Biografi Guglielmo Marconi – Kisah Sang Penemu Radio

Posted on

Biografi Guglielmo Marconi – Kisah Sang Penemu Radio

Guglielmo Marconi – Beliau adalah  peraih Nobel Fisika yang bekerja sebagai seorang Insinyur listrik  dan  terkenal sebagai penemu radio. Temuannya adalah merupakan  salah satu penemuan penting dalam sejarah umat manusia.

Biodata Guglielmo Marconi

Nama :Guglielmo Marconi
Tempat, tanggal lahir :Bologna, Italia , 25 April 1874
Wafat :Roma , Italia 20 Juli 1937
Kebangsaan :Italia
Orangtua :Giuseppe Marconi ( Ayah ), Annie Jameson ( Ibu )
Istri :Maria Cristina – Scali , Beatrice O’Brien
Anak :Gioia Marconi Brga , Degna Marconi, Maria Eletra Elena Anna Marconi, Giulio Marconi , Lucia Marconi
Dikenal :Penemu Radio

Guglielmo Marconi dilahirkan di Bologna , Italia pada tanggal  25 April 1874 . Beliau  adalah  anak dari Giuseppe Marconi ( Ayah ), Annie Jameson ( Ibu ).

Riwayat Masa Muda

Pendidikan sewaktu masih anak – anak beliau peroleh  dari guru privat. Menginjak umur 20 tahun, Guglielmo Marconi mulai tertarik dengan percobaaan dari Heinrich Hertz sang penemu gelombang Hertz. Dari percobaan yang di lakukan oleh Heinrich Hertz tersebut  di ketahui bahwa terdapat gelombang elektrimagnetik yang tidak kasat mata akan tetapi  bergerak dengan kecepatan suara dengan melalui udara. Guglielmo Marconi kemudian  semakin tertarik dengan hasil percobaan dari Heinrich Hertz. Maka muncullah sebuah  ide dari Guglielmo Marconi yang mengatakan bahwa gelombang elektromagnetik tersebut bisa di manfaatkan untuk mengirim tanda – tanda dengan  melalui jarak jauh. Tanpa perlu melalui kawat yang menyediakan banyak kemungkinan berkembangnya komunikasi yang tidak bisa dijangkau seperti telegram. Dengan cara tersebut, maka berita – berita dapat di kirim ke kapal yang berada di tengah laut.

Baca Juga :   Biografi Sir Isaac Newton –  Sejarah Sang Penemu Hukum Gravitasi

Menemukan Radio

Setahun kemudian,  yaitu tepatnya pada tahun  1895 Guglielmo Marconi berhasil membuat sebuah  alat yang dibutuhkan  untuk mewujudkan idenya tersebut. Alat temuannya yang kemudian di kenal dengan nama “ Radio “ tersebut beliau  demonstrasikan di Inggris pada tahun 1896. Sesudahnya  Guglielmo Marconi menerima paten atas alat temuannya tersebut . Dengan segera beliau  kemudian mendirikan perusahaan dan memproduksi secara massal alat temuannya tersebut . Radio temuan Guglielmo Marconi pertama kali di pasarkan pada tahun 1898.

Pada  tahun 1899, Radio temuan Guglielmo Marconi telah  mampu mengirimkan pesan tanpa melalui kawat yang menyebrangi selat inggris. Sadar bahwa alat temuannya tersebut  masih mempunyai  banyak kekurangan, Guglielmo Marconi kemudian terus menyempurnakan alat komunikasi radio temuannya.

Dalam Biografi Guglielmo Marconi diketahui bahwa pada tahun 1900, Radio temuannya telah  berhasil mengirimkan pesan berita ke Newfoundland di Kanada dari Inggris dengan  melintasi Samudera Atlantik. Temuan Radio Guglielmo Marconi sangat berjasa besar bagi umat manusia. Terbukti bahwa Radionya bisa memberitakan bagaimana kapal S.S. Republic rusak akibat terjadi tabrakan dan tenggelam ke dasar laut pada tahun 1909.

Meraih Nobel Fisika

Di tahun yang sama pula , Marconi kemudian di ganjar hadiah Nobel atas temuan nya yang sangat  membanggakan itu. Di tahun  1910, Radio temuannya berhasil mengirimkan  pesan berita dari Irlandia hingga ke Argentina dengan jarak 6000 mil. Pada saat  itu pesan berita di kirim dengan  melalui tanda – tanda yang dibuat oleh Marconi. Pengriman berita suara baru bisa  terwujud pada tahun 1915.

Radio Sebagai Media Komunikasi Populer

Penyiaran  radio dalam skala besar atau komersil mulai berkembang dan juga saat terkenal memasuki tahun 1920 an. Meskipun begitu radio dapat dengan cepat tumbuh dan menjadi sangat populer. Walaupun  ada  tuntutan atas hak paten dari penemuan Radio miliknya di pengadilan, akan tetapi  hal tersebut lenyap  ketika  pengadilan memutuskan bahwa Marconi berhak atas hak paten nya tersebut.

Baca Juga :   Ibnu Sina – Inilah Biografi Sang Ilmuan Islam Dan Bapak Kedokteran Modern

Radio Receiver Guglielmo Marconi

Beliau  juga melakukan pula penyelidikan yang  penting pada  bidang gelombang pendek serta  komunikasi microwave. Guglielmo Marconi menikmati kepopuleran nya sebagai seorang penemu radio yang terkenal. Radio adalah  alat komunikasi yang sangat berguna sampai  saat ini. Radio merupakan jalan pembuka dari di temukan nya Televisi.

Guglielmo Marconi Wafat

Setelah menikmati masa – masa kepopulerannya, Guglielmo Marconi wafat pada tanggal 20 Juli 1937 di Roma, Italia. Beliau  meninggalkan salah satu penemuan yang  penting dalam sejarah umat manusia yaitu Radio.

Baca Juga :