Biografi Hasyim Asyari – Pahlawan Nasional Indonesia Pendiri Nahdlatul Ulama

Posted on

Biografi Hasyim Asyari – Pahlawan Nasional Indonesia Pendiri Nahdlatul Ulama

Hasyim Asyari / Kyai Haji Mohammad Hasyim Asy’arie adalah salah satu tokoh Pahlawan Nasional Indonesia yang merupakan pendiri NU / Nahdlatul Ulama, dimana organisasi ini adalah  organisasi massa Islam yang terbesar di Indonesia. Di kalangan ulama pesantren dan Nahdliyin  beliau  dijuluki dengan sebutan Hadratus Syeikh yang berarti maha guru.

K.H. Hasjim Asy ‘ ari belajar mengenai dasar – dasar agama dari ayah dan kakeknya, Kyai Utsman yang juga pemimpin Pesantren Nggedang di Jombang. Sejak usia 15 tahun,  beliau berkelana  dalam menimba ilmu di berbagai pesantren, antara lain Pesantren Trenggilis di Semarang, Pesantren Wonokoyo di Probolinggo, Pesantren Langitan di Tuban, Pesantren Siwalan di Sidoarjo dan Pesantren Kademangan di Bangkalan.

Pada tahun 1892, K.H. Hasjim Asy’ari pergi  untuk menimba ilmu ke Mekah, serta berguru pada Syekh Muhammad Mahfudz at – Tarmasi, Syekh Ahmad Khatib Minangkabau, Syekh Ahmad Amin Al – Aththar, Syekh Ibrahim Arab, Syekh Said Yamani, Syekh Rahmaullah, Syekh Sholeh Bafadlal, Sayyid Abbas Maliki, Sayyid Alwi bin Ahmad As – Saqqaf, dan Sayyid Husein Al – Habsyi.

Pada tahun 1899, sepulangnya dari Mekah, KH Hasyim Asyari mendirikan sebuah pesantren yaitu  Pesantren Tebu Ireng, yang kelak menjadi pesantren terbesar dan terpenting di Jawa pada abad 20. Pada tahun 1926, KH Hasyim Asyari menjadi salah satu pemrakarsa berdirinya Nadhlatul Ulama ( NU ), yang berarti kebangkitan ulama. Hasyim Asyari sendiri lahir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, pada tanggal  10 April 1875. Beliau  meninggal dunia di Jombang, Jawa Timur, 25 Juli 1947 pada umur 72 tahun dan beliau di makamkan di Tebu Ireng, Jombang. Berkat perannya dalam  mendirikan Nahdlatul Ulama dimana pada akhirnya organisasi ini sangat membantu kehidupan masyarakat indonesia dalam berbagai bidang, tidak heran jika K.H. Hasjim Asy’ari termasuk salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam kehidupan bangsa indonesia

Baca Juga :   Biografi dan Profil Hotman Paris Hutapea  - Pengacara Kondang di Indonesia

Baca Juga :