Biografi Hanif Dhakiri – Kisah Anak TKW Yang Sukses Menjadi Menteri

Posted on

Biografi Hanif Dhakiri – Kisah Anak TKW Yang Sukses Menjadi Menteri

 

Hanif Dhakiri – Beliau dikenal sebagai seorang tokoh politikus Indonesia. Beliau  pernah menjadi anggota DPR dan menjadi Menteri Ketenagakerjaan serta Menteri Olahraga pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Biodata Hanif Dhakiri

Nama Lengkap :Muhammad Hanif Dhakiri , S.Ag., M.Si.
Tempat, tanggal lahir :Semarang , 6 Juni 1972
Orangtua :H Zuhri Maksum ( Ayah ), Hj. Siti Hafsoh ( Ibu )
Istri :Marifah Hanif Dhakir
Anak :Nabila Setia Izzati, Neilan Setia Izzata, Nameera Setia Izzati
Agama :Islam
Profesi :Politikus, Menteri Ketenagakerjaan, Plt. Menteri Olahraga

Biografi Hanif Dhakiri

Hanif Dhakiri dilahirkan pada tanggal 6 Juni 1972, di Semarang .  Ayah beliau  bernama H Zuhri Maksum dan ibunya bernama Hj. Siti Hafsoh. Keluarga Hanif Dhakiri dapat  dikatakan sebagai keluarga yang  pas – passan. Ayahnya  bekerja sebagai  seorang guru agama islam yang mengajar di sekolah dasar. Dan ibunya diketahui hanyalah seorang  lulusan SD yang bekerja sebagai TKW ( Tenaga Kerja Wanita ) di luar negeri untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Diketahui  bahwa semasa kecilnya , Hanif Dhakiri dan orang tuanya tinggal di sebuah kamar kecil yang berdekatan dengan kandang sapi. Hanif Dhakiri diketahui mempunyai  dua orang adik perempuan. Semasa kecil, Hanif Dhakiri telah terbiasa membantu ibunya membuat tepung tapioka untuk dijual di pasar. Untuk menambah penghasilan, ayah Hanif juga biasa menjadi  seorang kuli bangunan demi untuk mencukupi kebutuhan keluarganya .

Baca Juga :   Biografi Fiersa Besari – Si Penulis Dan Musisi Muda

Hanif Dhakiri diketahui menyelesaikan pendidikannya  di SMA Al – Muayyad Surakarta. Lulus  dari sana, beliau  selanjutnya  melanjutkan pendidikan nya di IAIN Walisongo di Semarang, Jawa tengah. Diketahuai bahwa Hanif Dhakiri berasal dari keluarga yang berlatar belakang Nahdatul Ulama ( NU ).

Aktif Dalam Organisasi

Selama kuliah, Hanif Dhakiri diketahui aktif dalam berbagai berorganisasi. Beliau  pernah menjadi ketua di  PMII IAIN Salatiga sejak  tahun 1991 sampai  1992 dan menjadi pengurus pada  cabang PMII sejak  tahun 1994 sampai 1995. Beliau  juga ikut serta  dalam organisasi Nadwah Dirasah Islam dan juga  Kemasyarakatan di Jawa Tengah pada tahun 1996.

Hanif Dhakiri menyelesaikan pendidikan SI nya di  tahun 1996. Sesudah itu, beliau  selanjutnya  menjadi pendiri serta dari  Anggota Eksekutif Regional, Wahana Lingkungan Hidup ( WALHI ) di tahun 1997. Beliau  banyak menghabiskan waktunya pada lembaga kajian, aktivis serta konsultan.  Beliau juga menghabiskan waktunya dalam tulis menulis.

Bergabung dengan PKB

Di  tahun berikutnya yaitu pada tahun  1998, Hanif Dhakiri bergabung dengan PKB ( Partai Kebangkitan Bangsa ) yang pada saat  itu baru saja didirikan oleh KH Abdurrahman Wahid ( Gus Dur ). Hanif adalah merupakan generasi awal dari partai PKB.  Ketika itu juga, beliau  adalah  salah satu pengurus besar  dari PMII sampai pada tahun 2000. Tujuh tahun setelah beliau bergabung dengan PKB, Hanif selanjutnya  menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP PKB sejak  tahun 2005 sampai  2010 dan selanjutnya  menjabat sebagai ketua DPP Partai kebangkitan Bangsa. Dalam kurun waktu tersebut, Hanif juga menjadi staf khusus pada  Menakertrans.

Hanif Dhakiri kemudian dipercaya untuk menjabat sebagai ketua umum  DKN Garda Bangsa sejak  tahun 2010 samapi  2014. Dalam kurun waktu tersebut  juga beliau  terpilih sebagai Anggota DPR untuk periode 2009 hingga 2014 dari fraksi PKB. Pada tahun 2014, Hanif terpilih sebagai sekjen DPP PKB.

Baca Juga :   Biografi Idham Azis - Spesialis Reserse dan Anti Teror Yang  Menjadi Kapolri

Menjadi Menteri Ketenagakerjaan

Pada tahun yang sama , Presiden Joko Widodo menunjuk Hanif Dhakiri sebagai Menteri Ketenagakerjaan yang  resmi dilantik pada tanggal 27 Oktober 2014. Selama menjabat sebagai  menteri ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri beberapa kali melakukan inspeksi mendadak seperti yang dilakukan  di  penampungan TKW di Tebet, inspeksi di Terminal TKI di Cengkareng, dan inspeksi pada  Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja yang berada di Bekasi.

Pada bulan September 2019, Hanif Dhakiri di tunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai pelaksana tugas ( plt ) Menteri Pemuda dan Olahraga yang menggantikan Menteri Sebelumnya yaitu  Imam Nahrawi yang terjerat kasus korupsi. Sehingga  Hanif Dhakiri merangkap dua jabatan sekaligus, selain menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan dan juga sebagai Plt. Menteri Pemuda dan Olahraga pada kabinet kerja periode tahun  2014 – 2019.

Kehidupan Pribadi Hanif Dhakiri

Hanif Dhakiri diketahui mempunyai seorang  istri yang  bernama Marifah Hanif Dhakiri. Dari pernikahannya tersebut, beliau  di karuniai tiga orang anak yang bernama Nabila Setia Izzati, Neilan Setia Izzata, dan Nameera Setia Izzati.

Baca Juga :