Adele │ Profil & Biodata Beserta Fakta Menarik

Posted on

Adele │ Profil & Biodata Beserta Fakta Menarik

Nama Lengkap :Adele Laurie Blue Adkins
Nama Pnaggung : Adele
Tempat , tanggal lahir :Tottenham , 5 Mei 1988
Warga Negara :Inggris
Profesi :Penyanyi
Orangtua :Mark Evans ( Ayah ) , Penny Adkins ( Ibu )
Saudara Tiri :Cameron O’Sullivan
Pasangan :Simon Konecki ( m. 2016 – 2019 )
Anak :Angela Adkins

Banyak tembang hits yang telah di rilis oleh Adele, contohnya saja Someone Like You, Rolling in the Deep, dan Hello. Akan tetapi , jika bukan penggemar beratnya, mungkin kamu belum begitu mengenal sosok wanita  yang satu ini. Jangan khawatir, kamu berada di tempat yang tepat karena artikel ini akan mengulas mengenai  profil dan biodata Adele secara lengkap .

Adele  adalah  seorang penyanyi dan penulis lagu yang telah berhasil menjual single dan albumnya lebih dari 100 juta dalam kurun waktu 11 tahun sejak 2008. Pencapaian tersebut menjadikannya sebagai salah satu penyanyi dengan penjualan terbaik di seluruh dunia. Beragam penghargaan prestisius pun sudah banyak di anugerahkan kepada wanita berambut pirang ini. Terhitung hingga  April 2019, ia telah membawa pulang 9 Brits Awards, 15 Grammy Awards, 18 Billboard Music Awards, dan 4 American Music Award.

Sebagai  seorang penulis lagu, Adele juga pernah menyabet 2 penghargaan Ivor Novello Awards pada tahun 2012 dan 2016. Ivor Novello Awards merupakan  penghargaan bergengsi untuk para penulis dan komposer lagu. Acara ini di selenggarakan setiap tahun oleh British Academy of Songwriters, Composers and Authors ( BASCA ) sejak tahun 1956.

Raihan prestasi – prestasi tersebut tentunya tidak didapatkan wanita cantik ini dengan mudah. Ia bahkan pernah menjalani operasi pita suara pada tahun 2011 dan 2017. Jika operasi itu tidak di lakukan, mungkin kariernya sebagai penyanyi akan berhenti pada saat itu. Disamping  itu, kepribadiannya yang blak-blakan juga pernah membuatnya terlibat dalam masalah. Perempuan penyuka grup Spice Girls ini pernah di tegur oleh publik atas pernyataan – pernyataannya yang kelewat batas dan juga menyinggung perasaan orang lain.

Masa Kecil

Memiliki  nama lengkap Adele Laurie Blue Adkins, ia dilahirkan pada tanggal 5 Mei 1988 di distrik Tottenham, London, Inggris. Jika biasanya nama akhir anak berasal dari sisi ayah, beda halnya dengan penyanyi ini yang menyisipkan nama keluarga ibunya, Penny Adkins. Dalam profil dan  juga biodata Adele, sudah menjadi rahasia umum jika  ayah kandungnya, Mark Evans, meninggalkannya dan sang ibu pada saat berusia 3 tahun. Setelah perpisahan itu, ibunya kemudian menjalin cinta dengan seorang programmer komputer, Simon.

Baca Juga :   Ariel Tatum - Biografi dan Profil, Perjalanan Karier

Pada usia 11 tahun, ia dan ibunya kemudian pindah dari Tottenham dan tinggal bersama Simon di Brixton. Simon merupakan seorang  figur ayah terdekat yang pernah dimiliki oleh Adele. Ayah tirinya sangat suportif dengan keinginan wanita ini untuk mengejar karier musik. Bahkan, Simon pernah membelikan gitar dan juga piano untuk Adele untuk menunjang kegiatan belajarnya di The BRIT School. Meskipun pada tahun 2002 ibunya dan Simon akhirnya berpisah, hubungannya dengan sang ayah tiri masih terjalin baik.

Masa Remaja

Pada saat bersekolah di The BRIT School. Sekolah ini  adalah  salah satu tempat di mana remaja – remaja negara Inggris memperoleh  pendidikan dan pelatihan dalam bidang seni pertunjukan, media, dan desain. Perlu kamu tahu bahwa tidak semua orang bisa dengan mudah di terima sebagai murid di The BRIT School. Sebagai salah satu sekolah seni yang seluruh biayanya di tanggung oleh pemerintah Inggris, The BRIT School hanya menyeleksi anak – anak dengan bakat seni yang mengagumkan.

 Adele diterima di The BRIT School  pada saat ia  usianya 14 tahun. Pada saat audisi, ia menyanyikan lagu Stevie Wonder yang berjudul Free dan memainkan Tumbledown Blues dari James Rae dengan klarinet. Selama bersekolah, ia dikenal sebagai seorang  murid yang pintar menyanyi dan juga  menulis lagu. Gaya berpakaiannya juga menarik perhatian teman – temannya karena wanita ini mengenakan model baju vintage yang keren.

Sebelum lulus dari The BRIT School, ia memberikan rekaman demo 3 lagu kepada temannya yang awalnya di tujukan untuk tugas sekolah. Teman Adele lalu mengunggah rekaman lagu itu ke MySpace dan akhirnya menjadi viral. Lagu yang viral  tersebut  kemudian menarik perhatian bos label musik XL Recordings, Richard Russell. Richard kemudian menghubungi dan juga menawarkan kontrak musik kepada Adele. Lucunya, karena wanita ini pada saat itu hanya mengenal label musik Virgin Records, ia kemudian mengajak temannya karena takut tawaran itu hanya  penipuan saja.

Perjalanan Karier

Pada usia 18 tahun, Adele resmi menandatangani kontrak dengan XL Recordings untuk pengerjaan album perdananya, 19. Kebanyakan lagu dalam album ini di tulisnya sendiri dengan pengecualian beberapa lagu yang di kerjakan bersama Jim Abiss, Eg White, dan juga  Sacha Skarbek. Album 19 resmi dirilis pada tanggal 1 April 2008 dan  berhasil menduduki posisi puncak tangga lagu Inggris pada saat itu. Terjual lebih dari 2,4 juta kopi sejak perilisannya, album ini sudah  bersertifikat platinum 8 kali oleh British Phonographic Industry (BPI).  Disamping  itu, penjualan 19 di Amerika Serikat sendiri juga semakin meningkat setelah penampilan Adele di acara Saturday Night Live pada akhir tahun 2008. Album ini  telah terjual sebanyak lebih dari 3 juta kopi di Amerika Serikat sejak perilisannya.

Baca Juga :   Michelle Ziudith – Profil Lengkap

Chasing Pavements  adalah  single utama dari 19. Saat pertama dirilis, single ini menduduki peringkat 2 di tangga lagu Inggris danjuga  bertahan selama empat minggu. Chasing Pavements merupakan  tembang yang terinspirasi dari hubungan asmaranya selama 6 bulan dengan seorang laki-laki yang ternyata malah berselingkuh dengan wanita lain. Berkat penampilannya  dalam membawakan lagu Chasing Pavements, Adele di anugerahi penghargaan Grammy Awards untuk kategori Best Female Pop Vocal Performance pada tahun 2009. Disamping  itu, ia juga memenangkan kategori Best New Artist pada acara penghargaan yang sama.

Kehidupan Asmara

Adele dikenal sebagai pribadi yang sangat menjaga privasinya, terutama mengenai  soal percintaan. Belum banyak profil dan biodata Adele yang membahas siapa saja laki – laki yang mampu menaklukkan hatinya. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena penjelasan di bawah ini akan menjawab rasa penasaranmu.

Alex Sturrock

Pria yang diketahui berprofesi sebagai seorang fotografer profesional ini menjalin asmara dengan Adele sekitar tahun 2008 – 2009. Adele bahkan sempat mempekerjakan Alex sebagai fotografernya pada saat  melakukan konser di Amerika Serikat tahun 2009 lalu. Kebersamaan Adele dengan Alex tidak pernah tertangkap oleh kamera paparazzi ataupun jurnalis media hiburan. Namun , salah satu teman dekat sejoli ini pernah membocorkan pada sebuah majalah selebriti  bahwa  keduanya sama-sama tertarik pada saat  pertama kali bertemu dan senang menghabiskan waktu bersama. Sayangnya , hubungan asmaranya dengan Alex kandas di tengah jalan karena pria ini jatuh cinta dengan wanita lain. Putusnya jalinan cinta  tersebut  di rumorkan menjadi inspirasi Adele untuk menciptakan lagu  yang berjudul Someone Like You.

Simon Konecki

Simon Konecki adalah seorang CEO dari sebuah perusahaan air minum kemasan ramah lingkungan, Life Water. Ia lahir di New York  akan tetapi  kemudian pindah ke London pada saat  berumur 10 tahun. Adele dan Simon pertama kali tertangkap kamera bersama pada Januari 2012.  Ketika itu mereka sedang liburan bersama di Florida, tempat di mana sebagian besar keluarga Simon tinggal.

Pada tahun 2012, pasangan ini dikaruniai seorang anak laki – laki yang diberi nama Angelo. Rumor yang beredar menyatakan  bahwa  kelahiran Angelo mendorong Simon untuk melamar wanita ini sebagai istrinya. Entah kapan pernikahan Adele dan Simon terjadi karena baik dari kedua pihak  belah tidak mau memberikan konfirmasi. Adele akhirnya membenarkan informasi pernikahannya dengan menyebutkan bahwa Simon sebagai suaminya dalam pidato kemenangannya di Grammy Awards 2017.

Baca Juga :   Biografi : Tri Rismaharini – Walikota Surabaya

Akan tetapi , Pada tanggal 26 April 2019, Adele di wakilkan oleh stafnya mengatakan jika  ia resmi bercerai dengan Simon serta meminta publik untuk menghormati privasi mereka. Meskipun sudah berpisah, ia dan Simon berkomitmen untuk membesarkan anak laki – laki mereka bersama.

Fakta Menarik Lainnya tentang Adele

Memiliki Adik Tiri

Meskipun  tidak begitu suka mengumbar informasi seputar keluarganya, Adele sempat menyebutkan kalau ia mempunyai seorang adik tiri laki-laki bernama Cameron O’Sullivan. Sayangnya, Cameron dan Adele jarang menghabiskan waktu bersama lantaran jadwal manggungnya yang cukup padat.  Meskipun  tidak begitu dekat dengan sang kakak, Cameron sendiri ternyata akrab dengan Penny. Dalam sebuah wawancara, Cameron mengatakan  jiika  ia dan sang mama tiri sering berkomunikasi melalui telepon.

Rokok, Alkohol, dan Depresi

Adele pernah menjadi  seorang perokok aktif yang mampu menghabiskan 25 batang rokok dalam sehari. Ia kemudian mengambil keputusan untuk berhenti merokok setelah keadaan pita suaranya  yang mulai terganggu serta harus dioperasi pada tahun 2011. Wanita ini menambahkan jika  ia juga tidak ingin mati karena terlalu banyak merokok. Bukan hanya rokok, alkohol juga menjadi salah satu bagian dari hidup Adele, terutama wine. Ia bahkan mengungkapkan jika  pengerjaan album 21 dilakukannya di bawah pengaruh alkohol. Setelah melahirkan Angelo, ia kemudian  memutuskan untuk mengurangi kebiasaan minumnya dan mulai menerapkan pola hidup sehat.

Kehadiran Angelo membawa perubahan yang positif untuk kesehatan Adele.akan tetapi  di satu sisi, pelantun Someone Like You ini juga sempat mengalami depresi pasca melahirkan ( postpartum depression ). Ia pernah  bahkan menjauhkan diri dari Angelo karena dibayang – bayangi perasaan takut kalau tidak mampu  menjadi seorang ibu yang baik.

Aktif dalam Kegiatan Amal

Adele melakukan kegiatan amal dengan cara mengadakan konser. Ia pernah mengadakan konser amal yang ditujukan untuk tuna rungu, perlindungan anak, program musik, dan juga LGBT. Disamping  itu, Adele juga menjadi salah satu donatur utama untuk MusiCares, organisasi yang membantu para pemusik yang sedang kesulitan dalam merintis karier. Ia juga pernah mengunjungi korban kebakaran Grenfell Tower serta  membawakan kue untuk para petugas pemadam kebakaran yang membantu penyelesaian tragedi tersebut.

Demikianlah  ulasan profil dan biodata Adele yang dapat kami sampaikan , semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat .

Baca Juga :