukan, ia hanya kesulitan saja dalam berlogat Sumatera Barat dalam film Merantau karena ia merupakan orang Betawi asli.

 

Aktor Indonesia Yang Terkenal di Hollywood

Dalam film yang berjudul The Raid  Redemption  membawa nama Iko Uwais semakin dikenal di Hollywood, dimana dalam film tersebut Iko Uwais berperan sebagai tokoh Rama seorang polisi yang ahli dalam bela diri silat, yang rilis pada tahun 2012. Film tersebut ternyata sukses besar , banyak kritikus film yang berpendapat bahwa film The Raid merupakan film seni bela diri terbaik .

Pada tahun 2012 Iko Uwais menikah dengan Audy Item , yang merupakan seorang penyanyi pada tanggal 25 Juni 2012, dari pernikahan mereka tersebut mereka telah di karuniai dua orang anak.

Kemudian film The Raid II di bgarap dan Iko Uwais masih memerankan peran utama , ia tetap memerankan tokoh Rama dalam film tersebut, film ini merupakan film yang melambungkan namanya di dunia film internasional. Film The Raid II atau yang dikenal dengan The Raid : Retalition rilius pada tahun 2014.

Iko Uwais juga sempat bermain dalam film Man Of Tai Chi yang merupakan film garapan Keanu Reevers sebagai pemain pendukung , Iko Uwais kemudian menerima tawaran bermain di film Star Wars : The Force Awakens garapan sutradara J.J Abrams. Dalam film tersebut Iko Uwais berperan sebagai Razoo Qin-Fee , salah satu tokoh antagonis yang mahir dalam perkelahian, Film Star wars tersebut di rilis di akhir tahun 2015.

Baca Juga :   Biografi Jan Koum  –  Kisah Inspiratif Dari  Pendiri Aplikasi Whatsapp

Banyak orang beranggapan bahwa Iko Uwais telah berhasil sebagai seorang aktor laga asal Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia serta terkenal di dunia perfilman internasional dan juga Iko Uwais di anggap mampu memperkenalkan bela diri Pencak Silat pada dunia Internasional.

 

Demikianlah biografi dari Iko Uwais, kita doakan semoga Iko bisa terus mengahrumkan nama indonesia ya.

Baca Juga :