Biografi Anders Celcius – Penemu Derajat Celcius

Posted on

Biografi Anders Celcius – Penemu Derajat Celcius

Anders Celcius – Masa kecil Anders Celcius tidak banyak diketahui, Beliau  lahir di Uppsala, Swedia, pada tanggal  27 November 1701.  Beliau dibesarkan dalam keluarga ilmuwan,  Beliaupun telah  menunjukkan bakat yang  menonjol dalam bidang matematika sejak usia belia. Ayahnya merupakan  seorang professor yang  bernama  Nils Celcius. Sementara itu  kakeknya adalah seorang professor astronomi yang  bernama Magnus Celsius.

Keluarga besar Celcius adalah ilmuwan yang disegani. Ketika  usia 29 tahun,  beliau  menjadi professor bidang astronomi di universitas Uppsala. Mulai  pada tahun 1732,  beliau  banyak melakukan kunjungan ke berbagai observatorium  yang ada di Eropa dan melakukan kerja sama dengan beberapa astronom terkemuka.  Beliau  melakukan penelitian dan observasi di bidang geografi, meteorologi, dan juga  astronomi.

Pada tahun 1733, Celcius menerbitkan ratusan hasil observasi di Nurenberg, Jerman, termasuk hasil observasi aurora borealis, pengukuran geografis peta umum Swedia, dan penelitian lain di bidang astronomi dan  juga meteorologi. Beliau  kembali ke Uppsala pada tahun  1763 setelah mengikuti perjalanan bersama astronomi lain ke Tornes, Swedia. Tujuan dari  perjalanan tersebut adalah mengukur besar deajat meridian atau bujur mendekati daerah kutup.

Hasil penelitian ini dibandingkan dengan penelitian serupa yang dilakukan  di Peru yang letaknya berada  dekat dengan garis ekuator. Perjalan tersebut membuktikan  bahwa teori Newton  bentuk Bumi adalah elips dan rata pada kutubnya.

Celcius juga adalah  salah satu orang yang mula – mula menyatakan bahwa daratan di Negara – negara kawasan nordik secara perlahan naik di atas permukaan air laut, sebuah proses yang sudah  berlangsung sejak mencairnya es dari zaman es. Untuk kebutuhan  observasi meteorologisnya, Beliau  menciptakan sebuah thermometer dengan sekala yang mempunyai  titik beku 0 derajat dan titik didih 100 derajat. Pada awalnya  thermometer tersebut disebut thermometer skala derajat sentigrade. Selanjutnya  pada tahun 1984, The Ninth General Conference on Weights and Measures mengubah nama derajat sentigrade  tersebut menjadi derajat celcius, sebagai bentuk penghargaan kepada Anders Celcius.

Baca Juga :   Biografi Ferdinand Magellan - Mualim Pertama Keliling Dunia

Celcius juga mengumumkan hasil penelitiaan serta  kerjanya di Perhimpuanan Ilmuwan Uppsala yang di dirikan pada tahun  1710. di dalam organisasi tersebut  beliau  menjabat sebagai sekretaris sejak  tahun 1725 – 1744. Beliau  juga memimpin hampir 20 penelitiannya di bidang astronomi.

Celcius menulis sebuah  buku yang  berjudul Artihmetics for the Swedish Youth pada  tahun 1741.  Beliau  meninggal dunia pada  tanggal 25 April 1744 karena menderita TBC. Ketika  itu usianya 42 tahun. Jenazahnya di makamkan di dekat kakeknya di wilayah Gereja Gamala Uppsala di Swedia.

Baca Juga :