Enzo Ferrari Pendiri Ferrari – Biografi, Profil Lengkap dan Sejarahnya

Posted on

Biografi : Enzo Ferrari – Pendiri Ferrari

Enzo Ferrari –  Pria Italia satu ini dikenal sebagai pendiri Ferrari yang dikenal sebagai perusahaan produsen mobil mewah dan sporty. Ferrari yang berlogo kuda jingkrak ini di dirikan oleh Enzo Ferrari pada tahun 1947.

Ferrari menjadi salah satu merk mobil ternama di dunia yang memproduksi mobil – mobil dengan desain sporty serta mewah di samping itu juga mempunyai  kecepatan yang tinggi. Tidak heran  jika Ferrari di identikkan dengan kemewahan. Semua itu tidak lepas dari peran Enzo Ferrari sebagai pendirinya.

Biografi Enzo FerrariBiografi Enzo Ferrari

Beliau mempunyai nama lengkap Enzo Ferrari yang lahir pada  tanggal 18 Februari 1898 di Modena, Italia. Ayahnya bernama Alfredo Ferrari dan ibunya bernama Adalgisa Ferrari.

Masa Kecil

Enzo besar di Modena, akan tetapi  beliau dibesarkan tanpa mengenyam pendidikan formal sebagaimana anak yang  lainnya. Enzo Ferrari muda mempunyai  hasrat dengan mobil balap. Diketahui bahwa Enzo mulai mengendarai mobil balap sejak usia sangat muda  serta  memutuskan menjadi pembalap sejak usia 10 tahun. Enzo tertarik di dunia otomotif  pada saat ayahnya Alfredo Ferrari membawanya menonton balapan di Sirkuit Bologna pada tahun 1908.

Enzo Ferrari kemudian mulai banyak menonton kompetisi balapan di Italia setelah itu, dalam benaknya kompetisi balap  adalah  sebuah tantangan yang menarik baginya.  Pada  tahun 1914, Enzo bekerja sebagai guru di Lathe Operator School di bengkel pemadam kebakaran di Modena, Italia. Nasib buruk menimpa Enzo pada saat  Perang Dunia I berkecamuk. Pada tahun 1916,  beliau harus kehilangan ayah dan saudara laki – lakinya yang meninggal akibat wabah flu di Italia.

Baca Juga :   Profil Adamas Belva Syah Devara – CEO Ruang Guru Yang Menjadi Staf Khusus Presiden

Bergabung Dalam Militer

Di tahun yang sama, Enzo Ferrari bergabung dalam militer selama perang dunia I dan beliau di tugaskan di Resimen Alpine Ketiga, Val Seriana . akan tetapi pada saat  itu  beliau  terkena wabah flu pada tahun 1918, sehingga menyebabkan Enzo keluar dari militer  di saat  perang dunia I hampir berakhir.

Setelah keluar dari militer, Enzo Ferrari memperoleh  surat rekomendasi dari otoritas militer, Italia saat  itu. Enzo selanjutnya melamar pekerjaan ke perusahaan Fiat pada tahun 1918. Sayangnya tidak ada lowongan disana ketika  itu.

Tapi,  beliau  kemudian memperoleh  pekerjaan sebagai pengemudi tes di kota Turin, Italia di sebuah perusahaan motor. Pada tahun 1919, Enzo mulai bekerja di perusahaan  yang bernama Costruzioni Meccaniche Nazionali, di kota Milan sebagai pengemudi uji coba.

Memulai Balapan Pertama

Keahliannya dalam mengemudi membuat Enzo segera di promosikan sebagai seorang pembalap. Pada tahun 1919, Enzo Ferrari mengawalai debut balapan pertamanya di balapan Parma – Poggio di Berceto. Beliau  finish di posisi ke 4 dalam lomba.  Beliau  juga berpartisipasi dalam balapan Targa Florio di tahun yang sama akan tetapi beliau menuai hasil yang kurang memuaskan karena bermasalah dengan tangki bahan bakar.

Pada tahun 1920, Enzo Ferrari mengikuti balapan mobil Targa Florio sekali lagi.  Beliau  mengendarai Alfa Romeo, dan finish di posisi kedua. Kemenangan ini merupakan  awal dari pengalamannya selama 20 tahun dengan tim Alfa Romeo. Pada tahun 1921, Enzo mengambil bagian dalam banyak balapan sebagai pembalap tim Alfa. Beliau  mengalami kecelakaan pertamanya di tahun yang sama ketika  Grand Prix Brescia.

Membentuk Tim Balap Scuderia Ferrari

Sejarah Ferarri dimulai  pada tahun 1923, Enzo bertemu dengan Count Baracca, Francesco Baracca, dan Countess Baracca. Mereka memberikan logo “ Kuda Jingkrak ” mereka sebagai maskot di mobil balap Enzo Ferrari.  Pada tahun 1929, Enzo kemudian membentuk  sebuah tim balap Scuderia Ferrari Grand Prix yang menjadi bagian dari tim balap Alfa Romeo.

Di Tahun 1931 menjadi tahun terakhir bagi Enzo sebagai seorang  pembalap. Balapan terakhirnya adalah di sirkuit Three Provinces dimana  beliau  finish di urutan kedua dengan mengendarai mobil Alfa Romeo 8C 2300 MM.

Baca Juga :   √ Biografi Eka Tjipta Widjaja – Pemilik Sinar Mas Group

Sesudah  itu  beliau meninggalkan balapan pada tahun tersebut. Di tahun 1933, karena kendala keuangan membuat Alfa menghentikan hubungannya dengan tim balap Scuderia Ferrari bentukan Enzo Ferrari. Alfa kemudian mengambil alih balapan pada tahun 1937 dan Enzo di tempatkan sebagai Direktur Olahraga. Pada tahun 1939, Beliau  kemudian meninggalkan tim Alfa Romeo dengan kesepakatan bahwa Beliau  tidak akan menggunakan nama Ferrari dalam kaitannya dengan mobil balap dan Selama empat tahun ke depan. Pada tahun yang sama,  beliau  mendirikan perusahaan sendiri yang  bernama Auto Avio Costruzioni di Modena.  Beliau  mengawali  perusahaannya  tersebut  di sebuah garasi di Viale Trento e Trieste.

Mendirikan Perusahaan Ferrari

Pada tahun 1940, Enzo Ferrari kemudian merancang  sebuah mobil balap untuk Mille Miglia. Pada tahun itu juga perusahaan milik Enzo di paksa untuk memproduksi mobil untuk Pemerintah Fasis Benito Mussolini disaat  perang dunia II berkecamuk.  Beliau  juga mendesain mobil Ferrari pertama pada tahun 1945. Sesudah  perang dunia II selesai, Enzo Ferrari resmi mendirikan perusahaan Ferrari pada tahun 1947.

Memenangkan Grand Prix Pertama Kali

Selanjutnya pada tahun 1951, perusahaan Enzo memenangkan Grand Prix pertamanya bersama Jose Froilan Gonzalez di sirkuit Silverstone. Kejuaraan ini  adalah  kemenangan pertama perusahaan Ferrari. tahun itu juga merupakan  waktu disaat  perusahaan Ferrari mulai menjual mobil sport hasil rancangannya dan hasilnya digunakan untuk membiayai partisipasinya dalam turnamen balapan.

Dalam biografi Enzo Ferrari diketahui bahwa pada tahun 1957, Ferrari dan Englebert yang merupakan pabrikan ban dituduh telah  melakukan pembunuhan  pada saat  Mille Miglia dan Alfonso de Portago mengendarai Ferrari meninggal bersama dengan rekannya disaat  salah satu bannya meledak. Ketika itu sembilan orang dari penonton juga tewas. Akan tetapi  tuntutan itu dihentikan pada tahun 1961.

Pada tahun 1969, Enzo menjual sekitar 50% sahamnya kepada perusahaan Fiat  namun  Enzo mempunyai  kendali penuh dalam mengatur balapan bagi Ferrari. Padahal ketika  itu Ford adalah  perusahaan pertama yang memberikan tawaran kepada Ferrari akan tetapi beliau  memutuskan untuk  tidak meneruskan tawaran tersebut .

Baca Juga :   Biografi Dan Profil Jogi Hendra Atmadja – Pendiri Mayora

Tahun 1974, Enzo memilih pensiun dari posisi managing director Ferrari.  Beliau  kemudian mempromosikan Luca Cordero di Montezemolo sebagai manajer tim Formula satu dan memintanya untuk mewakili beliau  di semua perlombaan.

Membuat Berbagai Mobil Kelas Dunia

Pada tahun 1982, Ferrari membuat sebuah  mobil yang mempunyai  basis kokoh dan memilih pengemudi kelas dunia. Meskipun Ferrari tetap  terlibat dengan Scuderia hingga kematian nya akan tetapi  tidak ada lagi kejuaraan yang di ikuti oleh Enzo Ferrari.

Enzo Ferrari Wafat

Enzo Ferrari  meninggal dunia pada tanggal 14 agustus 1988  dalam  usia 90 tahun. Kematiannya di umumkan dua hari kemudian. Selama hidupnya, Enzo Ferrari di kenal sebagai seorang tertutup hampir tidak pernah tampil di publik ataupun  memberikan wawancara kepada wartawan. Enzo juga dikenal sebagai seorang pekerja keras.

Dalam kehidupan pribadinya, Enzo Ferrari diketahui menikah dengan seorang wanita yang bernama Laura Dominica Garello Ferrari pada tahun 1932. Mereka mempunyai  seorang putra yang bernama Alfredo ‘ Dino ’ Ferarri. Akan tetapi  anaknya tersebut meninggal  dunia karena penyakit distrofi otot pada tahun 1956. Pada tahun sebelumnya yaitu  tahun 1945, Enzo Ferrari mempunyai  putra kedua yang  bernama Piero dari kekasihnya yang bernama Lina Lardi namun  pada tahun 1975 beliau  baru mengakui Piero sebagai putra sahnya, setelah kematian Lina Lardi.

Perusahaan Ferrari Sepeninggal Enzo Ferrari

Sepeninggal Enzo Ferrari, perusahaan Ferrari menjadi salah satu perusahaan pabrikan mobil balap dan mobil sporty yang  terkenal di dunia. Mobil – mobil produksi Ferrari dikenal dengan desain yang elegan dan  juga mewah. Ferrari juga masih berpartisipasi dalam turnamen balap formula satu di dunia.

Baca Juga :