Biografi Dan Profil Lengkap Merry Riana , Motivator Wanita Tersukses Indonesia Yang Mendunia

Posted on

Biografi Dan Profil Lengkap Merry Riana , Motivator Wanita Tersukses Indonesia Yang Mendunia

Merry Riana adalah seorang Pengusaha Wanita, Penulis dan juga seorang Motivator yang berasal dari Indonesia. Ia lahir di Jakarta pada tanggal 29 Mei 1980 dan merupakan anak pertama dari pasangan Ir. Suanto Sastrosaputro dan Lynda Sanian.

Ketika Merry Riana menempuh pendidikannya di Nanyang Technological University di Singapura , Merry menempuh dan melewati nya dengan keprihatinan financial akan tetapi kemudian ia menciptakan serta merubah pola pikirnya dan mulai berusaha dengan konsep serta kerja keras yang luar biasa sehingga akhirnya pada usia 26 Tahun , wanita ini sudah berhasil mendapatkan penghasilan sebesar 1 Juta Dollar.

Biodata Dan Profil Singkat Merry Riana

Nama :Merry Riana
Tempat, tanggal lahir :Jakarta , 29 Mei 1980
Profersi :Pengusaha, Motivator, Penulis, Aktris
Ayah :Ir . Suanto Sostro Saputro
Ibu :Lynda Sanian
Suami :Alva Christopher Tjenderasa
Anak :Alvernia Mary Liu, Alvian Mark Liu
Pendidikan :
  • SD Don Bosco Pulomas
  • SMP Santa Ursula
  • SMA Santa Ursula
  • S1 – Nanyang Technological University Singapura
Buku :Mimpi Sejuta Dollar

 

Masa Kecil

Merry merupakan anak sulung dari tiga bersaudara , sang adik bernama Aris dan Erick . Sebagai anak tertua di dalam keluarganya , Merry harus menjadi panutan untuk adik-adiknya.

Merry Riana memulai pendidikannya di Sekolah Dasar , SD Don Bosco Pulomas , setelah tamat SD ia melanjutkan sekolahnya di SMP dan SMA yang sama yaitu Santa Ursula yang merupakan sekolah katolik khusus perempuan yang berada di Jakarta Pusat, sebenarnya setelah menamatkan SMA nya Merry ingin melanjutkan kuliahnya di Universitas Trisakti, akan tetapi hal tersebut harus pupus karena kerusuhan besar yang terjadi pada tahun 1998.

Baca Juga :   Biografi Robert Baden – Powell  –  Kisah Bapak Pandu Sedunia

 

Kuliah di Singapura

Karena kondisi yang tidak aman untuk Merry berkuliah di Trisakti , Merry kemudian memutuskan untuk memilih kuliah di Singapura demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sang ayah Suanto Sosrosaputro memutuskan mengirim putrinya untuk belajar di luar negeri . dan pada saat itu Singapura menjadi pilihan yang paling masuk akal karena jaraknya yang relatif dekat, serta lingkungan yang aman dan mempunyai sistem pendidikan yang bagus.

Di Singapura Merry kuliah di Nanyang Technological University , Merry mulai belajar di bangku kuliah dan mengambil jurusan Electrical and Electronics Engineering ( EEE ) pada tahun 1998, Merry mengaku bahwa jurusan tersebut adalah jurusan yang paling masuk akal , karena ia bercita-cita sebagai seorang insinyur.

 

Perjuangan Hidup Di Singapura

Tanpa persiapan yang memadai untuk kuliah di luar negeri , Merry sempat gagal dalam tes bahasa inggris di Nanyang Technological University  dan tanpa bekal dan juga dana yang memadai , Merry pun meminjam dana dari Pemerintah Singapura.

Untuk menghemat , Merry mensiasatinya hanya dengan makan mie instan di pagi hari dan makan siang hanya dengan dua lembar roti tanpa selai , ia juga mengikuti seminar serta perkumpulan di malam hari demi mendapatkan makan gratis, bahkan untuk minum saja ia sampai mengambil air keran atau tap water dari kampusnya.

Hal tersebut terus berjalan setiap hari di tahun pertama kuliahnya , karena keadaan tersebut Merry pun terdorong untuk mencari pekerjaan di luar, mulai dari membagikan pampflet atau brosur , menjadi seorang penjaga toko bunga , menjadi pelayan Banquet di hotel , dan ketika Merry menyadari bahwa hidupnya tidak berubah meski sudah memasuki tahun kedua , ia pun mulai membangun mimpinya.

Baca Juga :   Biografi Ahmad Sahroni - Crazy Rich Tanjung Priok

Karena ia tidak memiliki latar belakang pendidikan dan juga bisnis , Merry mengumpulkan informasi dengan mengikuti berbagai seminar serta melibatkan diri dalam organisasi kemahasiswaan yang berhubungan dengan dunia bisnis.

 

Jatuh Bangun Dalam Berbisnis

Merry mencoba berbagai peluang bisnis . ia pun mencoba peruntungannya dengan bisnis pembuatan skripsi , bisnis MLM , dan mencoba bermain saham akan tetapi semuanya berakhir dengan kegagalan. Merry juga mencoba Praktik dengan terjun ke multi level marketing meski pada akhirnya ia mengalami kerugian sekitar 200 Dollar . Merry bahkan pernah kehilangan uangnya sebesar 10.000 dollar ketika memutar uangnya dalam bisnis saham .

Kemudian bersama Alva Tjenderasa yang merupakan temanya ketika kuliah dulu dan kini menjadi suaminya , mereka berdua memulai usaha bersama , dan belajar dari pengalaman para pengusaha sukses.

Merry kemudian memulai sektor penjualan di bidang jasa keuangan , pada awal karirnya sebagai seorang penasihat keuangan ia dihadapi oleh sejumlah tantangan dan hambatan.

Namun Merry Riana adalah seorang wanita yang giat bekerja keras dan pantang menyerah, ia bekerja selama 14 jam dalam sehari , berdiri di dekat Stasiun MRT dan halte bus untuk menawarkan asuransi , bahkan ia juga bekerja sampai tengah malam dan baru pulang jam 2 dini hari , belum lagi pendapatannya yang tidak pasti yang membuat ia harus berhemat.

 

Awal Sebuah Kesuksesan

Sampai akhirnya Merry sukses sebagai Finacial Consultan yang menjual produk-produk keuangan seperti, kartu kredit, deposito, asuransi , tabungan dan lain-lain. Dalam enam bulan pertama kariernya di Prudential , Merry berhasil melunasi hutangnya sebesar 40 ribu Dollar Singapura.

Tepat pada satu tahun pertama kariernya ia berhasil mendapatkan penghasilan sebesar 200 ribu Dollar Singapura atau sekitar 1,5 Milyar Rupiah, Merry kemudian di anugrahi Penghargaan Penasihat Baru Teratas yang diidam-idamkan banyak orang yang menekuni profesi penasihat keuangan pada tahun 2003.

Baca Juga :   Biografi Jack Ma - Orang Terkaya di China Dan Pendiri Alibaba.com

Pada tahun 2004, Merry dipromosikan sebagai manajer, kemudian ia lalu memulai bisnisnya sendiri dengan menyewa kantor dan mempunyai karyawan sendiri , Merry Riana mendirikan Merry Riana Organization ( MRO ) yaitu sebuah perusahaan yang bergerak dalam jasa keuangan selain itu ia juga mendirikan MRO Consultancy yang bergerak dalam bidang pelatihan , motivasi serta percetakan buku di Singapura.

Keinginannya untuk berbagi tidak hanya dilakukan di Singapura . ketika ulang tahunnya yang ke 30 , Merry membuat resolusi baru , yaitu memberi dampak positif pada satu juta orang di Asia terutama di Indonesia.

Pada tahun 2005 , Merry menerima penghargaan sebagai penghargaan Top Agency of the Year dan juga penghargaan Top Rookie Agency, sampai saat ini Merry telah memotivasi dan melatih ribuan professional dan eksekutif penjualan , motivasi pemasaran .

 

Buku Best Seller “ Mimpi Sejuta Dollar “

Buku Mimpi Sejuta Dollar menjadi Natioanl Bestseller hanya dalam waktu 1 bulan setelah peluncurannya . buku ini banyak menarik perhatian publik Singapura dan Asia Tenggara karena menuliskan tentang prestasi Merry Riana yang menghasilkan S$ 1.000.000 pada usia 26 tahun , yang pada awalnya Merry Riana adalah mahasiswi Nanyang Technological University yang berhutang sebanyak S$ 40.000. Profil kesuksesan Merry Riana mulai dikenal setelah muncul dalam artikel The Strait Times pada 26 Januari 2007 yang berjudul  “ She’s made her first million at just age 26

Kini Merry Riana aktif sebagai pembicara di berbagai seminar , perusahaan, sekolah dan juga media massa di Singapura dan beberapa Negara di Asia Tenggara .

Baca Juga :