Biografi Ferdinand Magellan – Mualim Pertama Keliling Dunia

Posted on

Biografi Ferdinand Magellan – Mualim Pertama Keliling Dunia

Biodata Ferdinand Magellan

Nama :Fernão de Magalhães
Dikenal :Ferdinand Magellan
Lahir :3 Februari 1480, Sabrosa, Portugal
Wafat :27 April 1521, Mactan, Filipina
Kebangsaan :Spanyol, Kerajaan Portugal
Dikenal Karena :Memimpin Ekspedisi Keliling Dunia Pertama
Pasangan :María Caldera Beatriz Barbosa
Anak :Carlos de Magalhães, Rodrigo de Magalhães
Orangtua :Rodrigo de Magalhães, Alda de Mesquita
Saudara Kandung :Diogo de Sousa

Isabel de Magalhães

Genebra de Magalhães

Aires de Magalhães

Duarte de Sousa

 

 

Biografi Ferdinand Magellan

Ferdinand Magellan merupakan  seorang petualang Portugis. Beliau  lahir di Sabrosa, di Portugal utara, dan melayani Raja Charles I dari Spanyol dalam rute pencarian ke arah barat menuju “ Kepulauan Rempah – rempah”.

Ferdinad Magellan ( 1480 – 1521 ) adalah seorang  mualim asal  Portugis yang memimpin pelayaran keliling dunia yang pertama.  Ferdinad Magellan berlayar ke India di usia 25 tahun.  Beliau yakin bahwa beliau  bisa  sampai di Kepulauan Rempah – rempah yang dimaksud adalah Maluku dengan cara  berlayar ke barat dengan mengelilingi Amerika Selatan dan tidak ke timur mengelilingi Afrika.  Raja Spanyol memberinya lima buah kapal dengan 250 awaknya.  Beliau  meninggalkan Spanyol pada tanggal 20 September 1519 kemudian berlayar ke selatan menyusuri pantai Afrika, selanjutnya  ke barat ke Amerika Selatan, kemudian  menyusuri pantai ke selatan.

 Sebuah kapalnya kandas dan sebuah lagi kembali ke Spanyol. Sisa kapalnya yang tiga buah lalu  melingkari Amerika Selatan kemudian  mengarungi Lautan Pasifik selama 98 hari sebelum kapalnya tiba di Kepulauan Mariana.  Banyak awak kapal yang mati karena kekurangan makanan dan juga air. Pada   tanggal 27 April 1521 Ferdinad Magellan dan beberapa awak kapalnya di bunuh oleh penduduk asli Filipina.  Ada dua buah  kapal yang  berhasil mencapai kepulauan  Maluku, akan tetapi satu di antaranya hancur.  Victoria adalah  kapal terakhir, yang kemudian  melanjutkan perjalanan keliling dunia dan tiba kembali di Spanyol pada tanggal 6 September 1522 dengan 18 orang sisa awak kapal.

Ferdinad Magellan berhasil menemukan lintasan yang menghubungkan antara  Samudra Atlantik dengan Pasifik, yang sekarang  disebut dengan  Selat Magellan.  Nama Pasifik di berikan oleh Ferdinand Magellan karena lautan ini nampak tenang.

 

Baca Juga :

Baca Juga :   Biografi Karl Marx –  Sang Bapak Komunis