Biografi Celine Dion –  Diva Pop Dunia

Posted on

Biografi Celine Dion –  Diva Pop Dunia

Celine Dion – Celine Dion dikenal sebagai diva pop dunia. Ia mempunyai nama lengkap Celine Marie Claudette Dion yang lahir di Charlemagne, Quebec, Kanada, pada tanggal  30 Maret 1968, ia lebih di kenal dengan Celine Dion yang  merupakan seorang penyanyi dan juga  diva pop dunia yang  berkebangsaan Kanada. Ia memulai debutnya kariernya  di industri rekaman pada tahun 1981 sebagai penyanyi berbahasa Perancis, di bawah bimbingan René Angélil, yang kemudian menjadi suaminya hingga  sekarang. Lagu berbahasa Perancislah yang membuat namanya melambung di seantero Kanada. Ia pun selanjutnya  menjadi penyanyi yang terkenal di Negara – Negara yang  berbahasa Perancis. Pada tahun 1990, Celine mulai merilis album berbahasa Inggris pertamanya, Unison yang melejitkan namanya di Amerika Utara serta  di seluruh dunia.

Sepanjang dekade tahun 1990 -an, Celine meraih kesuksesan di seluruh dunia dengan sejumlah album dalam bahasa Inggris dan juga Perancis, yang  menjadikannya sebagai salah satu artis tersukses dalam sejarah musik pop. Apalagi,  dengan sekian banyak penghargaan bergengsi yang di raihnya seperti penghargaan lagu terbaik versi Yamaha Musik, Jepang pada tahun 1982, Eurovision di Irlandia pada akhir tahun 80-an, beberapa penghargaan Grammy Award, Canadian Grammy, dan juga American Music Awards. Seniman musik Amerika sering di jadikan sebagai  kiblat para penyanyi pemula di seluruh dunia. Tidak terkecuali Celine Dion yang cukup terinspirasi dengan Michael Jackson. Performa serta gaya Raja Pop dunia tersewbut  dalam mengekpresikan dirinya begitu memesona seorang  Celine sehingga membuatnya begitu percaya diri dalam membangun karirnya. Celine terus mengepakkan sayap kesuksesannya hingga  ia dikenal luas oleh mereka yang tinggal di 3 benua besar seperti Amerika, Eropa, dan juga  Asia.

Baca Juga :   Profil Angela Tanoesoedibjo - Anak Hary Tanoe yang Ditunjuk Jokowi Sebagai  Wakil Menteri

Anak  bungsu dari 14 bersaudara ini semakin melejit seiring dengan karya – karya musik yang di ciptakan olehnya  sendiri serta  beberapa pencipta lagu kenamaan yang lainnya , tercatat lebih dari 100 juta single dan juga album berhasil terjual habis di mancanegara. Keluarganya adalah  merupakan hal terpenting dalam hidup Celine mengingat apa yang sudah  mereka lakukan sejak ia belum menjadi apa – apa hingga terkenal  sekarang. Celine terlahir di tengah – tengah keluarga yang sangat mencintai musik. Lagu pertamanya, ft Was Only a Dream di ciptakan Celine Dion bersama Therese Tanguay, yaitu sang ibu, dan Jacques, sang kakak. Selanjutnya , kakak yang  lain nya bernama Michel Dondalinger, mengirimkan rekaman lagu berbahasa Perancis itu ke sebuah label rekaman. Dan ternyata, hasilnya  tidak mengecewakan.

Di usianya  yang masih sangat belia, Celine Dion bisa  membawakan lagu La Voix. do bon Diet atau The Voice of The Good God dalam album pertamanya dengan sangat menyentuh dan juga memukau. Tampaknya, suara sopran yang di miliki oleh ibu dari Rene Charles, Eddy Marnay, dan Nelson Mandela ini merupakan anugerah yang tidak bisa  di tukar dengan apapun. lagu Beauty and the Beast , yang dibawakannya bersama Peabo Bryson dalam album yang  bertajuk Celine Dion yang dirilis pada  tahun 1992.

Celine yang ketika  itu masih berusia 24 tahun begitu piawai dalam membawakan lagu pengisi soundtrack film dengan judul yang sama ini. Hal yang sama pun terjadi pada lagu – lagu, seperti When i Fall in Love, The Power of Love, Immortality yang di nyanyikan nya bersama Bee Gees, The Prayer dan bersama Andrea Bocelli, for Your Angel bersama R.Kelly dan tentu saja My Heart Will Go On. Dunia pernah kehilangan Celine ketika ia  memutuskan untuk undur diri dari dunia showbiz beberapa saat setelah lagu My Heart Will Go On di luncurkan. Akan tetapi , pada 22 Maret 2002 Celine Dion hadir kembali dengan lagu teranyar nya yang berjudul  A New Day Has Come. Lagu tersebut  sekaligus menjadi penanda kembalinya ia ke dunia tarik suara.

Baca Juga :   Biografi Alexander Graham Bell –  Kisah Sang Penemu Telepon

Celine tidak hanya memperoleh  kebahagiaan dari hasil penjualan karya –  karyanya tersebut , namun  juga dari apresiasi masyarakat dunia yang menjadikan lagunya  terrsebut sebagai penghibur dan juga penyemangat dalam hidup. Penyanyi dan sekaligus pencipta lagu ini mendedikasikan seluruh hidupnya demi musik.

Pada tahun 1996, Celine menerima penghargaan “ Medals of Arts and Letters ” dari pemerintah Perancis sebagai artis berbahasa Perancis terlaris dalam sejarah. Di tahun 2004, ia juga di anugerahi Chopard Diamond award oleh World Music Awards sebagai artis wanita yang  terlaris sepanjang masa. Pada tahun 2007, Sony BMG mengumumkan bahwa Dion sudah  menjual lebih dari 200 juta keping album di seluruh dunia.

Baca Juga :