Biografi dan Profil  Ariel Noah – Vokalis Band NOAH

Posted on

Biografi dan Profil  Ariel Noah – Vokalis Band NOAH

Ariel Noah – Vokalis band ternama yang satu ini mempunyai nama asli  Nazril Irham atau yang akrab di sapa dengan panggilan Ariel atau Ariel Noah yang lahir di Pangkalan Brandan, Langkat, Sumatera Utara , pada tanggal 16 September 1981. Ia merupakan  seorang penyanyi asal  Indonesia yang merupakan vokalis dari grup musik fenomenal Peterpan yang selanjutnya  berganti nama menjadi NOAH. Ariel merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara dari suku Melayu. Ariel adalah vokalis dari  kelompok musik populer Peterpan. Ariel juga tercatat sebagai seoarng mahasiswa jurusan Arsitektur di Universitas Parahyangan, Bandung. Ayah Ariel merupakan  seorang pegawai lapangan di perusahaan minyak Pertamina. Sementara itu ibunya merupakan  ibu rumah tangga biasa. Karena berprofesi sebagai pegawai lapangan, maka sang ayah bekerja di lokasi yang berpindah – pindah.

Tinggal di Pangkalan Brandan beberapa bulan, Ariel kecil dan keluarganya harus pindah ke Langsa, yaitu sebuah kota yang berada di Nangroe Aceh Darussalam. Sesudah  tinggal di sana selama tujuh tahun, Ariel sekeluarga lalu  pindah ke Bandung. Sejak kecil Ariel sudah  menunjukkan  bakat yang  besar di bidang seni,akan tetapi  bukan di bidang menyanyi. Bakat seni yang terlihat dari seorang  Ariel justru pada  bidang menggambar. Ia  bahkan sempat menjuarai beberapa perlombaan menggambar yang di adakan  di kota  Bandung.

Karena hobi menggambarnya tersebut , Ariel sempat bercita – cita ingin  menjadi seorang  arsitek. Akan  tetapi, di tengah perjalanan hidupnya, ia menemukan satu hobi baru yang di minatinya, yaitu bermain musik. Dari sinilah Ariel lalu  meniti kariernya . Ariel pernah menikah dengan seorang wanita yang bernama Sarah Amalia, akan tetapi  mereka  telah bercerai. Bersama Sarah, ia di karuniai seorang  putrid yang  bernama Alleia Anata. Ariel resmi bercerai dengan Sarah pada tanggal  27 Mei 2008.

Baca Juga :   Biografi Iwan Fals – Musisi Legendaris Indonesia

Sejak kelas I SMP, Ariel sudah  intens dalam membentuk grup musik band. Band pertama yang di bentuknya bernama Peppermint. Akan tetapi , band ini hanya bertahan selama  tujuh bulan. Dan kemudian , Ariel membuat band lagi yang  bernama Sliver, Cholesterol dan Topi. Namun sayang, lagi – lagi, semuanya bubar di tengah jalan. Namun , band yang di sebut terakhir lumayan berjasa buat kariernya. Beberapa orang yang tergabung di Topi termasuk Ariel, sepakat untuk  membentuk band baru. Yaitu  sebuah band yang di beri nama Peterpan.

Bersama Peterpan, Ariel berupaya untuk menembus kafe – kafe top yang ada  di Bandung. Penampilan Peterpan yang atraktif dengan  vokal Ariel yang berkarakter diam –  diam berhasil menarik minat Noey eks basis Java Jive yang belakangan menjadi seorang  produser untuk memasukkan lagu mereka dalam album kompilasi Kisah 2002 Malam. Lagu “ Mimpi Yang Sempurna “ yang termuat di album kompilasi tersebut  sukses jadi modal untuk  Peterpan dapat  menembus industri rekaman. Pada tahun 2003, Peterpan merilis album yang berjudul  Taman Langit.

Album tersebut  ternyata meledak. Harus di akui, bahwa  salah satu faktor yang mendukung larisnya ari album tersebut  adalah vokal Ariel dan juga  kemampuannya dalam  mengolah lirik. Lirik – lirik lagu  yang dibuat oleh  pengagum Kahlil Gibran ini sangat mendalam  dalam. Posisinya sebagai frontman memungkinkan nya menjelma menjadi  idola baru. Puncaknya adalah pada saat saat album Bintang di Surga yang  di rilis pada pertengahan tahun 2004 silam . Ariel benar – benar menjadi pujaan bagi para pencinta musik Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Namun , di tengah banjir popularitas, Ariel sempat terganjal masalah. Ia di gosipkan bahwa sudah  menghamili pacarnya, yaitu seorang gadis asal Semarang yang bernama Sarah Amalia. Gosip ini tidak bisa  di elakkan oleh Ariel. Belakangan, justru ia  malah bersedia untuk menikahai  Lia guna mempertanggung jawabkan perbuatannya tersebut .

Baca Juga :   Biografi Fiersa Besari – Si Penulis Dan Musisi Muda

Pada bulan Juni 2010, Ariel terlibat sebuah skandal rekaman video yang  berisi adegan persetubuhan yang melibatkan dirinya dengan aktris  Luna Maya dan Cut Tari. Sidang Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat akhirnya memutuskan menjatuhkan hukuman penjara terhadap Ariel Peterpan selama 3 tahun 6 bulan, dan denda sebesar  Rp. 250 juta. Dalam kasus tersebut, Luna Maya dan Cut Tari di jadikan sebagai saksi.

Setelah 2 tahun mendekam di penjara, Ariel kemudian keluar dari penjara pada tahun 2012, ia hanya di kenakan wajib lapor. Sesudah  keluar dari penjara , Ia bersama dengan personil Peterpan yang  lainnya yaitu Uki, Lukman, Reza dan  David yang baru bergabung,  pada 2 Agustus 2012, mereka mengumumkan nama baru mereka, yaitu Noah. Noah sendiri berarti membuat nyaman, memberi ketenangan, dan juga panjang umur. Tidak hanya nama bandnya yang berganti, akan tetapi  nama sebutan penggemar mereka juga berganti nama dengan menghilangkan embel – embel Peterpan. Di  bulan yang sama, dengan menggunakan nama baru, band ini merilis sebuah  single yang berjudul  “ Separuh Aku ”dan juga  buku “ Kisah Lainnya ”. Buku tersebut di jual di semua toko Kepustakaan Populer seperti Gramedia dengan harga Rp. 65.000 plus Bonus CD Audio Album Instrumental “ Suara Lainnya ”. Pada bulan September 2012, Noah merilis sebuah album studio yang bertajuk Seperti Seharusnya. Lagu andalan dari album ini adalah “ Separuh Aku ” serta  “ Hidup Untukmu Mati Tanpamu ”. Penjualan album baru ini di lakukan dengan melalui gerai KFC dan telah  terjual hingga 200 ribu keping selama tiga hari pertama penjualannya.

Pada tanggal  15 – 16 September 2012, Noah melakukan konser di Melbourne, Hong Kong, Kuala Lumpur, Singapura, dan berakhir di Jakarta. Sesudah  CD original album Seperti Seharusnya terjual 1 juta kopi dalam kurun  waktu 5 bulan setelah perilisannya , Noah memperoleh  penghargaan yang berupa plakat Multiplatinum dari Musica Studios dan juga Swara Sangkar Emas. Lagu “ Separuh Aku ” yang  merupakan soundtrack dari  sebuah sinetron yang  berjudul Separuh Aku. Band baru yang bernama NOAH ini selanjutnya menjadi semakin populer pada tahun 2013.

Baca Juga :   Biografi Iwan Fals – Musisi Legendaris Indonesia

Baca Juga :