Biografi dan Profil Wishnutama –  Pendiri NET. TV

Posted on

Biografi dan Profil Wishnutama –  Pendiri NET. TV

 Wishnutama –  Dari banyaknya  Channel atau saluran Televisi  yang ada di Indonesia, NET. TV adalah  salah satu saluran televisi yang paling terkenal. Dibalik popularitas NET. TV, ada  sosok Wishnutama yang di kenal sebagai CEO  dan juga sekaligus pendiri dari NET. TV. Kesuksesan NET. TV  sebagai pendatang baru di dunia pertelevisian tersebut ,  tidak lepas dari tangan dingin seorang  Wishnutama sebagai pendirinya.

Meskipun sebagai salah satu pendatang baru, program – program acara yang ada  di NET. TV banyak disukai  oleh masyarakat terutama program Ini Talk Show, Acara Musik dan sitkom OK JEK.

Biodata Wishnutama

Nama Lengkap :Wishnutama Kusubandio
Tempat, tanggal lahir :Jayapura, Papua , 4 Mei 1976
Agama :Islam
Istri :Wina Widodo, Wina Natalia, Gista Putri
Anak :Sakina Wishunutama , Salvaditya Tama , Sultan Saladyne Tama, Muhammad Sabian Wishnutama
Profesi :CEO dan Pendiri NET.TV
Pendidikan :Mount Ida College Boston , AS

 

Biografi Wishnutama

Pendiri NET. TV ini dilahirkan dengan nama Wishnutama Kusubandio DI  Jayapura, Papua pada tanggal 4 mei 1976 .

Riwayat Masa Kecil

Tidak banyak yang diketahui tentang pendidikan dasar yang di peroleh dari Wishnutama. Diketahui bahwa beliau  pernah mengenyam pendidikan di SMP Tarakanita 5 Jakarta. Kemudian, beliau  pindah ke luar negeri yang kemudian  melanjutkan SMA nya di luar negeri  yaitu tepatnya di Kooralbyn International School, Queensland Australia lalu  kemudian di International School of Singapore.

Mengenyam Pendidikan Di Amerika Serikat

Lulus dari sana Wishnutama kemudian  melanjutkan pendidikan tingginya di Amerika Serikat. Beliau  sempat kuliah The Military College of Vermont, Norwich University, AS.  Beliau juga mengenyam pendidikan di Mount Ida College di kota Boston, AS. Sesudah  itu di Emerson College pada  jurusan Ilmu Komunikasi dan  Pertelevisian.

Tamat dari sana, Wishnutama lalu mulai mengawali karirnya  pada bidang pertelevisian dengan bekerja paruh waktu di New England Cable News, AS dengan posisi sebagai  Production Assistant pada tahun 1993. Beliau  kemudian memperoleh  pekerjaan bagus di WHDH – TV yaitu sebagai Assistant Director On Air Promotion sampai pada  tahun 1994.

Kembali Ke Indonesia

Setelah  bertahun – tahun menghabiskan waktunya di luar negeri, Wishnutama akhirnya  kembali ke Indonesia dengan berbekal ilmu dan  pengalaman yang beliau  peroleh  di luar negeri pada  bidang pertelevisian.

Bekerja di Indosiar

Pada  tahun 1994, Wishnutama kembali ke Indonesia. Kemudian beliau bekerja di Indosiar yang dimiliki oleh PT EMTEK milik Eddy Kusnadi Sariaatmadja. Di Indosiar saat itu, Wishnutama memegang posisi sebagai Supervisor On Air Promotion. Di tahun berikutnya, Wishnutama pindah ke divisi production Indosiar dengan posisi  sebagai Production Assistant. Karir Wishnutama yang bagus di Indosiar membuat beliau  cepat naik ke posisi  Executive Producer News dan  Production Division. Sampai  mencapai Production Manager.

Bekerja di Trans Tv

Selama 8 tahun berkarir di Indosiar, Wishnutama akhirnya pindah dari Indonsiar pada tahun 2001 ke Trans Tv milik konglomerat Chairul Tanjung. Di Trans TV, Wishnutama menjabat sebagai Kepala Divisi Produksi  dan kemudian menjadi Direktur Operasional.

Berkat karirnya yang bagus, Wishnutama selanjutnya  di promosikan sebagai Wakil Direktur Utama Trans Tv pada tahun 2006. Di tahun yang sama juga , Wishnutama resmi di tunjuk sebagai Direktur Utama atau CEO dari Tv 7 yang kemudian berubah nama menjadi Trans 7 atau Trans Tv. Selama menjadi Direktur Utama atau CEO Trans 7, Wishnutama telah banyak mengelola program – program televisi yang menjadi tontonan andalan untuk  masyarakat Indonesia.

Seperti  On The Spot, Opera Van Java,  Extravaganza dan juga  Dunia Lain. Popularitas dari  acara – acara tersebut membuat nama Wishnutama semakin melambung.

Wishnutama bahkan sempat memperoleh  penghargaan sebagai CEO Terbaik di Indonesia pada  tahun 2010 oleh majalah SWA, TV Pay and Media serta  Indonesia Marketing Champion 2015 for the Broadcast. Beliau  juga membawa trans tv meraih beberapa penghargaan yang bergengsi dari Asian Television Award dan Panasonic Awards. Jabatannya  sebagai Direktur Utama di Trans Tv beliau  pegang  sampai  tahun 2012. Beliau  juga sempat menjabat sebagai direktur dari detik.com sejak  tahun 2011 sampai  2012. Wishnutama juga sempat di tunjuk sebagai komisaris dari PT. Televisi Anak Spacetoon sejak  tahun 2012 sampai 2014.

Mendirikan NET. TV

Wishnutama menjabat sebagai direktur utama Trans Tv sampai pada  tahun 2012. Setahun kemudian yaitu tepatnya pada  tahun 2013, Wishnutama mendirikan PT Net Mediatama Televisi atau NET.TV. Diketahui bahwa NET adalah singkatan dari News and Entertainment Television. Yang dilansir dari Kompas.com, bahwa  NET.TV milik Wishnutama menggunakan saluran frekuensi milik Space Toon. Popularitas NET. TV sebagai saluran televisi pendatang baru di Indonesia cepat meroket. Hal tersebut  berkat program – program acaranya yang banyak disukai  oleh masyarakat Indonesia seperti Ini Talk Show, Acara Musik dan sitkom OK JEK.

Selama menjabat sebagai CEO NET.TV, Wishnutama banyak mendapatkan  penghargaan yang cukup bergengsi. Misalnya “ Marketeer of the Year “  2015 untuk  bidang Broadcast ,TV, and Media, “ The 500 Most Influential CEOs in The World “ pada  tahun 2015 versi Richtopia.com .

Keluarga Wishnutama

Istri dari Wishnutama saat ini  yaitu bernama Gista Putri yang merupakan salah satu aktris di Indonesia. Sebelum menikah dengan Gista Putri, Wishnutama pernah menikah sebanyak dua kali yaitu  dengan Wina Widodo yang merupakan istri pertamanya dan juga  Wina Natalia. Dari pernikahan nya dengan Wina Widodo yang merupakan istri pertama nya, Wishnutama mempunyai  dua orang anak yang  bernama Muhammad Sabian Tama  dan Sakina Tama. Selanjutnya dari  Pernikahannya dengan Wina Natalia, Wishnutama mempunyai  anak yang  bernama Salvaditya Tama dan Sultan Saladyne Tama.

 

Baca Juga :

Baca Juga :   Biografi Gajah Mada