Biografi Elang Gumilang – Pengusaha  Sukses di Usia Muda

Posted on

Biografi Elang Gumilang – Pengusaha  Sukses di Usia Muda

 Bagi Anda yang bergerak di bidang bisnis pasti sudah  tidak asing dengan Elang Gumilang. Pribadi yang dikenal sebagai sosok  yang mandiri dan tidak suka bermanja – manjaan. Ketertarikannya  terhadap dunia usaha semakin terasah pada saat  Elang memasuki bangku SMA yaitu targetnya mempunyai  uang sebesar 10 juta rupiah untuk biaya kuliah. Target ini semata – mata dilakukan nya untuk melatih kemandirian serta rasa  tanggung jawabnya sebagai seorang anak.

Biodata Elang Gumilang

Nama Lengkap :Elang Gumilang
Tempat , tanggal lahir :Bogor, 06 April 1985
Pendidikan :S1 Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB
Pekerjaan :Pengusaha , CEO Elang Group
Penghargaan :
  • Pemenang I Wirausaha Muda Mandiri ( 2007 )
  • Top Youth Entrepreneur versi Warta Ekonomi (  2008 )
  • Man of the Year 2008 versi Group Jawa Pos
  • Pemuda Pilihan 2008 Versi TV One
  • Juara Lelaki Sejati Pengobar Inpirasi 2009 versi Bentoel
  • Tokoh Pilihan Majalah Tempo ( 2009 )
  • Penghargaan Ernst & Young Indonesian Entrepreneur Of The Year 2010
  • Pemuda Andalan Nusantara ( 2010 )

Berjualan kue donat adalah  sebuah langkah awal yang dilakukan oleh  Elang untuk mencapai target tersebut. Akan tetapi  pada saat  kedua orangtuanya mengetahui bisnis ini, Elang diminta untuk berhenti dan berkonsentrasi menghadapi UN. Setelah berhenti berjualan donat dan memasuki bangku kuliah, jiwa bisnis serta  semangat Elang tidak pernah surut. Dengan melalui berbagai perlombaan Elang mengumpulkan uang untuk membiayai kuliahnya di Institut Pertanian Bogor.

Elang selanjutnya  menyalurkan kembali hobi bisnisnya dengan berjualan sepatu dengan modal awal 1 juta rupiah. Berjalan tiga tahun bisnisnya memperoleh  kendala berupa kualitas sepatu dari pemasok yang turun dengan alasan penghematan biaya. Kegagalan pada bisnis sepatu tidak mematahkan semangat Elang, Ia kemudian menjajal beberapa usaha lain seperti bisnis pengadaan lampu bersama sebuah perusahaan besar dn bisnis minyak goreng. Karena menemukan beberapa kendala akhirnya Elang mengambil keputusan untuk menghentikan bisnis tersebut.

Baca Juga :   Biografi August Comte – Bapak Sosiologi

Setelah mengalami berbagai kegagalan, Elang terus mencari ide bisnis berpeluang besar. Meskipun  terbilang cukup mapan pada sat  berada dibangku kuliah, Elang tidak pernah berhenti untuk terus berkarya. Menganalisis pasar property yang semakin tinggi maka Elang memutuskan untuk memulai usaha bisnis property. Mempunyai  strategi pemasaran berupa pengadaan objek – objek properti dengan harga terjangkau serta  angsuran yang ringan bisnis ini dapat dengan mudah diterima  oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Bisnis property yang dijalankan oleh  pria kelahiran 6 April 1985 ini diawali dengan mendirikan perumahan sederhana dengan harga yang relatif terjangkau untuk kalangan menengah serta  menengah kebawah. Melakukan promosi melalui surat kabar lokal merupakan  cara yang dipilih oleh  Elang sekaligus untuk menghemat biaya promosi. Meskipun  perumahan yang dibangunnya mengarahkan target kepada kalangan menengah kebawah akan tetapi  Elang tetap memberikan fasilitas umum yang lengkap seperti kemudahan akses kendaraan umum, lapangan olahraga, lokasi dekat sekolah dan klinik 24 jam. Kelengkapan fasilitas tersebut membuat bisnis perumahan Elang  menjadi ludes terjual dengan cepat.

Melanjutkan bisnis perumahan serta  properti, Elang kini terus mengembangkannya  di bawah naungan perusahaan Elang Group ( www.elanggroup.co.id ). Kerja keras  untuk terus diupayakan oleh  Elang untuk membesarkan usahanya. Berbagai strategi dilakukan  olehnya mulai dari pemilihan kawasan, target pasar hinga penentuan harga. Saat ini Elang berupaya untuk mewujudkan cita – citanya  yaitu membuka lapangan pekerjaan untuk 100.000 orang yang diharapkan mampu  mengurangi jumlah pengangguran. Prestasi dari Elang adalah penghargaan berupa Wirausaha Muda Mandiri dan Indonesia Top Young Entrepeneur ( 2007 – 2008 ).

Baca Juga :